Kamis, 21 Juli 2016

Yuk, Buat Kaos Custom di Ciptaloka.com

Disclosure: Artikel ini merupakan sponsored post.

Apa jadinya kalau kamu berpapasan di jalan dengan orang yang kaosnya persis dengan yang kamu pakai? Dari gambar, warna, bahkan model kaosnya sama, hanya ukurannya yang berbeda. Apakah kamu akan menyesali mengapa memilih kaos tersebut? Atau cuma buang muka dan memilih pura-pura tidak tahu kalau ada orang lain kaosnya sama? Nah, kalau kejadian tersebut belum pernah dialami kamu, lebih baik dicegah sebelum tengsin melanda. Bagaimana caranya?

Kaos, sebagaimana kita tahu sering dibuat dalam jumlah yang banyak. Sehingga memungkinkan kejadian 'kaos kembar' seperti itu terjadi pada siapapun. Cara mengatasinya adalah kita pakai kaos custom. Yakni kaos yang dicetak sesuai dengan kehendak kita. Kita yang desain, kita juga yang pakai. Nah, kalau begini kekhawatiran akan kaos yang bertemu kembarannya akan mustahil terjadi. Mau? Coba ke Ciptaloka.com.



Ciptaloka.com merupakan sebuah online shop yang melayani cetak kaos. Tak cuma kaos, Ciptaloka.com juga melayani print on demand pada media lain seperti casing handphone (ini yang lagi hits), mug, canvas, sarung bantal, dan lainnya. Dan kerennya, untuk mencetak sebuah desain ke media-media tersebut, Ciptaloka.com tak mesti menunggu dalam kuota tertentu untuk naik cetak. Karena kita bicara kaos, maka kaos satuan pun bakal dilayani. Ya, ini yang saya bilang bahwa kaos kita bakal mustahil disamai oleh orang lain. Karena kaos ini cuma kita yang punya. Kecuali kamu memberikan desainnya pada orang lain, ini lain soal.

Untuk mencoba kaos dari Ciptaloka.com, saya order pada online shop yang berbasis di Bandung ini setelah lebaran. Sengaja saya bikin desain yang flat dan dasar kaos yang berwarna hitam untuk melihat ketebalan cat yang dipakai. Kalau bahan dan jenis kaos, bisa langsung terlihat ketika pertama kali memesan, dan ini berlaku umum. Proses produksi memakan waktu dua hingga tiga hari katanya. Jadi asumsi sampai di tangan saya kira-kira pada tanggal 21 atau 22 Juli, karena saya baru pesan pada 15 Juli kemarin. Eh, ternyata sudah datang pada 20 Juli sorenya.

Terima kasih kaosnya, Ciptaloka!
Overall, barangnya memuaskan. Bungkusnya rapi, dengan plastik pengemas yang biasa dipakai di butik. Kaosnya pun sesuai dengan yang dipesan, namun sepertinya agak sedikit diperkecil, karena pada hasil desain saya, bentuknya terlalu melebar ke samping. Catnya tebal, tapi memang karena warna dasarnya hitam, jadi hasil cetakannya terbawa pengaruh warna hitam.

Nah, buat yang penasaran bagaimana mendesain dan memesan kaos di Ciptaloka.com, yuk diintip caranya di video 4 menitan ini:


Kalau videonya sudah dilihat, coba dipraktekkan. Apa kesan pertama kali memakai website Ciptaloka.com? Kalau menurut saya, website Ciptaloka.com memiliki tampilan yang terlalu ramai di bagian awal. Padahal menurut saya tidak harus seperti itu. Tampilan sliding dan menu scroll down sejatinya sudah mewakili banyaknya layanan Ciptaloka.com, tanpa perlu menjabarkan segalanya di awal. Untuk fakir sinyal seperti saya, tampilan semacam ini memberatkan.

Ke depan, Ciptaloka.com perlu memikirkan untuk menu login yang lebih mudah. Misalnya melalui akun social media baik Facebook, Twitter, maupun akun Google. Toh pada akhirnya tetap saja ketika pemesanan, yang dicantumkan adalah nama dan alamat asli. Lalu bagaimana jika ada teman atau pengguna lain yang ingin memakai desain saya? Ternyata Ciptaloka.com belum menyediakan referral design. Desain yang ada hanyalah template yang memang disediakan oleh pihak Ciptaloka.com, bukan oleh pengunjung.

Tapi buat saya, template kaos yang tersedia sudah lebih dari cukup untuk membuat kaos custom. Ya, lebih dari cukup untuk menghindar dari jebakan ‘kaos kembar’. Duh, hari gini, kaosnya masih samaan sama orang lewat? Pantesan masih jomblo.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon