Senin, 28 Maret 2016

Alami 'Bug', Facebook Sempat Membuat Netizen Takut

Safety Check, fitur yang pertama kali diperkenalkan Facebook pada bulan November 2015, menemukan kendala saat kejadian di Lahore, Pakistan. Fitur yang menyatakan bahwa seseorang aman saat kejadian luar biasa seperti bencana alam, kriminalitas, maupun terorisme ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Facebook sampai meminta maaf atas kejadian tersebut.



Pada tragedi bom bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 65 orang itu, Facebook pun meluncurkan Facebook Safety Check dengan screen shoot seperti diatas. Namun alih-alih hanya menyasar pengguna yang berada di sekitar tempat kejadian, malah cek keamanan milik Facebook ini menyasar pengguna secara random. Ada begitu banyak orang di berbagai belahan dunia, yang notabene tak berada di tempat kejadian, mendapatkan notifikasi yang tak hanya berupa notifikasi di Facebook, tapi juga melalui pesan singkat di ponsel.

Facebook rupanya mengalami bug atau kesalahan kode-kode program saat melakukan IP geo targetting. Oleh sebab itu, bukan cuma pengguna yang berada di sekitar Lahore saja yang terimbas, namun secara random fitur ini menyasar banyak orang lainnya. Tentu saja hal ini membuat kaget, takut dan lama-lama menuai kelucuan. Ketakutan ini dipicu oleh kekhawatiran bahwa Facebook menyebarkan berita bom bunuh diri itu tak hanya menyasar wilayah Lahore saja.

Facebook mengalami bug tentu tak cuma kali ini saja. Akan tetapi, kedigdayaan programmer Facebook tentu bisa mengantisipasi kegagalan program yang pernah terjadi. Hanya saja fitur ini memberitahukan banyak orang secara random. Dan pada saat yang sama mengirimkan informasi darurat yang sensitif. Meski sudah meminta maaf tersurat melalui akun Disaster Response on Facebook serta secara tersirat lewat Mark Zuckerberg, Facebook Safety Check kali ini tetap memicu perbincangan. Lihat beberapa contoh netizen yang mendapat pemberitahuan Safety Check berikut ini:






Dan ini yang menyelinginya dengan sedikit humor


Namun akhirnya kita diingatkan oleh mas-mas yang satu ini


Ya, terima kasih kepada Alex Allmark atas peringatannya. Facebook yang memang sudah meluncurkan fitur Safety Check saat tragedi bom di Paris, Ankara, Brussel dan kini Lahore ini memang telah membantu banyak orang. Namun pada kasus Lahore, agaknya netizen dunia sempat mencerabut akar empatinya dengan memberikan porsi yang lumayan banyak atas bug pada Safety Check ini. Alih-alih dukungan simpati dan luapan empati mengalir, netizen dunia malah gagal fokus.

Namun untunglah netizen Indonesia tidak begitu. Pada pagi (28/3), trending topic Indonesia di Twitter menunjukkan #PrayForPakistan di puncak. Ini kabar baik atas sikap netizen Indonesia.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

Ternyata dari berita duka ada hiburannya juga ya hahahha.
Btw, salam kenal ya, ditunggu artikel berikutnya, mampir-mampir juga ya! :D

-jevonlevin.com

Iya, mudah-mudahan kita pun tak ikutan gagal fokus hehe stay pray for the beter world


EmoticonEmoticon