24 April 2017

Cara Mendaftar dan Menulis di UC News serta Untung Ruginya

Cara Mendaftar dan Menulis di UC News serta Untung Ruginya -- UC News merupakan aplikasi ponsel pintar yang berisi informasi dari berbagai pilihan kategori. UC News merupakan platform terbuka yang mengikutsertakan para penulis di tanah air untuk menjadi pengisi kontennya. Sindikasi dengan media-media besar pun dilakukan UC News untuk menjadikan aplikasi ini padat dengan informasi dengan ragam kategori itu.

Kadang-kadang, UC News tertukar dengan UC Browser, padahal jelas berbeda meski sama-sama berasal dari Alibaba. Perusahaan milik Jack Ma ini memang memiliki empat jenis usaha dalam bidang produksi konten. Yang pertama UC News, kedua UC Browser, yang ketiga 9Apps, dan keempat UC Unions. UC News sudah disebut diatas. Sementara UC Browser sebagaimana namanya merupakan alat peramban internet. 9Apps merupakan platform unduhan games Android. Dan yang terakhir UC Unions adalah agen periklanan online milik Alibaba. Penjelasan lebih detil nanti di lain kesempatan.

Cara Mendaftar dan Menulis di UC News

Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi mengenai bagaimana cara mendaftarkan diri di platform UC News, menulis artikel bersama dengan penulis lainnya, dan yang terakhir untung-rugi dari mengikuti program ini.

Mendaftar di platform UC News

Banyak keluhan, UC News semakin selektif dalam menyaring penulis-penulis baru yang mendaftar. Tapi jangan kecil hati, hal ini bukan karena selektifnya UC News, tapi lebih kepada semakin banyaknya penulis yang bergabung di platform ini. Nanti selektifnya kalau sudah diterima, hehe.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News
  • Jika sudah masuk ke laman pendaftaran, silakan cari tombol DAFTAR di kolom seperti ini.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News
  • Setelah itu, laman yang berisi formulir pendaftaran akan dibuka. Isi sesuai dengan data sebenarnya. Nah, sebaiknya tulis kode undangan agar bisa mendapatkan bonus Rp.60.000,- yang dimasukkan ke saldo monetisasi. Ini kode undangan saya: 8c9682.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News
  • Sebelum mengakhiri form pendaftaran ini, masukkan kode verifikasi yang berwarna biru ke dalam kolom di sebelah kirinya. Terakhir, ceklis 'Saya telah membaca dan menerima Persyaratan dan Ketentuan'. Dan klik KIRIM.
  • Di tab browser yang lain, silakan buka email yang tadi digunakan untuk pendaftaran. Pertama ada email yang memberitahukan bahwa akun sedang ditinjau. Kemudian jika tinjauan itu sudah selesai, dan diterima, akun UC News sudah bisa digunakan.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News


Cara Mendaftar dan Menulis di UC News


Membuat tulisan di UC News

UC News sebenarnya mengharapkan setiap penulis punya spesialisasi tulisan. Katakanlah semacam niche yang wajib dimiliki. Hanya saja, UC News pun sering tidak konsisten atas anjurannya sendiri. Sebab seringkali UC News mengajak setiap penulis untuk ikut serta dalam lomba-lomba dalam rangka meramaikan kegiatan tertentu. Misalnya seperti Pilkada DKI.

Pada akhirnya niche jadi tidak penting bagi sebagian penulis. Sehingga kadang-kadang yang dikejar adalah konten-konten yang sedang viral maupun yang bakal hits, dan mendapatkan rekomendasi dari UC untuk dimunculkan sebagai notifikasi di ponsel pengguna. Dan disinilah seninya. Tapi sebelum itu, mari berkenalan dengan teknik mengirim tulisan di UC News.
  • Pertama silakan login atau masuk dengan akun UC News yang sudah dibuat. Nanti akan diarahkan ke laman utama akun masing-masing yang beralamat disini https://wm.ucweb.com/dashboard/home.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News

