Kamis, 13 Oktober 2016

Samsung Galaxy S8, Rumor Spesifikasi dan Harga

Gagalnya Samsung Galaxy Note 7 di pasaran, memang membuat pabrikan asal Korea ini rugi besar. Sebagaimana diketahui, dalam banyak kasus ditemukan Note 7 meledak hingga Samsung mesti membuat program penukaran. Sayangnya Note 7 hasil penukaran ini pun meledak lagi, hingga produksi Note 7 dihentikan, selamanya.

Sumber: Techradar

Namun Samsung sepertinya ingin segera move on dari kejatuhan tersebut. Pasca menghentikan total seluruh produksi dan tetek bengek yang terkait dengan Galaxy Note 7, mereka beralih ke produk baru. Ya, Samsung segera mengalihkan fokusnya ke Samsung Galaxy S8.

Layar

Tidak seperti Samsung Galaxy Note 7 yang tak punya Samsung Galaxy Note 6, Galaxy S8 tentu punya pendahulu yakni Samsung Galaxy S7, serta Galaxy S7 Edge. Dan kabarnya, berdasarkan Weibo, Galaxy S8 bakal punya dua versi juga, yang memiliki layar 5.1 inci dan 5.5 inci. Memang persis dengan pendahulunya, namun kedua versi Galaxy S8 ini sama-sama memiliki layar lengkung yang mirip dengan S7 Edge.


Perbedaan selanjutnya, meski kelak sama-sama punya layar yang curved di samping, Galaxy S8 yang 5.1 inci akan dipasang layar QHD. Sekedar informasi, layar QHD alias Quad High Definition mampu menayangkan kualitas video dengan ukuran 2560x1440p, atau empat kali lebih besar dibanding layar biasa yang hanya sanggup menayangkan gambar dengan kualitas 720p.


Sementara itu galaxy S8 yang punya layar 5.5 inci akan dipasangi layar 4K. Layar 4K memiliki kemampuan penayangan yang hampir dua kali lipat dibanding QHD, tentu saja. Karena 4K sesuai dengan namanya sudah mampu menayangkan resolusi video yang memiliki piksel hingga 4000p. Jadi video kamu yang 1080p bakal dengan mudah tayang di Galaxy S8. Pssst...iPhone 7 saja hanya mampu menayangkan video dengan kualitas 720p, loh.

Oh iya, baik Galaxy S8 yang berlayar QHD maupun 4K memiliki jenis layar AMOLED, sehingga layarnya bakal tetap garang menyala tanpa khawatir kalah dari sinar matahari.

Ada rumor yang berhembus memang mengabarkan bahwa Samsung bakal menelurkan smartphone dengan layar yang bisa ditekuk, alias foldable phone, pada tahun 2017 mendatang. Namun teknologi semacam ini belum pernah ada di pasaran dan memang belum teruji penggunaannya, meski paten dan prototype-nya sudah siap. Jadi nggak usah banyak berharap bahwa Galaxy S8 akan hadir dengan layar yang bisa ditekuk-tekuk bak peralatan agen rahasia itu.

Body

Desain Samsung Galaxy S8 memang tak akan berbeda jauh dari pendahulunya, namun tentu bakal ada perbaikan. Ketika Galaxy S6 dan S7 punya paduan body metal dan kaca yang membuatnya menarik dilihat, maka tentu hal ini dipertahankan. Namun dengan layar yang curved di samping, tentu kita berharap agar Samsung lebih membuatnya nyaman digenggam.

Kamera, Baterai, dan Spesifikasi

Banyak rumor yang beredar menyatakan bahwa Samsung akan menaruh kamera 30 MP di depan Galaxy S8. Namun tentu saja dengan kepemilikan daya yang rumornya (lagi) hanya 4200 mAH, maka kamera sebesar itu kurang logis.

Ditambah lagi, dapur pacu yang akan menjalankan Galaxy S8 ini didorong oleh prosesor Exynos 8895 dengan clock di angka 3GHz. Dan untuk di Amerika Serikat, prosesornya beda lagi, karena sebuah Snapdragon 830 (belum resmi) dengan kapasitas 3.2GHz akan menghuni dapur pacunya. Hal ini pun dikuatkan dengan RAM yang kabarnya akan mencapai 6GB.

Fitur Unggulan

Fitur yang sering diperbincangkan orang adalah keberadaan Viv, sebuah platform kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Dag Kittlaus. Dan Samsung membelinya dari mantan pembuat Siri tersebut. Nah, Viv ini kabarnya bakal menghuni Galaxy S8, selayaknya Siri pada iPhone, dan Google Assitant pada Pixel.


Fitur-fitur yang lain seperti pemindai retina dan smart glow memang boleh jadi sebagai fitur unggulan yang kabarnya lagi ada pada Galaxy S8. Namun tentu saja, fitur tersebut bukan fitur yang baru. Fitur yang baru selain Viv pada Galaxy S8 adalah proyektor mini. Jadi, hanya dengan menenteng sebuah Galaxy S8 kita bakal siap menggelar presentasi kapanpun dimanapun, tanpa membawa-bawa infocus dan layarnya.

Harga

Samsung Galaxy S8 memang belum merilis perangkat terbarunya ini, namun rumor tak bisa dibendung. Dan dari rumor itulah tercetus sebuah angka yang bakal membanderol smartphone flagship Samsung pada 2017 ini. Dan angkanya jatuh pada USD 850, atau sekitar Rp.11 juta. Mahal, ya.

Dan sekali lagi, artikel ini hanyalah rangkuman dari kabar burung yang berhembus berdasarkan leaked yang muncul dari Weibo, sebuah situs microblogging yang populer di Cina. Benar atau tidaknya, kita memang masih menunggu rilis resmi dari Samsung yang kabarnya bakal dihelat pada awal 2017 mendatang. Ya, kita tunggu saja.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

1 comments so far

indramayu.asia pindah mendi bang doel ??


EmoticonEmoticon