Senin, 11 Juli 2016

Tiga Smartphone Murah Siap Instal Pokémon GO

Seorang pria Italia, Fabio La Ciura, telah mempetisi Niantic Inc., The Pokémon Company dan tentu saja Nintendo tersebab ia merupakan pengguna smartphone dengan prosesor Intel. Sebagaimana diketahui, setiap pengguna smartphone dengan prosesor Intel, tidak bisa memainkan game yang sedang hype ini. Sejak ditandatangani oleh dirinya sendiri pada 7 Juli kemarin, kini petisi itu tinggal 315 untuk mencapai target 15.000. Fabio dan 14.684 lainnya menginginkan agar Niantic Inc. memberikan kompatibilitas prosesor Intel untuk Pokémon GO. Buat yang mau mendukung petisi ini, silakan kemari.

Sepertinya Niantic Inc. pun tetap bergeming. Belum ada kabar mereka mengubah spesifikasi perangkat yang bisa memainkan Pokémon GO. Prosesor Intel tetap dikesampingkan dulu. Nah, daripada tak bisa memainkan Pokémon GO yang sedang kekinian ini, coba cek lagi, siapa tahu jatah THR masih ada. Untuk itu beberapa smartphone berikut ini bisa dipertimbangkan untuk menjadi perangkat baru pasca lebaran. Dan yang penting, sepsifikasinya bakal bisa dipakai untuk bermain Pokémon GO tanpa lag.

Tiga Smartphone Murah Siap Instal Pokémon GO


1. Wiko Robby

Tiga Smartphone Murah Siap Instal Pokémon GO

Baca juga: Review Wiko Robby

Smartphone ini berasal dari Perancis. Namun bukan itu yang membuatnya bisa memainkan Pokémon GO. Dapu pacunya yang diperkuat oleh Prosesor ARM Cortex-A7, 1300 dengan sistem operasi yang support Android Marshmallow layak untuk dipertimbangkan. Apalagi ditambah dengan kapasitas memori internal 16 GB dan RAM 2 GB membuatnya bisa memainkan Pokémon GO. Dan satu lagi, smartphone ini pun tak bakal memberatkan kantong. Silakan dicek harganya di bawah ini.

2. Xiaomi Redmi 3

Tiga Smartphone Murah Siap Instal Pokémon GO

Xiaomi Redmi 3 memang sudah masuk kategori high-spec. Namun jika dilihat harganya, smartphone ini terbilang murah dibandingkan dengan perangkat lain yang setara. Dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 616 1.5GHz Octa Core, ditambah RAM 2 GB dan memori internal 16 GB membuatnya mampu menampung game sekelas Pokémon GO. Ah, satu lagi, baterainya monster: 4100mAH. Jadi bisa dipakai untuk mengejar-ngejar Pokemon seharian. Untuk harganya, bisa dilihat di tombol berikut.

3. Infinix Hot Note X551

Tiga Smartphone Murah Siap Instal Pokémon GO

Dukungan prosesor berotak 8 inti lewat MediaTek MT6592 dengan top speed 1.4 GHz membuat Infinix Hot Note X551 mampu bersaing di kelasnya, baik soal harga maupun performa. Infinix Hot Note X551 menawarkan RAM 2 GB dengan dukungan memori internal sebesar 16 GB. Jadi meski tergolong smartphone kelas menengah, Infinix Hot Note X551 bakal mampu diinstal Pokémon GO. Buat yang penasaran dengan smartphone dari Infinix ini, silakan cek disini.

Batas Kompatibilitas

Memang untuk saat ini, sebagaimana disebutkan dalam spesifikasi Pokémon GO di Play Store, secara terang-terangan prosesor Intel tidak kompatibel. Ditambah lagi, perangkatnya mesti punya RAM sama dengan 2 GB atau diatasnya. Jadi yang punya smartphone dengan RAM 1 GB mohon maaf ya, meski prosesornya Qualcomm, Mediatek, ARM, Exynos bahkan NVidia sekalipun belum bisa memainkan Pokémon GO.

Kompatibilitas perangkat yang prosesornya non-Intel, ditambah punya RAM 2 GB atau diatasnya memang belum jaminan juga bisa memainkan Pokémon GO dengan lancar jaya. Hal ini disebabkan game Pokémon GO baru resmi di Amerika Latin, Australia, Selandia Baru, Belgia, Kanada, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Inggris, Irlandia, dan Amerika Serikat. Artinya diluar negara tersebut, seperti di Indonesia, server-nya masih angin-anginan. Bahkan pemakaian game diluar negara tersebut bisa menyebabkan server di negara-negara resminya terjadi down. Untuk mengecek apakah server di wilayah kita kuat, silakan ke Pokemon GO server status.

Kalau pun mau memaksa diri, tidak sabar ingin segera memainkan Pokémon GO, dan mengunduhnya lewat penyedia APK pihak ketiga, hati-hati saja dengan malware Droidjack. Malware ini sedang ramai menempel di APK Pokémon GO. Saya belum paham imbasnya apa bagi perangkat, namun sebagaimana malware pada umumnya, pasti punya imbas negatif pada smartphone kita. Untuk itu, sebaiknya tunggu saja rilis resmi dari Niantic Inc. di Play Store. Alasan pertama aman, dan kedua ketika Indonesia telah resmi dihampiri game ini, maka dukungan game seperti server dan lainnya pun telah siap. Kalau begini kita pun nyaman memainkannya.

Nah, sambil menunggu Niantic Inc. merilis Pokémon GO di Indonesia, siapkan budget dan segera belanja smartphone diatas. Ya kali, sudah menunggu lama, smartphone-nya tidak kompatibel? Apa kata dunia. Hehehe.

Update: Untuk saat ini, kabar yang saya terima, smartphone Asus dengan prosesor Intel sudah bisa memainkan Pokemon GO. Niantic tidak merilisnya secara resmi, namun ungahan baru yakni versi 0.29.2 sudah bisa dimainkan oleh pengguna smartphone berprosesor Intel. Hmm... jadi banyak pilihan ya.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

4 comments

Saya pake ios.. Download di app store australia jadi aman dari virus

iya mas, ID Apple berlaku global, jadi enak ya bisa lompat warga negara hehe

Not playing Pokemon Go? Download It Now (Available for Android & iOS)


EmoticonEmoticon