  • Disamping foto profil akun kita, ada tulisan TULIS ARTIKEL berwarna putih dengan tombol berwarna kuning khas UC News. Klik tombol kuning ini dan kita akan diarahkan menuju dasbor kiriman artikel. Kalau untuk pertama kali, dasbor ini pasti masih kosong dari tulisan. Klik lagi Tulis Artikel dan silakan mulai menulis. Kemudian jangan lupa SIMPAN dulu agar jadi draft, dan jika sudah yakin untuk diterbitkan, klik TERBITKAN.
Cara Mendaftar dan Menulis di UC News


Ada beberapa aturan yang mesti dipatuhi oleh penulis agar tulisannya bisa dimuat UC News. Pertama dan paling utama, tidak boleh melakukan plagiat tulisan orang. Kedua, setiap tulisan dan gambar wajib dicantumkan sumber berupa link mati. Dan ketiga, buatlah judul yang memancing rasa penasaran calon pembaca, dan buatlah konten semenarik mungkin.

Konten-konten yang sedang viral, hits, dan trending serta disajikan dengan judul yang memancing pembaca untuk melakukan klik, biasanya akan cepat diterbitkan dan mendapat rekomendasi. Tak ada waktu yang pasti bagi terbitnya artikel ini. Ada yang 5 menit, 10 menit bahkan kadang-kadang setengah hari baru bisa terbit.

Nah sekarang kita beralih ke untung dan ruginya menjadi penulis di UC News.

Keuntungan

Monetisasi menjadi pemicu banyaknya pendaftar platform UC News dari berbagai blogger maupun non-blogger di Indonesia. Ketika artikelnya punya view yang cukup banyak, misalnya sehari bisa mencapai ratusan ribu, maka pada hari Rabu, dimana hitungan monetisasi akan diberikan, saldo penghasilan akan meningkat drastis. Ada yang mencapai $50 per minggunya.

Jika dihitung-hitung dengan penghasilan ngeblog, jarang yang bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu dari menulis di blognya masing-masing. Oleh karenanya, menjadi penulis di UC News memang menggiurkan.

Jika saja setiap minggunya sebesar $50maka penulis UC News bisa gajian setiap bulan. Sebab setiap $100 bisa dilakukan penarikan penghasilan ke rekening bank, dan $50 bisa ditarik ke akun Payoneer. Dan penarikan hanya bisa dilakukan tanggal 26 - 28 setiap bulan. Banyak kisah sukses yang menyertai hadirnya platform UC News di Indonesia.




Kerugian

Ada untung ada pula rugi, dua sisi yang selalu ada dalam kehidupan. Dan setelah keuntungannya perihal monetisasi, maka kerugiannya pun sama tentang monetisasi juga. Untuk yang pernah mengikuti platform penulisan semacam ini, maka setiap kali tulisan tersebut diterbitkan maka saldonya akan naik. One post one pay.

UC News tidak begitu. Platformnya mirip kita ngeblog sebagaimana biasa. Penghasilan sering dihitung dengan tayangan yang didapatkan per artikel, tapi UC News pun tak transparan dalam hal ini. Misalnya artikel kita performanya 1000 tayangan, namun dalam angka tersebut tak pasti berapa dollar saldo kita akan meningkat. Ya, tidak pasti.

Namun diluar untung dan rugi mengikuti program dari UC News, pilihan untuk bergabung tetap berada di tangan kita. Ada banyak yang serius dan belajar terus menerus meningkatkan dirinya, ia pun akan mendapatkan rejeki sesuai dengan usahanya. Pun ada yang hanya main-main, ia pun akan mendapatkan apa yang diupayakannya. Hasil tak akan mengkhianati proses.

Lalu, yuk action, daftar disini: http://tz.ucweb.com/6_16H2h

Kalau mau tanya-tanya dulu, boleh via komentar di bawah ya...

61 comments

Gw udah daftar bang, tapi blm diterima aja ya. Biasanya emang brp hari?

cara mendaftar UC News gak beda sama platform yang lain. cm kabar'y dari cina ya? udah ada kantor'y belum di Indonesia nih gan?

sabar :) soalnya tak tentu juga

kayanya udah ada kantor perwakilan

Beda pribadi dengan organisasi pada tipe akun apa Gan ?

