Sabtu, 23 April 2016

Obi Worldphone SJ1.5, Smartphone Canggih nan Murah untuk 'Emerging Country'

Kamu tahu Obi Worldphone? Sedikit yang tahu, mungkin. Apalagi dengan produknya, Obi SJ1.5. Baiklah, bagaimana dengan nama John Sculley? Masih belum tahu juga? Lalu dengan Pepsi? Apple? Nah, siapa yang tak tahu? Lantas apa hubungannya antara Obi Worldphone dengan John Sculley, Apple, dan Pepsi?

Obi Worldphone didirikan oleh John Sculley pada tahun 2014. Buat yang belum tahu, for your information only, John Sculley adalah mantan CEO Pepsi dan juga pernah menjabat sebagai petinggi Apple Inc. Obi Worldphone pertama kali diberi nama Obi Mobiles yang didirikan dengan semangat berkompetisi di bidang teknologi di kawah candradimuka Sillicon Valley, California bagian utara, Amerika Serikat.

Sculley ini, lewat Obi, bermaksud untuk memasyarakatkan smartphone ke kawasan negara yang ekonominya sedang berkembang. Makanya, mungkin Obi Worldphone tak jor-joran memasang iklan layaknya vendors sebelah, tapi langsung dipasarkan dengan mengusung jualan harga murah dengan kualitas terbaik. Ya, namanya juga menarget pasar yang sedang berkembang, memang kudu pintar mengemas kemasan dengan jualan 'harga murah'. Tapi, betulkah Obi Worldphone, terutama Obi SJ1.5 merupakan produk yang murahan?

review obi worldphone sj1.5


Psikologi Pasar

Pasar yang sedang berkembang, yang dalam bahasa Inggrisnya disebut emerging country, merupakan pasar yang tidak masuk standar sebagai pasar yang telah berkembang. Bedakan antara pasar yang berkembang dengan pasar yang sedang berkembang. Ini berarti pasar tersebut punya potensi untuk naik standarnya menjadi pasar berkembang, bahkan maju, atau bisa juga tersungkur ke kategori ekonomi lemah. Ini soal eufimisme bahasa saja.

Kondisi pasar ekonomi bisa terlihat dari perilaku konsumennya. Dalam pasar yang sedang berkembang, tren brand smartphone ternama mungkin tak begitu penting. Untuk itulah kehadiran Obi Worldphone diharapkan mampu meramaikan ponsel dengan kualitas yang baik, meski dibanderol dengan harga murah. Karena perilaku konsumen yang ada di pasar tersebut juga tak terlampau memusingkan soal brand apa yang sedang mereka pakai. Gengsi mungkin ada, tapi ketika pemakainya banyak dan jadi tren, gengsi pun sering dinomorduakan.

Ini pernah terjadi di pasar smartphone Indonesia lima tahun silam. Ketika serbuan ponsel China begitu telak dan tak bisa dibendung. Saat itu kondisi ekonomi Indonesia pun sedikit pulih dari krisis moneter satu dekade silam. Lambat laun, pasar smartphone di Indonesia pun kembali stabil. Brand smartphone ternama kembali berjaya dan menuai sukses yang luar biasa. Entah karena gengsi, atau memang pasar Indonesia sudah berkembang, keberadaan ponsel-ponsel murah itu sedikit tenggelam, meski tak mati.

Berkaca dari kondisi pasar Indonesia yang dicatat masuk ke dalam lima pasar besar dunia bersama Korea Selatan, Meksiko, Turki, dan Saudi Arabia, membuat produk smartphone dari Obi Worldphone belum masuk ke sini. Pertama kalinya, setelah mendapat email dari Lazada, saya tanya ke counter terdekat perihal Obi ini. Dan jawabnya bisa diduga, brand ini belum ada di dealer-dealer smartphone. Bahkan saya cari di Lazada.co.id pun memang belum ada. Lihat screen shoot pencarian pada tanggal 23 April 2016 di bawah ini.

Review OBI Worldphone SJ1.5

Untuk itu, saya cari lagi di Lazada yang ada di luar Indonesia, dan tak perlu kaget apabila ketemu di Lazada Vietnam dengan alamat lazada.vn. Ini berarti kategori pasar Indonesia memang tidak dikategorikan sebagai emerging country bagi pihak Obi Worldphone. Tapi, buat yang tertarik dengan smartphone nan murah ini, silakan rujuk ke link yang ada di bawah artikel ini. Sementara itu, mari kita tinjau apa yang ditawarkan oleh Obi Worldphone SJ1.5 ini.


