25 Juli 2017

Aplikasi Ular Melata di Ponsel Yang Kekinian

Ketika 'klik like, share dan ketik amiin agar masuk surga' sudah redup pamornya, tangan-tangan iseng tak pernah lelah untuk mencari mangsa. Kali ini berbekal sebuah aplikasi android, Facebook dibuat cukup riuh dengan modus pendulang like bergaya baru.

"Ketik #ULAR di komentar, untuk memunculkan ular sanca di Facebook kamu," demikian salah satu status di Facebook. Postingan itu pun terselip satu gambar dan sebuah video yang menggambarkan bahwa memang benar ada ular yang melata di layar ponselnya. Sementara layar ponsel itu masih menyala dan aktif seperti biasa, seolah tak terganggu dengan keberadaan ular, yang tentu saja animasi itu.


Dan bisa ditebak, di kolom komentar kemudian bersahut-sahutan komentar '#ULAR' dari ratusan pengguna Facebook. Jumlah like dan share pun luar biasa. Tapi apa yang kemudaian didapat? Ya nggak ada sama sekali meski kata #ULAR itu ditulis ribuan kali dan dishare ratusan kali pun. Sebab Facebook tak pernah memunculkan aplikasi keluar ular di layar, hanya dengan mengetikkan sebuah kata di kolom komentar seseorang.



Ya, postingan semacam itu HOAX.

Tapi tunggu dulu, hoax tersebut hanya berlaku untuk postingannya saja, sementara untuk ular yang melata di layar ponsel itu memang nyata adanya. Ular tersebut merupakan aplikasi ponsel Android yang bisa diunduh di Play Store milik Google.

Bahkan kalau memakai fitur pencarian Play Store, kemudian mengetikkan 'snake on phone screen' maka muncul banyak aplikasi sejenis. Dan tak cuma ular saja, ada tikus, serangga, hingga kupu-kupu. Teknisnya sama, binatang-binatang tersebut bakal muncul di layar ponsel kita.

Saya mencoba salah satu aplikasi, yakni Snake on Screen hissing joke dari Just4Fun. Aplikasi yang lain pun bisa saja, seperti Snake on Screen Joke dari Eijoy Entertainment. Pilih saja yang kira-kira sesuai dengan apa yang dimaksud. Cara instalasinya pun sama saja dengan aplikasi yang lain. Bahkan untuk memainkan aplikasinya pun tergolong sederhana.

Patut dicatat, saya menginstal aplikasi Snake on Screen hissing joke dari Just4Fun, sehingga jika anda memasang aplikasi yang lain ada kemungkinan berbeda. Di aplikasi ini, untuk memunculkan ular, tinggal klik Show Snake yang ada di bagian atas tampilan aplikasi ini. Tunggu sejenak, maka akan muncul ular dari bawah, atau atas layar ponsel anda. Ular ini tak mengganggu sama sekali aktivitas bermain ponsel anda, cuma rayapannya yang panjang disertai bunyi desis memang agak mengganggu buat yang lumayan takut dengan ular.

Untuk mengatur besar ular dan jeda kemunculannya, silakan masuk ke menu pengaturan. Patut dicatat, aplikasi ini memang bertujuan untuk prank, dan tidak disarankan untuk digunakan kepada mereka yang phobia parah terhadap ular. Sebab ada tiga kemungkinan, pertama ia menjerit ketakutan, kedua ponsel kamu dibanting dan pecah, dan ketiga dua-duanya terjadi. Pilih mana?

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

mendingan nggak usah mas hehe... yang dibahas bukan aplikasinya juga sih, tapi hoaxnya.


EmoticonEmoticon