Kamis, 26 Mei 2016

Cara Tetap Produktif Meski Online di Facebook

Facebook memang sebuah 'mesin penghabis waktu' yang paling efektif yang pernah ditemukan. Banyak orang tersedot waktunya, bahkan tanpa disadari. Betul sadar? Coba tanyakan pada diri masing-masing, berapa lama online di Facebook rata-rata setiap harinya? Jika anda menemukan kesulitan untuk menjawabnya, anda memang tidak sadar telah menggunakan Facebook. Kalau yang sadar pun biasanya bakal menjawab ada banyak waktu yang tersedot ketika menggunakan Facebook. Soal apakah dengan menggunakan Facebook, kita sedang membuang-buang waktu yang kita miliki? Itu soal lain.


Ada banyak orang yang memakai Facebook selama 20 menit setiap kali login. Ya, mungkin 20 menit bukanlah waktu yang lama. Tapi apakah anda yakin jika hanya butuh sekali saja dalam sehari untuk membuka Facebook? Jadi, berapa kali anda membuka Facebook? Lalu hasilnya silakan kali dengan 20 menit tadi. Majalah Time pernah merilis sebuah 'kalkulator' untuk menghitung waktu kita dalam memakai Facebook. Saya menyarankan agar aplikasi tersebut tidak usah dibuka, karena hasilnya pasti mengecewakan. Karena betapa kita telah banyak menyia-nyiakan waktu demi membuka Facebook. Tapi jika anda penasaran, silakan buka aplikasi yang dirilis 27 Januari 2014 tersebut: How Much Time Have You Wasted on Facebook?

Tapi, hey, saya suka Facebook. Bagaimana mungkin saya meninggalkan jejaring dan aset yang saya miliki begitu saja? Ya, mungkin saya sudah kecanduan. Facebook sudah seperti rumah kedua atau bahkan dunia pertama (?) bagi saya. Tapi kalau tidak ditinggalkan, bagaimana saya bisa produktif dalam memanfaatkan waktu agar tak terbuang secara percuma?

Nah, untunglah ada dua cara agar kita bisa tetap produktif dalam menggunakan Facebook. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan alat, dan cara yang kedua dengan memaksimalkan kebiasaan kita.

Alat

1. Ghost for Chat

Apa yang diharapkan dari login Facebook kita? Berita dan informasi? Kabar teman-teman? Atau bermaksud narsis semata? Ubah lagi agar kegiatan ber-Facebook kita bisa produktif dalam artian ada sesuatu yang didapat, misalnya informasi bermanfaat. Namun adakalanya ketika kita sedang menginginkan informasi dan kabar yang spesifik di news feed kita, inbox dari entah siapa justru mengganggu kita. Atau kita malah dianggap sombong, karena orangnya online malah nggak ada tegur sapanya.

Untuk itulah coba aplikasi Ghost for Chat. Aplikasi yang berjalan di browser Chrome ini memungkinkan akun kita tak terlihat sedang online, bahkan yang lebih canggihnya, akun kita tak bakal terdeteksi pencatat waktu Facebook, misal tanda 'last seen 1h ago' di kolom chat. Tapi kita masih tetap bisa mengirimkan pesan kepada jejaring kita.

2. Stay Focusd

Aplikasi ini memberi batasan bagi kita dalam mengunjungi Facebook. Bagian dari ekstensi yang dibuat pihak ketiga untuk Chrome ini memang tidak memblokir Facebook secara total, namun hanya membatasi waktu kunjungannya saja. Silakan yang mau mengunduh Stay Focusd.

3. Kill News Feed

Ya, memang namanya seperti itu. Aplikasi ini memiliki nama 'membunuh News Feed' karena tugasnya menghapus News Feed dari akun Facebook kita. Lah, kalau nggak ada News Feed-nya bagaimana? Tenang, cuma bakal ada tulisan Don't Get Distracted by Facebook. Ya, itu tandanya kita mesti kembali bekerja. Silakan yang mau mengunduh ekstensi Chrome ini.

Kebiasaan

4. Menjadwal login

Suka atau tidak, menjadwal login ke Facebook mutlak dibutuhkan agar waktu kita tak banyak terbuang cuma-cuma. Anggap saja Facebook merupakan rekreasi yang memang sekali-kali butuh kita kunjungi. Namun jika terlalu sering rekreasi, kapan kerjanya?

5. Membuat komitmen dengan rekan

Pernah dengar seorang pria yang membayar seorang perempuan untuk menamparnya agar tetap produktif dan tak terlihkan? Silakan rujuk ceritanya disini. Moral ceritanya adalah, kita butuh orang yang mengingatkan agar kita tak terlalu lama di Facebook. Nah, ini bisa dipadankan dengan pemakaian Ghost for Chat tadi. Jadi rekan yang kita komitmen dengannya untuk mengingatkan waktu online di Facebook akan berfungsi sebagai alarm.

6. Membuat News Feed yang mendukung produktifitas kita

Jika Kill News Feed merupakan alat yang otomatis dan kejam sekali, ini pembuatan manualnya. Pengubahan algoritma Facebook yang hanya menghadirkan News Feed untuk orang-orang yang berinteraksi dengan kita saja sangat mendukung hal ini. Dan kabar baiknya, News Feed ini bahkan bisa dipersempit lagi, agar kita tak kehilangan fokus ketika berselancar di Facebook. Jadi kita bisa memunculkan Fan Page saja, atau hanya beberapa teman saja, itu bisa sekali. caranya bisa dirujuk di sudut kanan bar > Edit preferences > Prioritize who to see first, atau gunakan Facebook friends organizer tool.

Sebenarnya alat dan kebiasaan ini merupakan dua hal yang berbeda. Tapi yang lebih penting lagi adalah niat kita benar-benar matang untuk tetap produktif meski sesekali mengintip Facebook. Ya, percuma juga diberi alat paling canggih ketika sindrom Facebook sudah menjangkit. Oleh karenanya, pun disini, disiplin menjadi kunci.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

1 comments so far

Bener banget tuh gak kebayang berapa waktu yang kita gunakan untuk membuka facebook. tapi menurut saya waku tersebut tidak terbuang percuma karena saya memanfaatkan facebook untuk media pemasaran :) jadi saya membuka facebook untuk bekerja sebagai pedagang produk :) hhe


EmoticonEmoticon