Senin, 04 Juli 2016

Lima Aplikasi Android Gratis Untuk Menghitung Zakat

Idul Fitri sebentar lagi tiba. Pasca puasa sebulan lamanya, ada satu lagi kewajiban bagi ummat Islam yakni membayar zakat. Membayar zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang disyariatkan untuk menyucikan harta seorang muslim. Namun kendala yang terjadi adalah tidak semua orang memiliki keluangan waktu dan kesempatan untuk menghitung zakat yang bakal dikeluarkan. Ya, seringkali orang yang hendak berzakat dibatasi oleh kemampuan mereka untuk menghitung nisab.

Untunglah di jaman yang serba dimudahkan oleh teknologi ini, ada begitu banyak aplikasi yang membantu ummat Islam untuk menghitung zakat. Berikut beberapa aplikasi untuk menghitung zakat yang bisa diunduh di perangkat Android kesayangan anda.

1. Hitung Zakat Muslim

Lima Aplikasi Android Gratis Untuk Menghitung Zakat

Aplikasi ini dikembangkan oleh mahasiswa Ilmu Komputer IPB, Muchammad Aang Sopian. Hitung Zakat Muslim dirilis pada 1 Juni 2016 dan disambut baik oleh para penggunanya. Dengan besar file 1.8 MB, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap karena selain ada kalkulator zakat, para muzaki (orang yang berzakat) pun bisa langsung memberikan zakatnya ke lembaga resmi Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat.



2. Kalkulator Zakat

Lima Aplikasi Android Gratis Untuk Menghitung Zakat

Kalkulator Zakat yang dikembangkan oleh alumni UGM, Fachry Bafadal, ini tidak saja menghitung zakat seperti kalkulator, tapi juga mengaitkannya dengan harga emas yang berlaku di pasaran via Yahoo Finance. Harga emas ini berguna untuk menghitung nisab pada zakat profesi dan zakat penghasilan. Aplikasinya pun kecil, hanya 458 kb saja. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 500.000-an sejak dirilis pada 6 Juli 2012.



3. Zakat Calculator

Lima Aplikasi Android Gratis Untuk Menghitung Zakat

Aplikasi ini dibesut oleh sebuah start up di daerah Rancasari, Bandung, yakni Kodelokus Cipta Aplikasi. Hampir sama dengan Kalkulator Zakat, Zakat Calculator memiliki fitur untuk melakukan update harga emas secara otomatis saat pengguna akan menghitung zakat penghasilan. Tak hanya itu, ada tambahan fitur yang lumayan membantu bagi pengguna yang butuh untuk konversi penanggalan dari masehi ke Hijriyah.



4. Aplikasi Zakat


Kali ini Labkomif UIN Bandung berupaya membantu para muzaki untuk menghitung zakat yang akan dikeluarkannya lewat Aplikasi Zakat. Tampilannya khas akademisi, formal dan elegan, namun fiturnya lengkap dan begitu mudah digunakan. Aplikasinya pun tergolong ringan, yakni sekitar 766 kb.



5. Zakat

Lima Aplikasi Android Gratis Untuk Menghitung Zakat

Zakat merupakan sebuah aplikasi besutan Teknik Informatika Politeknik Negeri Indramayu (Polindra). Tampilannya cukup bagus, dengan beberapa hiasan figuratif yang menyertai kolom penjelasan bacaannya, dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur penjelasan macam-macam zakat. Aplikasi yang dirilis pada 12 Agustus 2015 ini pun tergolong cukup ringan karena hanya 656 kb saja.



Bagaimana? Apakah tertarik untuk mengunduh salah satunya? Jika masih banyak pertanyaan seputar zakat, alangkah lebih baik mendapat pencerahan secara langsung dari lembaga berwenang yang membidanginya, seperti BAZ, MUI, serta lembaga amilin semacam Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa. Hal ini berkenaan dengan betapa pentingnya ibadah zakat dalam Islam.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon