Selasa, 19 Juli 2016

Ini Yang Bisa Dilakukan Dengan Akun Facebook Mereka Yang Meninggal

Ada yang suka bertanya-tanya, apa jadinya akun Facebook mereka yang telah meninggal? Kebanyakan sih bakal pasif, kecuali ada orang-orang terdekatnya yang memegang data login akun tersebut. Sebagian besar dibiarkan begitu saja, dan kadang hanya di-mention oleh kerabat dekatnya dengan kata-kata kenangan akan mendiang pada waktu-waktu tertentu. Menghadapi hal tersebut, Facebook mulai menerapkan fitur agar akun Facebook orang yang telah meninggal memiliki tanda sendiri dan bisa diurus. Loh, kog sudah meninggal bisa diurus?

Content Strategy Manager di Facebook, Jasmine Probst, sebagaimana dikutip oleh TechRadar, mengatakan bahwa tim desain produk mereka telah merealisasikan apa yang mungkin diharapkan banyak orang, yakni pewarisan akun. Jadi ketika seseorang sudah meninggal, orang yang mewarisi akun tadi akan bisa: membuat pinned post di profil kita, menanggapi permintaan pertemanan, mengubah dan memperbaharui foto profil dan gambar cover. Namun sesuai dengan ketentuan Facebook, pewaris akun ini tidak dapat login di akun yang diwarisi, menghapus atau mengedit postingan yang telah diunggah, membaca pesan masuk, dan menghapus pertemanan.

Salah satu akun yang punya tanda 'Remembering'. (Sumber: TechRadar)
Dan kemungkinan besar, akun yang memiliki pewaris hanya akun-akun saat ini. Karena fiturnya baru berlaku belum lama ini. Sementara ada begitu banyak akun dari orang yang telah meninggal dibiarkan begitu saja, karena tak bisa diapa-apakan. Tapi, meski tak bisa diapa-apakan, Facebook membuka diri untuk menandai akun Facebook orang yang telah meninggal tersebut dengan kata 'Remembering' atau 'Mengenang' diatas nama profil akun tersebut. Asal orang-orang terdekatnya melaporkan bahwa pemilik sah akun Facebook tersebut telah meninggal. Dan orang yang melaporkannya bisa memberi wewenang kepada Facebook untuk menghapus akun tersebut sama sekali dari Facebook. Untuk kedua langkah ini silakan masuk ke form ini. Ikuti petunjuk dan syarat-syarat yang diminta, misalnya dokumentasi kematian seperti surat kematian dan lain-lain.


Untuk yang bermaksud mewariskan akunnya, bisa masuk ke tombol Setting (Pengaturan) > Security (Keamanan) > Legacy Contact (Kontak Pewaris) dan pilih akun dari jaringan pertemanan kita untuk diberi warisan akun kita, kemudian tekan Add (Tambahkan). Kelak akun pewaris ini bakal diberi notifikasi ketika pemilik dari akun tersebut dilaporkan meninggal dunia. Siapapun yang melaporkan, asal laporannya diterima oleh Facebook, notikasi itu tetap akan masuk ke akun pewaris. Atau jika tak ingin diwariskan kepada siapapun, kita pun bisa memilih menghapus akun Facebook tersebut untuk selama-lamanya.

Sejak sebuah akun telah memiliki tanda 'Remembering' atau 'Mengenang', maka notifikasi ulang tahun, kegiatan di news feed, maupun di pencarian tak akan muncul. Memang hampir mirip dihapus secara keseluruhan, tapi bedanya akun kenangan ini masih bisa dilihat-lihat oleh mereka yang telah menjadi teman saja. Dan boleh kita sebut bahwa program Facebook ini bermaksud memonumenkan akun mereka yang sudah meninggal.

Yang perlu dicatat, meski kamu banyak memiliki kenangan dengan mantan, bukan berarti bisa semena-mena memberinya tanda 'Remembering' di akun Facebook-nya. Jangan begitu, ya mblo!

Social Media Lain

Seseorang bisa jadi punya lima akun sosial media yang berbeda, misalnya ia punya akun Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dan Google Plus. Namun skema 'Remembering' ini hanya dimiliki oleh Facebook saja. Sementara yang lain, bahkan Instagram yang notabene milik Facebook, tidak memilikinya sama sekali. Pilihannya hanya menghapus akun tersebut secara penuh.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

4 comments

Ternyata bentuk warisan itu tidak hanya harta ya bang.. tapi facebook juga dapat di wariskan :)

eh buset....:D
baru tau ada warisan dalam bentuk akun facebook :D


EmoticonEmoticon