Rabu, 30 Maret 2016

Membuat Tulisan Bold Italic dan Strikethrough di Whatsapp

Membuat Tulisan Bold Italic dan Striketrough di Whatsapp

Pembaruan terbaru Whatsapp kini telah mendukung pesan yang mengandung tulisan tebal (bold), miring (italic), serta coret (strikethrough). Setelah sebelumnya aplikasi ini mengalami pembaruan mampu mengirim file .pdf, kini dengan pembaruan pesan ini tentu saja menambah keseruan penggunaan aplikasi yang telah dibeli Facebook ini.

Dukungan untuk tulisan bold, italic dan strikethrough ini sebelumnya hanya dipakai pada versi beta saja sebagai uji coba. Kini pembaruan yang mendukung fitur ini sudah bisa dinikmati pengguna pada versi 2.12.535 pada Android dan versi 2.12.17 pada iOS. Untuk itu sebaiknya cek dulu apakah Whatsapp yang kita miliki sudah mendukung fitur ini. Berikut cara mengeceknya:


Maaf ya, buat pemakai iOS cari sendiri :) Tapi katanya sama saja.

Jika versi Whatsapp kita masih di bawah itu, silakan merujuk ke Playstore untuk mengunduh versi paling baru. Kalau tidak salah versi yang mendukung fitur tersebut tertanggal 17 Maret 2016, dan kini Whatsapp sudah mencapai versi 2.12.561 per tanggal 29 maret 2016.

Nah, jika versinya sudah mendukung tinggal bagaimana cara mengoperasikan agar bisa digunakan untuk membuat tulisan bolditalic dan strikethrough. Silakan masuk ke menu pembuatan pesan, dan lihat cara menulisnya berikut ini:

1. Untuk pembuatan tulisan bold, ketikkan *bold*
2. Untuk membuat tulisan italic, ketikkan _italic_
3. Untuk membuat tulisan strikethrough, ketikkan ~strikethrough~
4. Untuk membuat gabungan bold dan italic dalam satu tulisan, ketikkan _*bolditalic*_

Hasilnya bakal seperti ini

Membuat tulisan bold italic dan strikethorugh di whatsapp

Cukup repot, ya. Whatsapp memang masih belum memberikan tombol instan layaknya membuat teks di aplikasi semacam Microsoft Word maupun fitur aplikasi pengiriman email. Namun perkembangan ini cukup untuk memberikan variasi pengiriman pesan di Whatsapp, sebab ada begitu banyak orang yang menggunakannya untuk mengirimkan pesan yang cukup panjang dengan ragam varian yang memang butuh tulisan miring, tebal bahkan yang dicoret.

Pembaruan terakhir Whatsapp pun tak cuma soal fitur tulisan, namun juga pengiriman file. Jika sebelumnya hanya mampu mengirim file jenis .pdf, kini versi yang baru telah mampu mengirim file jenis lain semisal .docx maupun .xlsx. Kita tinggal mengoneksikan Whatsapp dengan Google Drive. Berikut caranya: pilih Share > Share Document > more Google Drive > pilih file dan kirim. Namun dengan catatan, orang yang bakal kita kirimi pesan pun memakai Whatsapp dengan versi yang sama atau lebih tinggi dari versi 2.12.535.

Whatsapp merupakan layanan perpesanan paling besar di dunia dengan jumlah pengguna mencapai satu milyar. Setelah Jan Koum, selaku pendiri Whatsapp disuntik (baca: perusahaannya dibeli) dana oleh Facebook sebesar USD 19 Milyar pada 2014, tak ada yang berubah secara siginifikan. Whatsapp tetap menjadi aplikasi yang berdiri sendiri meski fitur-fiturnya terkait dengan aplikasi yang lain. Selain fitur yang baru ini, Facebook mulai mengenalkan centang biru pada pesan yang telah dibaca pada Whatsapp sejak 2014. Selain itu, kita pun dihilangkan dari biaya tahunan sebesar USD 1. Meski begitu, kita belum tahu mau diapakan Whatsapp ini oleh Mark Zuckerberg.

Semoga tetap gratis ya, hehe. Yuk, pakai whatsapp yang terbaru.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon