Rabu, 05 Oktober 2016

Pixel, Smartphone Perdana Dari Google

Pernah mendengar smartphone buatan Google? Pasti kita akan mengingat Nexus. Program Nexus memang erat kaitannya dengan Google, karena segala macam software baik yang dalam tahap beta test maupun yang masih hangat akan dipasang pertama kali di perangkat tersebut. Namun perangkat keras Nexus bukan berasal dari Google. Dan kabar dukanya, program Nexus pun kini dihentikan, karena Google punya penggantinya.

Untuk itulah pada event Google Pixel yang dihelat di San Fransisco, Selasa (4/10), perusahaan internet raksasa ini mengeluarkan smartphone pertamanya. Ya, pertama dalam artian Google mengeluarkan produk smartphone-nya sendiri tanpa membawa-bawa brand lain. Tak tanggung-tanggung, Google langsung mengeluarkan dua varian untuk smartphone pertamanya ini, yakni Pixel dan Pixel XL.


Perbedaan yang paling menonjol dari Pixel dan Pixel XL terletak pada ukuran. Pixel memiliki dimensi sekitar 14,3 cm sementara Pixel XL punya panjang 15,4 cm. Sehingga layar keduanya pun otomatis berbeda. Pixel punya layar 5 inci sementara Pixel XL memiliki 5,5 inci. Namun keduanya sama-sama dibalut oleh pelindung Gorilla Glass 4.

Untuk spesifikasi lebih lengkap, silakan dilihat tabel berikut ini:

Pixel
Pixel XL
Dimesions
143.8 x 69.5 x 7.3 mm (5.6 x 2.7 x 0.2 in)
154.7 x 75.7 x 7.3 mm (6.0 x 2.9 x 0.2 in)
Colors
Very Black, Quite Silver and Really Blue
Very Black, Quite Silver and Really Blue
Screen
FHD AMOLED at 441ppi
QHD AMOLED at 534ppi
Resolution
1,334 x 750 pixels (326 ppi)
1,920 x 1,080 pixels (401 ppi)
Storage
32, 128 GB
32, 128 GB
NFC support
Yes
Yes
Processor
Snapdragon 821
Snapdragon 821
RAM
4GB LPDDR4 RAM
4GB LPDDR4 RAM
Connectivity
4G LTE, GSM, CDMA, HSPA+, 802.11a/b/g/n/ac Wi-Fi
4G LTE, GSM, CDMA, HSPA+, 802.11a/b/g/n/ac Wi-Fi
Camera
12.3MP rear, f/2.0 Aperture
8MP front, f/2.4 Aperture
 12.3MP rear, f/2.0 Aperture
8MP front, f/2.4 Aperture
Video
4K at 30fps, 1080p at 30 or 60fps
4K at 30fps, 1080p at 30 or 60fps
Battery
2,770 mAh
3,450 mAh
Charger
USB-C 18W adaptor with USB-PD
USB-C 18W adaptor with USB-PD

Penantang Serius Apple

Kehadiran dua smartphone dari Google sekaligus, memang membuat prasangka bagi banyak pihak. Ya, diduga Google sedang menantang hegemoni Apple, setelah Samsung selaku penantang sebelumnya bermasalah dengan baterai. Sebenarnya banyak juga smartphone sekelas yang setara atau mungkin lebih baik dari iPhone, namun Apple memang menjadi media darling sehingga senantiasa mendapat perhatian yang lebih dari penggemar gadget.


Prasangka ini tentu saja bukan tanpa sebab. Karena setelah sebelumnya Apple meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Google pun mengeluarkan sepasang smartphone, Pixel dan Pixel XL. Dan uniknya, keduanya pun hampir sama dari sisi ukuran. iPhone 7 dipadankan dengan Pixel dan iPhone 7 Plus disetarakan dengan Pixel XL. Dan tentu saja ini pertarungan antara iOS dengan Android sebenarnya, setelah sistem operasi yang terakhir bergerilya di banyak smartphone non-Google. Pastinya juga, inilah pertarungan antara Google dengan Apple.

Untuk mengetahui siapa pemenangnya memang belum terlihat. Dilihat dari betapa larisnya iPhone, maka Pixel pun mengalami nasib yang serupa. Dalam malam peluncuran, Pixel telah ludes di Google Store. Pengiriman selanjutnya bakal dilakukan pada 20 Oktober 2016. Dan kini statusnya masih pre-order. Rupanya orang-orang penasaran dengan seperti apa smartphone buatan Google ini.

Fitur Unggulan

Selain memuat kompatibilitas dengan perangkat Google yang baru saja diluncurkan seperti Daydream View, Google Home, Google WiFi, dan Chromecast Ultra, Pixel memiliki Google Assistant yang menyita perhatian kala Allo diluncurkan. Google Assitant tentu saja menantang SIRI, atau Cortana, atau apapun saja yang membenamkan teknologi kecerdasan buatan. Dan Google Assistant sudah pre-instal di Pixel dan Pixel XL.

Baca juga: Google Allo

Satu lagi yang mungkin diharapkan oleh banyak orang adalah tersedianya daya simpan yang mumpuni. Pixel memang sudah memberikan daya simpan yang luas, yakni 32 GB, namun Google memberikan lebih dari itu. Sebagai bagian dari fitur unggulan, Google membenamkan fitur Google Store dengan daya simpan unlimited untuk pengguna Pixel dan Pixel XL. Bahkan penyimpanan fotonya pun tidak melewati kompresi terlebih dahulu. High resolution photos for life time. Dan penyimpanan ini gratis. Keren, ya.

Meski memajang tagline 'Made by Google' dan ini sempat menjadi trending topic semalaman di Twitter, namun tetap saja Google masih belum mandiri. Ini persis dengan Apple yang mempercayakan pembuatan hardware-nya kepada Foxconn. Dan untuk Google sendiri, kabarnya disuplai oleh HTC.

Lantas berapa harganya? Untuk Pixel, harga yang dibanderol sebesar USD 599 atau setara Rp.7.782.507,50 jika kurs USD 1 = Rp.12.992,50 (tanggal 10/05), sementara itu Pixel XL dibanderol dengan harga USD 649 atau setara dengan Rp.8.432.132,50. Apakah dengan spesifikasi tersebut Pixel terlampau mahal, atau sebanding? Mudah-mudahan kita punya rejeki lebih, dan mampu membelinya ketika sudah dipasarkan di Indonesia. Dan untuk hal terakhir, memang belum ada kabar kapan dipasarkan di tanah air.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

4 comments

Apakah orang indonesia sudah banyak yang memakainya bang ? Harga mahal bisa jadi patokan bahwa handphone tersebut sangat berkelas ya kang :-)

Harganya gila..:D
tapi sayangnya belum ada waterproofnya...flagship loh notabanenya :D..

Baru dibikin sama LifeProof, casing Pixel yang tahan air hingga kedalaman 6 kaki :D gak tau harganya berapa


EmoticonEmoticon