Kalau pribadi perorangan, pakenya posting kayak kita ngeblog aja. Tapi kalo organisasi modelnya kayak akun UC News media-media besar, postingnya pake RSS news feed. Nanti beda di monetisasi.

Saya belum tau hasilnya besar mana, tapi kayaknya yg organisasi. Sebab daftarnya lebih rumit.

maksud dari link mati itu gimana ya bang
'setiap tulisan dan gambar wajib dicantumkan sumber berupa link mati'

sekarang UC tidak mengijinkan ada link hidup di artikel milik para penulis. Maksudnya link mati itu cuma tulisan doang, misal www.doel.web.id yang kalau di klik tidak memiliki efek apapun.

Bang itu narik duitnya bisa gak kalo gak pake rekening,langsung diambil gituh dikirim ama dianya ke bank. Terus payooner itu apaan?

Gak bisa mas. Mekanisme pembayarannya cuma pake rekening bank sama payoneer. Payoneer ini sejenis fasilitas pembayaran online.

'setiap tulisan dan gambar wajib dicantumkan sumber berupa link mati'

mas boleh terangkan gak dengan lebih lanjut tentang di atas,tulisan dan gambar wajib di cantumkan itu gimana ya. .saya kurang ngerti mas

Sumber tulisan dan gambar wajib disertakan, tapi sumbernya bukan link hidup.

Tentunya ini bisa untuk menyalurkan hobi menulis seseorang sekaligus juga bisa berpenghasilan ya bang. Mantap ulasannya, sangat lengkap bang doel :)

Siap, hayuk daftar mas :)

gan kalau yang pernah pengalaman nt dari viewer seminggu itu menghasilkan berapa gan ?

Waduh nggak tentu banget, kadang view bagus earning jelek, view jelek eh malah earning bagus. Waktu awal-awal sih seminggunya bisa $20 lebih. Sekarang kayaknya UC News mau fokus ke Super1000.

seminggu $20 itu sampe ratusan ribu ga viewer nya gan ? sorry nih banyak nanya kan nt lebih berpengalaman wkwk

waktu awal-awal sih puluhan ribu udah $20, sekarang akun lama view-nya seret, tapi awet. Soalnya dibandingkan dengan akun yg baru, view melejit, tapi pada kena banned.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kalo misalkan nulis artikel jalannya pertandingan sepakbola yg sy nonton live di stadin. Sumbernya ane nulis gmna dong

Artikel hasil pengamatan sendiri jarang lolos sih gan. Kata yang pernah nulis sih gitu. Soalnya untuk penulisan artikel tanpa sumber, mesti dilakukan oleh akun UC News media massa.

emang penarikan saldo lama ya gan?
terus monetasi di hitung per hari rabu ya bang ?

Kalau sudah $100 bisa ditarik lewat rekening Bank, $50 lewat Payoneer.
Penarikan setiap tanggal 26-28 tiap bulannya.
Lama atau sebentarnya ya tergantung earning, mas Ervin.

Ya, earning dihitung setiap hari Rabu.

wah , terimakasih bang doel atas informasi nya , sangat membantu sekali

"Mohon maaf, adanya referensi di dalam artikel disarankan untuk ditambahkan agar artikel lebih informatif dan faktual. Beberapa saran pencantuman sumber sebagai berikut: 1. Sumber yang diperoleh harus spesifik, sumber seperti google.com, facebook.com, tidak disarankan. Namun, penambahan informasi spesifik seperti: facebook.com/ucnews sangat dianjurkan 2. Sumber utama tulisan bukan dari Wikipedia. 3. Lebih dari 1 sumber tulisan sangat dianjurkan agar artikel semakin kaya informasi."

mohon pencerahnnya gan itu mksdnya apa saya pengguna baru

Hai Lutfiah,
Setiap artikel apapun di UC mesti menyertakan sumber:
1. Misalnya: Sebagaimana dikutip dari Kompas.com (24/05/2017) dan seterusnya... kemudian tautan Kompas.com secara lengkap ditulis di bawah artikel.
2. Sumber gambar mesti ditulis dengan lengkap. Misalnya: facebook.com/ucnews.
3. UC News melarang sumber dari Wikipedia.
4. Lebih banyak sumber, lebih baik.

Bang udh dftar, udah kirim 3 artikel, dan wktu penarikan dana ada disuruh isi kelengkapan informasi dasar, disuruh upload sim/stnk/paspor tp gak bisa2 di upload tulisannya kesalahan jaringan terus, itu knpa ya mas?.

Hallo Syadikagusta,
Mungkin jaringan internetnya lambat, atau server UC News sedang sibuk. Coba lagi nanti.

gan kalo bank alamat itu di isinya alamat bank terdekat ya atau bagaimana?
terus kalo kode swift itu apa ya?

Sesuai buku rekening aja, kalo kode SWIFT itu kurang lebih kode yang dimiliki bank untuk transaksi internasional. Misal BRI kode SWIFT-nya BRINIDJAxxx

Bang doel udh pernah PO belum ?

Gan di chapta nya kok gak lolos2 yah?

Mohon solusinya gan!!!!

Mohon solusinya gan!!!!

Coba lagi pas malam hari, biasanya gangguan server.

GAN MAU TANYA KENAPA SAYA WAKTU MAU VERIFIKASI E MAIL SAYA SELALU EXPIRED? PADAHAL BELUM 30 MENIT KALAU SAYA KEMBALI SAYA KIRIM ULANG LAGI JUGA EXPIRED LAGI
ITU KENAPA GAN?

wah nggak tahu, mas. baru tahu kayak gitu. coba lagi aja, mungkin lagi gangguan.

bang ane mau tanya,gimana cara melakukan penarikan penghasilan melalui payoneer? mohon bantuannya

PO.nya abang pkek apa? payoneer or bank lokal

Sekedar blogwalking gan



kumpulan tugas tugas sekolah materi dan rangkuman pelajaran >> www.pateron.blogspot.com

apakah di izinkan menggunakan artikel dari sumber tertentu bang doel?

boleh saja, asal dilakukan rewrite.

saya ingin bertanya jika saya menulis artikel dengan berbagai sumber, namun sumbernya bukan seperti kompas maupun tribun namun sumbernya itu dari blog orang lain yang saya tulis ulang menggunakan kata " saya, apakah itu diperbolehkan dan bagaimana contoh menyertakan sumbernya jika menggunakan blog seseorang?

Baca aja di panduan menulis sumber UC News, udah jelas banget. Tulis, sertakan sumber, kalau ditolak tinggal revisi aja.

Bang sayang sedih masa yang liat 73 ribu viewer cuman dapet $1,33

umur akun udah berapa lama?

Bang doel syarat jdi penulis harus punya blog juga bukan mhon infonya?

Jadi penulis UC News nggak harus punya blog.

Oke bang doel maksh infonya

Bang udh trdftar emailnya udh dpt pesan Anda dapat masuk dan mulai menulis artikel Anda di sini, ko almtnya mlah mau login dftr lagi itu gmn bang?

Ya tinggal pilih login mas, jangan pilih daftar

Mau tanya,Bang.bagaimana kalau tulisannya tidak bersifat berita tapi lebih bersifat opini

saya pendatang yang bnr2 masih awam.punya blog juga baru itungan hari hehehe...

Yang penting sesuai dengan aturan penulisan UC News

Bang Dul Saat kita mengisi informasi akun disitu ada kolom laman web/blog jika kita tidak memiliki blog, lantas kolom itu dikosongkan saja atau bagaimana? kemudian nama akun apakah harus disesuaikan dengan niche tulisan kita?

Nama akun bebas, kolom blog bisa dikosongkan.

Mw nanya bang... Yang dimaksud kode email di formt pndftaran itu apa ya?

Maksudnya kode email gimana?

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR KAMU


EmoticonEmoticon