Body

Bentuk body Obi Worldphone SJ1.5 ini disesuaikan dengan kemampuan pegang rata-rata manusia, jadi tebal tidak, tipis sekali pun juga tidak. Menurut saya sih ukuran panjang 14.6 cm, lebar 7.3 cm, dan tebal 0.795 cm standar untuk ukuran smartphone layar sentuh. Apalagi beratnya cuma 131 gram saja. Material pelindung hardware-nya dibuat dari polycarbonate dan ditambah magnesium-titanium alloy di lengkungan sisinya untuk menambah kekuatan. Dan tersedia dalam beberapa pilihan kombinasi warna yakni hitam-merah, putih silver, hitam-putih silver, dan merah.

Hardware

Obi Worldphone SJ1.5 didukung dengan prosesor berkekuatan 1.3 GHz Quad-core. Ini ditambah dengan besar RAM mencapai 1 GB dengan kapasitas memory internal yang cukup besar, yakni 16 GB. Slot memory eksternal pun bisa memuat Micro SD hingga kapasitas 32 GB.

Software

Dengan kemampuan hardware yang cukup baik, wajar ketika Obi Worldphone SJ1.5 membenamkan sistem operasi Android 5.1 alias Lollipop. Dukungan hardware sebaik itu pun dimanfaatkan oleh pengembang Obi Worldphone SJ1.5 untuk melakukan kostumisasi tampilan agar lebih menarik dan memiliki karakteristik Obi Worldphone. Jadi jika memakai Obi Worldphone SJ1.5, urusan multitasking tak bakal merepotkan.

Kamera

Kamera depan berkemampuan 5 MP dengan fitur crystal clear agar urusan chating dan selfie makin menyenangkan. Sementara itu, fitur fotografi di kamera belakang akan lebih sangar karena selain ada kamera 8 MP juga dibekali bukaan f/2.2 dengan mode kestabilan gambar, dan juga lampu flash 1,000mA agar foto di tempat gelap tak lagi jadi mimpi buruk. Untuk urusan merekam video pun Obi Worldphone SJ1.5 sudah mengadopsi kemampuan yang mampu merekam video Full HD 1080p. Keren, 'kan?

Koneksi

Obi Worldphone SJ1.5 mendukung jaringan GSM/WCDMA/HSPA di teknologi 2G, 3G dan WiFi. Selain dibuat mendukung dual SIM card, Obi Worldphone SJ1.5 pun punya fitur GPS sensor yang memudahkan untuk navigasi. Bluetooth pun tersedia dalam tipe A2DP v4.0. Sementara untuk koneksi kabel dengan perangkat lain, smartphone ini punya Micro USB v2.0. Komplit untuk smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Daya

Untuk ukuran baterainya sendiri, Obi Worldphone SJ1.5 mempunyai kapasitas daya sebesar 3000mAh dengan Li-Po yang ditanam di badan ponsel.

Display

Ya, tampilan menempati urutan pertama sebenarnya. Sehingga Obi Worldphone SJ1.5 tak main-main meski masih dikategorikan smartphone berharga murah. Obi Worldphone SJ1.5 punya layar dengan lebar 5" dengan perlindungan Corning® Gorilla® Glass 3. Layarnya pun punya kerapatan piksel yang mumpuni, yakni 294 ppi dengan resolusi 1280x720 piksel.

Bagaimana? Tak kalah 'kan dengan smartphone yang kamu pegang? Kalau merasa gengsi dengan memakai Obi, coba jelaskan pada teman-teman kamu siapa pendiri Obi Worldphone, dan kaitkan dengan teknologi yang dikembangkan oleh Silicon Valley. Niscaya taraf kegengsian kamu bakal turun 95 persen, seiring dengan meningkatnya taraf pengetahuan kawan-kawan kamu mengenai Obi Worldphone. Oh iya, smartphone ini merupakan produk ketiga dari Obi Worldphone setelah MV1 dan SF1.

Apalagi pasti mereka bakal terkaget-kaget mengingat harga yang ditawarkan begitu terjangkau. Lah, iya dong, seperti diceritakan diatas, smartphone ini dikhususkan bagi pasar yang sedang berkembang. Sayangnya Indonesia tak termasuk. Tapi tenang saja, ada Lazada yang bakal memudahkan segalanya. Smartphone ini dijual seharga 2.599.000 VND atau sekitar IDR 1,299,000,-. Untuk sementara harga yang tercantum ada di Lazada Vietnam, sebentar lagi bakal ada di Lazada Indonesia. Silakan dilihat-lihat dulu barangnya di link dibawah ini. Oh, iya, jangan lupa dibeli, ya..... *mata kedip-kedip*.


Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

1 comments so far

Do you prefer Coke or Pepsi?
ANSWER THE POLL and you could get a prepaid VISA gift card!


EmoticonEmoticon