Tap To Translate, Fitur Baru Google Translate di Android

Apakah kamu pernah mendengar fitur google Tap to Translate? Fitur ini merupakan fitur yang bisa sangat berguna untuk kamu manfaatkan.

Pernah menerima pesan dalam bahasa asing? Belum pernah, dan nggak akan pernah? Kasihan sekali. Baiklah, anggap saja bakal menerima pesan dalam bahasa asing dalam waktu dekat ini. Kalau menerima pesannya di komputer desktop, tentu ini tak menjadi masalah selama kita bisa mengakses internet dan membuka Google Translate.

Tapi bagaimana jika kita menerimanya di Whatsapp, misalnya. Whatsapp di Android, ya, bukan yang versi desktop. Bisa jadi kita bakal melakukan copy dan mem-paste-nya di Google Translate di browser, \’kan? Nah, baiknya Google, kini sudah ada fasilitas Tap-To-Translate yang disiapkan sebagai fitur terkini dari Google Translate dan mampu beroperasi tanpa harus berganti-ganti jendela di layar. Baca juga Begini Cara Membuat Akun Google Baru, Mudah Tanpa Ribet

Kabar baiknya, aplikasi Google Translate bersama dengan fitur Tap-To-Translate ini mampu berjalan saat Android kita offline. Makanya, yuk unduh dulu aplikasi Google Translate di Play Store. Meskipun kamu jago cas-cis-cus Bahasa Inggris, siapa tahu kapan-kapan butuh dan mungkin menerima pesan dari artis K-Pop karena kamu menerornya tiap malam dengan pesan berantai. Eh, nggak ya.

Langsung saja, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengaktifkan fitur Tap-To-Translate.

Cara Mengaktikan Fitur Google Tap to Translate

tap to translate

Langkah 1: Mengaktifkan Tap to Translate

  1. Buka aplikasi Google Translate . Jika belum, silakan unduh dulu.
  2. Di sebelah kanan atas, tekan Menu  Settings  Tap to Translate.
  3. Tekan Enable tap to translate. Untuk membuat Tap to Translate disable klik lagi tombol yang sama.
  4. Jika ada pertanyaan apakah Tap to Translate diberi akses berjalan di aplikasi lain, tekan Ijinkan atau Allow.

Baca juga Cara Translate Bahasa Inggris ke Indonesia Dengan Aplikasi Google Lens

Langkah 2: Terjemahkan teks langsung dari aplikasi

  • Buka aplikasi apa saja di Android kamu. Idealnya yang sesuai dengan tujuan kita, misalnya Whatsapp tadi.
  • Pilih teks yang ingin kamu terjemahkan.
  • Klik Copy.
  • Pada bagian kanan-atas, tekan Translate .
  • Penerjemahan akan diperlihatkan oleh Google Translate bukan di aplikasi terpisah, tapi di jendela bukaan yang sama dengan aplikasi tersebut.

Tapi sebagaimana kita tahu, Google Translate memang masih labil jika disuruh menerjemahkan banyak teks. Jadi lebih baik terjemahkan satu kalimat demi satu kalimat. Jika pun terpaksa diambil teks yang cukup banyak, kita mesti memeriksanya sebelum dan sesudah teks itu diterjemahkan.   Itu saja ya, semoga membantu.

Buat yang butuh penjelasan lebih lanjut, ini ada videonya. Silakan ditonton.

Leave a Comment