Sabtu, 25 Juni 2016

Cara Memperpanjang Daya Baterai Smartphone Tanpa Power Bank

Baterai merupakan pusat keluhan bagi mayoritas pengguna smartphone. Pilihan baterai smartphone bertenaga monster memang masuk akal, tapi itu berarti harus ada tambahan budget dan meninggalkan smartphone kesayangan. Belum lagi harus dilakukan perpindahan data, akun, settingan, dan lain sebagainya dari smartphone lama ke smartphone yang baru. Ini menjadi pilihan yang tidak praktis. Lantas, apa yang mesti dilakukan agar baterai smartphone tetap memiliki durasi daya yang bertahan sepanjang hari?

Banyak orang kemudian memilih power bank untuk menjaga agar durasi daya baterai bertahan lebih lama. Tapi apakah ini membantu? Banyak saran dari para pengamat elektronik, bahwa daya yang disuntik oleh power bank merupakan daya yang semu. Artinya, kekuatan mereka untuk memberikan daya ke baterai tidak bisa disamakan dengan daya listrik ketika smartphone diisi melalui charger. Ini berarti selain daya yang dimiliki baterai akan cepat habis, juga mengakibatkan kerusakan pada baterai dalam jangka panjang.


Lalu apa yang mesti dilakukan? Untuk menghemat dan mendapatkan daya baterai yang lebih lama, cobalah lakukan beberapa langkah berikut ini.

Gunakan Fitur Power-Saver

Kalau di smartphone dengan sistem operasi Android memang menyediakan fitur power-saver ini, tapi tidak tahu untuk iOS. Sepertinya Apple pun punya, karena setiap vendor memiliki kesadaran bahwa baterai yang mereka miliki cepat tersedot habis. Tapi ini sangat bervariasi, karena smartphone generasi awal belum memiliki fitur ini. Fitur ini pun biasanya hanya dimiliki oleh smartphone keluaran 2014 kesini. Bahkan untuk banyak smartphone, terdapat beberapa pilihan bagi fitur untuk menghemat daya ini. Hanya saja, ketika fitur ini diaktivasi, resikonya ada beberapa notifikasi aplikasi yang tidak akan muncul.

Pakai Airplane Mode

Mode ini memang tidak hanya ditujukan buat anda yang sering bepergian naik pesawat saja. Banyak orang di saat rapat, tidak ingin diganggu, atau sedang istirahat lebih memilih mode silent bagi smartphone-nya. Padahal mode semacam ini tetap menghabiskan daya. Untuk itu, dalam kondisi semacam tadi, pilih saja mode airplane dibanding mode yang lain, niscaya smartphone kita bakal lebih hemat. Mode airplane ini juga bisa jadi pilihan untuk mengisi daya yang lebih cepat.

Lihat Kembali Aplikasi Anda

Biasanya, ada fitur yang memberitahukan aplikasi mana yang boros daya. Kalau fitur ini bukan bawaan smartphone atau sistem operasinya, instal saja aplikasi untuk memberitahukan hal semacam ini, contohnya DU Battery Saver. Tapi biasanya fitur ini sudah bawaan dari sistem operasinya. Maka coba cek ke Pengaturan > Baterai, geser ke bawah. Anda bakal melihat deretan aplikasi beserta penggunaan dayanya. Tapi lihat dulu, pemakan daya yang banyak bukan berarti aplikasi itu boros baterai. Jika anda sering menggunakan Facebook, wajar kalau aplikasi ini menyedot baterai lebih banyak juga. Tapi kalau ada aplikasi yang jarang digunakan, tapi penggunaan baterainya tidak sebanding dengan pemakaiannya, maka aplikasi ini mesti dipertimbangkan untuk di-uninstall.

Matikan Perangkat Yang Tidak Digunakan

Seringkali penggunaan beberapa perangkat meninggalkan daya baterai yang cepat terkuras. Ditambah pula kebiasaan kita untuk tidak mematikannya setelah digunakan. Ya, perangkat semisal bluetooth, wi-fi, dan GPS mesti segera dimatikan setelah digunakan. Mereka menggunakan daya yang cukup besar dibanding aplikasi jeroan smartphone.

Gunakan Wallpaper JPEG dan Theme Bawaan

Memiliki gambar latar belakang yang cantik memang mempercantik tampilan smartphone kita. Dan sayangnya yang cantik-cantik ini justru hadir dari live wallpaper, alias aplikasi gambar yang bergerak. Mereka ternyata memiliki porsi yang lumayan dalam menguras daya baterai. Apalagi ditambah dengan penggunaan tema yang cukup berat. Pakai saja wallpaper dengan versi .jpeg serta gunakan saja theme bawaan. Mau cantik tapi boros, atau biasa saja tapi hemat. Nggak tahu, mas, siapa saja deh, asal mau sama saya. Kemudian dijitak.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan daya baterai smartphone kita. Meski kondisi ini tergantung dari jenis smartphone yang dipakai, tapi inilah cara yang umum digunakan untuk menghemat daya baterai. Selamat mencoba.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

1 comments so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon