Jumat, 12 Agustus 2016

Gandeng Google, Disney Luncurkan Game Berformat Augmented Reality

Pernah menyaksikan film yang menceritakan naga yang hidup di tengah-tengah manusia? Cerita naga dan manusia mungkin banyak difilmkan. Tapi ada satu film yang kini dihidupkan kembali. Saat itu formatnya merupakan film life-action yang dengan teknologi pada masanya, naga itu dihadirkan dalam bentuk kartun. Mungkin seusia kita belum lahir saat film itu dirilis, karena Pete's Dragon baru rilis pada 1977. Film musikal yang menceritakan kisah hidup Pete bersama sang naga yang diberi nama Elliot itu dihidupkan kembali oleh rumah produksinya, Disney.

Dan Disney benar-benar menghidupkan kembali Pete's Dragon. Tak cuma dalam format layar lebar yang rilis pada 12 Agustus (rilis di AS) saja, tapi juga dalam format game. Nah, menariknya, game yang mengeksplorasi sang naga ini bakal diusung dalam format augmented reality. Menarik bukan? Jika sampai hari ini orang-orang masih dibuat heboh dengan Pokemon GO, maka tak ada salahnya mencoba game yang juga berformat sama ini. Seperti apa game-nya?


Disney menggandeng Google untuk membuat Elliot jadi nyata. Dengan teknologi Cloud Vision yang dimiliki Google, pemain bakal dibawa ke dunia augmented reality yang bakal memunculkan sang naga di tengah-tengah benda-benda di sekitarnya. Teknologi ini telah dipakai oleh Google untuk mendeteksi emosi seseorang dari fotonya saja, mengidentifikasi bahasa, dan beberapa manfaat lain. Cloud Vision merupakan kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google, dan kini dipakai dalam game yang diberi nama Dragon Spotting ini.


Jika melihat cara kerja Cloud Vision yang ada pada game Dragon Spotting, maka kecerdasan buatan ini 'merekam' benda-benda di lingkungan sekitar pemain, seperti kursi, pohon dan lainnya, menjadi citra dalam augmented reality. Kemudian dari citra buatan itu game ini akan menempatkan Elliot di tempat yang sesuai dengan algoritma game-nya. Ya, kita bakal diminta untuk mencari tahu dimana letak Elliot. Mirip filmnya memang, tapi juga mirip Pokemon GO meski tanpa Pokeball.

Meski bekerjasama dengan Google, game ini tak ada di Play Store. Buat kamu yang ingin bermain game ini, silakan mengunjungi www.dragonspotting.com/desktop untuk yang mengaksesnya lewat komputer. Bisa juga ke www.dragonspotting.com secara langsung di browser mobile untuk yang mengaksesnya lewat smartphone. Jika mengaksesnya lewat komputer, kita pun bakal disuguhi dengan trailer Pete's Dragon, namun untuk mengakses game-nya kita tetap butuh smartphone dengan aplikasi QR Code. Tak perlu instalasi, hanya saja lambat atau cepatnya akses menuju game-nya disesuaikan dengan kemampuan smartphone. Tentu saja spesifikasi smartphone yang lebih tinggi jauh lebih baik.

Untuk pemakai iOS, fitur-fitur Cloud Vision bakal tampil minim. Karena Cloud Vision hanya berjalan maksimal di platform sistem operasi Android. Untuk itu, jika anda pemakai produk Apple maka lebih baik buat saya saja, tak disarankan untuk memainkan game ini.

Jika dibandingkan dengan game Pokemon GO, mungkin Dragon Spotting tak mampu menyamai. Tapi sebagai sarana promosi dari sebuah film yang menggabungkan antara naga hasil olah digital dengan dunia manusia pada umumnya, game ini cukup bisa diandalkan. Yuk, dicoba.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

1 comments so far

Haven't started playing Pokemon Go? Download It Now (Available for Android and iOS)


EmoticonEmoticon