Minggu, 07 Agustus 2016

Berusia 25 Tahun, Inilah Situs Internet Yang Pertama Kali Online

Situs yang pertama kali online di internet telah menggenapi usianya yang ke-25. Sebuah situs yang menjadi tonggak sejarah bagaimana masifnya informasi didistribusikan itu bahkan hingga kini masih ada dan bisa diakses. Dibuat pada 6 Agustus 1991 oleh Berners-Lee, tentu saja situs itu tak memiliki tampilan seperti situs-situs jaman sekarang yang memiliki aneka ragam gambar dan tombol share media sosial.

Berners-Lee telah merancang situs ini sejak 1989. Pada saat itu, situs internet belum se-mendunia saat ini. Bentuknya hampir mirip jejaring lokal serupa intranet. Baru kemudian Lee membuat sebuah halaman menggunakan jaringan internet secara global, dan membuat halaman hosting, agar semua orang bisa mengaksesnya. Mungkin kalau sekarang kedengarannya biasa saja, tapi pada jaman itu, ide Lee tersebut begitu inovatif.

Pada bulan Oktober 1990, Berners-Lee menulis kode HTML (HyperText Markup Language) berbasis website, HTTP (Hyopertext Transfer Protocol) standar yang memungkinkan komunikasi data antar website terjalin, dan alamat URI (Uniform Resource Identifier) yang memungkinkan sebuah situs memiliki URL-nya sendiri. Mimpi yang dimulai pria kelahiran Inggris ini sejak Maret 1989 telah menemukan titik terang.

Akhir 1990, situs yang dibuat Lee memang telah siap tayang. Namun baru pada 6 Agustus 1991, situs tersebut online secara global. Situs itu telah 'keluar' dari jaringan internal dimana Lee bekerja. Ya, pria yang telah memberikan sumbangsih cukup besar bagi kemudahan penyebaran informasi ini bekerja di lembaga penelitian nuklir Eropa alias Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire dalam bahasa Swiss dan disingkat dengan CERN.

Inilah tampilan situs internet yang pertama kali online.

Situs yang pertama kali tampil online di internet itu memiliki domain .ch, kode dari top level domain dari Swiss. Tak ada template apapun disana, hanya tulisan-tulisan saja yang menjelaskan bahwa itu merupakan website pertama. Dan sebagaimana telah disinggung di paragraf awal, situs ini masih eksis hingga sekarang. Silakan ke http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html untuk yang mau melihat situs internet yang pertama kali online.

Sementara itu, CERN sendiri memiliki domain pribadi, yang jika kita ingin berkunjung ke situsnya, cukup ketik home.cern, dan silakan eksplorasi lembaga yang menelurkan website pertama kali ini. Yang perlu diingat adalah, institusi yang mengglobalkan situs internet adalah lembaga nuklir, bukan Facebook, bukan pula Google, meski pada akhirnya kita berterima kasih pada manfaat yang diberikan semuanya.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

Begitulah teknologi yg terus berkembang untuk sempurna, terima kasih pd ilmuwan, pada akhirnya kita bisa menikmati produk teknologi sampai sekarang.
Tersedia jam digital masjid dan runningtext, info lebih lengkap kunjungi www.jamdigitalmasjidjogja.blogspot.com

Wah bagaimana situs atau website kita 25 tahun mendatang ya bang ? Semoga tulisan kita berguna selalu :-)


EmoticonEmoticon