15 September 2017

Pengen Beli iPhone X Tapi Kemahalan? Ini Alternatifnya

Apple telah meluncurkan seri iPhone terbarunya. Kalau melihat tren pemberitaan, tampak Apple hanya menerbitkan iPhone X saja. Padahal ada tiga gawai yang diluncurkan dari markas Apple pada Rabu (13/9) kemarin ini, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.


Ya, iPhone X menyita perhatian tersebab ia menjadi gawai unggulan yang diproduksi pula secara spesial. Ia menandai sepuluh tahun kehadiran iPhone sejak dibuat pertama kali pada 29 Juni 2007. Sehingga spesifikasi dan kecanggihan yang dibenamkan oleh Apple pada iPhone X begitu menggoda.

Sayangnya, harganya terlampau tinggi buat orang yang bukan fans fanatik Apple. Sebab untuk mendapatkan ponsel ini, anda mesti merogoh kocek sebesar $999 atau sekitar Rp.13 juta. Iya, harganya hampir setara dengan motor matic yang biasa dipakai ibu-ibu di pasar.


Baca juga:

Maka alangkah lebih baik jika anda mencari alternatif pengganti jika memang sudah terlanjur jatuh cinta dengan karakteristik yang dipunyai iPhone X ini, namun koceknya tak mencukupi. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi pertimbangan untuk mencari alternatif, yakni hardware-nya setara, sama-sama tanpa bingkai alias bezel-less, dan harganya lebih rendah dari iPhone X. Berikut beberapa diantaranya:

1. Samsung Galaxy S8+


Ada Samsung Galaxy S8+ yang mewakili alternatif dari iPhone X. Sebab ya memang ponsel inilah yang bisa menjadi penantang serius ketika siapapun mencoba untuk membanding-bandingkan iPhone X dengan ponsel dari pabrikan lainnya.

Spesifikasi S8+ yang bisa menjadikannya alternatif tentu karena chipset octa-core dari Qualcomm Snapdragon 835 yang dimilikinya. Bahkan jika diadu lebar layar, S8+ tentu lebih jago karena dengan 6,2 inci layar S8+ lebih lebar.

S8+ juga punya dua tipe ponsel kalau dilihat dari RAM dan ROM-nya. Pilihannya ada yang RAM 4GB dengan ROM 64GB, ada pula yang RAM 6GB dengan ROM 128GB. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp.9,5 jutaan.

2. LG V30+


LG V30+ merupakan penantang selanjutnya terhadap iPhone X. V30+ punya chipset yang serupa dengan S8+, yakni Qualcomm Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz. Layar V30+ dibekali dengan P-OLED dengan lebar 6 inci.

Sayangnya, V30+ belum dipasarkan di Indonesia, sehingga harganya belum bisa disesuaikan dengan pasaran tanah air. Namun pasca dirilis di ajang IFA Berlin 2017, LG V30+ kemudian dibanderol dengan harga KRW 998.800 atau setara dengan $880 atau jika dirupiahkan maka kocek yang perlu dirogoh sebesar Rp.11,6 juta. Ya masih lebih murah daripada iPhone X.

3. Xiaomi Mi Mix 2


Tanda pagar #mendingXiaomi bertambah menggema semenjak ponsel flagship ini keluar. Sebabnya jelas, dengan spesifikasi yang mumpuni di kelas flagship, seperti Snapdragon 835, RAM 6 GB dan ROM 64 GB, Mi Mix 2 'hanya' dibanderol dengan harga Rp.6 jutaan. Dan versi RAM 8 GB dengan ROM 128 GB, yang merupakan versi tertinggi dengan nama Mi Mix 2 Special Edition dengan body keramik, dibanderol dengan harga Rp.9,5 jutaan.

Namun itu hanya perkiraan harga dari hasil penyesuaian kurs terhadap Yuan. Sebab ponsel ini belum dirilis secara resmi di tanah air. Sabar ya, Mi fans.



Siapa pencipta Android? Sundar Pichai? Big no. Dialah Andy Rubin, sosok yang kini sudah hengkang dari Google dan memilih mendirikan perusahaan rintisan yang diberi nama Essential.

Dan pada bulan Mei 2017, Essential ini merilis sebuah ponsel yang diberi nama Essential Phone. Dengan spesifikasi chipset dari Snapdragon 835, RAM 4 GB, ROM 128 GB, serta layar 5,7 inci, Essential Phone menjadi penantang serius ponsel kelas flagship.

Sayangnya, untuk konsumen Indonesia, ponsel yang dibanderol $699 atau setara dengan Rp.9,2 jutaan ini belum dipasarkan secara resmi.

Itulah keempat ponsel yang bisa menjadi alternatif bagi iPhone X. Ya kalau buat konsumen tanah air, satu-satunya yang bisa menjadi pilihan hanyalah Samsung Galaxy S8+. Namun ponsel yang lain pun bisa didapatkan lewat e-commerce luar negeri. Ya setidaknya anda punya alternatif pilihan selain iPhone X dengan spesifikasi yang nggak beda jauh, dan harga yang jauh lebih rendah.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

5 comments

Harganya semuanya mahal kabeh buat kantong saya, tapi sesuai memang dengan high quality nya

pleaseee bang doel alternative nya mahal mahal juga hahah , menjerit dompet dan tabungan ini hahah

yaah ada apa dengan komentar saya ko ditandai spam? cuma kata kata biasa tanpa embel embel :( :( :(

iya emang alternatifnya segitu. maksudnya kalo iphone x nyampe 14 juta, ponsel2 itu kan gak nyampe 10juta juga.

btw, kalo ada link aktif di komentar bakal ditandai spam otomatis.


EmoticonEmoticon