Kamis, 14 Juli 2016

Dua Cara Hindari Malware Pokémon Go

Pokémon Go memang sedang tren. Cerita-cerita aneh yang susah dicerna pun menyertai penggunaan game ini di seluruh dunia. Ada yang dirampok, menemukan mayat, cedera, dan cerita-cerita lain yang sebelumnya jarang terjadi dengan game lain. Tapi dengan game yang kini tercatat memasuki lebih dari 10 juta unduhan di Play Store ini, semua kemungkinan itu terjadi. Termasuk juga kemungkinan perangkat kita terkena malware.

Sebagaimana diketahui, banyak pengguna yang mengunduh aplikasi Pokémon Go dari sumber diluar Play Store. Ini mengakibatkan kemungkinan adanya malware yang disusupkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Malware ini mengakibatkan perangkat kita diakses secara penuh oleh orang lain atau pihak pembuat malware tersebut. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Proofpoint, sebuah perusahaan jasa keamanan internet yang berbasis di California, AS.

Sekedar mengingatkan, malware adalah malicious software alias perangkat lunak yang berbahaya yang digunakan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan informasi sensitif, mengakses sistem operasi komputer, atau menampilkan iklan yang tak diinginkan (Wikipedia).

Sebagaimana dimuat dalam laman resminya, malware yang disebut sebagai Droidjack ini memasukkan program jahat kepada perangkat pengguna untuk mengambil akses secara penuh atas data-data di dalam perangkat tersebut. Droidjack ini sebelumnya pernah dideteksi oleh Symantec dan Kaspersky, namun seiring ramainya game Pokémon Go, seseorang membuatnya hadir kembali menumpang ketenaran game augmented reality ini. Nah, bagaimana cara agar perangkat kita tidak ikut-ikutan terinfeksi?

Karena mereka yang terinfeksi adalah para pengguna Pokémon Go yang mengunduh dari laman di luar Play Store, maka saran yang terbaik adalah menunggu hingga game tersebut dirilis secara resmi di negara yang bersangkutan. Tapi ada berapa banyak orang yang kuat menunggu. Dear, seandainya pasangan pun bisa diunduh, maka tak perlu menunggu lama untuk sembuh dari tuna asmara. Karena itulah, ketika ada situs yang menyediakan unduhan tidak resmi Pokémon Go, berbondong-bondonglah orang untuk mengunduh game ini. Akhirnya, buat kamu yang sudah mengunduh Pokémon Go dari laman tidak resmi tadi, silakan disimak tips dari Proofpoint berikut:

1. Cara menentukan apakah aplikasi Pokémon Go yang kita dapatkan itu terinfeksi malware atau tidak, adalah dengan cara melihat permintaan ijin yang muncul ketika pertama kali proses instalasi. Untuk APK Pokémon Go yang tidak terinfeksi, permintaan ijinnya tidak banyak, hanya soal foto, GPS, USB, kontak perangkat lain yang memakai aplikasi yang sama, bluetooth dan kendali getar. Sementara untuk aplikasi yang terinfeksi malware, permintaan ijin akses perangkatnya justru lebih banyak dari yang resmi. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Sumber: Proofpoint.

2. Cara kedua mungkin sedikit advance. Yakni kita mesti mengecek Hash SHA256 yang dimiliki aplikasi Pokémon Go. Untuk melakukan pengecekan ini, kita butuh software lain yang khusus mengecek hash sebuah aplikasi. Silakan googling. Jadi ada perbedaan antara hash SHA256 yang dimiliki oleh aplikasi Pokémon Go yang resmi dengan yang sudah terjangkiti malware. Jika yang resmi, memiliki hash sebagai berikut 8bf2b0865bef06906cd854492dece202482c04ce9c5e881e02d2b6235661ab67, sementara yang terjangkit malware memiliki hash SHA256 sebagai berikut 15db22fd7d961f4d4bd96052024d353b3ff4bd135835d2644d94d74c925af3c4.

Itulah dua cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Android yang khawatir akan keberadaan malware dalam aplikasi Pokémon Go ini. Cara yang pertama bisa dilakukan untuk mengecek apakah sebuah aplikasi selain Pokémon Go bisa berbahaya bagi perangkat kita atau tidak. Pun soal perijinan keamanan di perangkat tersebut, bisa digunakan ketika kita mengakses sosial media. Dan pada akhirnya, berhati-hati dan waspada adalah kunci agar tetap aman di internet.

Oh iya, infeksi malware ini diketahui hanya menjangkiti perangkat berbasis Android saja, dan tidak untuk perangkat berbasis iOS. Jadi kalau takut diinfeksi, ya pakai Apple saja hehe.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

6 comments

jadi malware yang ada pokemon Go itu bisa di hindari ya kang ? tapi gak pasang Pokemon Go ah kang katanya sih banyak dampak negatif daripada positif

Kalau gitu HP andro saya jgn di install game ini,,, hp Iphonenya aja...

Nanti aja nunggu yang resmi.

Still not playing Pokemon Go? Download The Latest Version (Works on iOS and Android)


EmoticonEmoticon