22 Oktober 2017

Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro, Duo Ponsel Wajib Penggemar Selfie

Ponsel baru Asus dari lini Zenfone 4 hadir lagi di Indonesia. Setelah meluncurkan Asus Zenfone 4 Max Pro sebagai pembuka, kini Asus menawarkan lagi lini yang dibuat khusus untuk seri selfie, Asus Zenfone 4 Selfie dan Asus Zenfone 4 Selfie Pro.

Kalau diperhatikan dengan seksama, Asus (mungkin) telah belajar dari peluncuran seri Zenfone 3 di Bali tahun kemarin. Pasalnya, meski diluncurkan pada satu waktu dan tentu saja melibatkan publikasi yang cukup megah, kenyataannya lini Zenfone 3 masih jauh dari ekspektasi. Sebab hingga kuartal 2 tahun 2017, Asus hanya mendapat market share sebesar 7% dari populasi penjualan smartphone tanah air.

Jadi ibarat perang, pada peluncuran Zenfone 3 itu, Asus mengeluarkan satu armada penuh dalam satu kali serangan. Dan hasilnya ya begitu. Bahkan hingga hari ini, produk flagship lini itu, yakni Asus Zenfone 3 Deluxe yang harganya hampir Rp.11 juta, jarang dibicarakan oleh digital influencer. Apalagi dilihat dari sisi pembelian, 'kan? Ya intinya untuk kelas flagship, Asus belum banyak berbicara dibanding beberapa brand sebelah.


Optimis. Setidaknya kata itulah yang selalu ada di benak setiap pemasar. Optimisme itulah yang mungkin dimiliki pula oleh Davina Larissa Rolos selaku Product Marketing Asus, dan tentu petinggi Asus Indonesia lainnya. Optimisme itulah yang menghantarkan Asus meluncurkan strategi pasar baru dan pada tanggal 25 Oktober 2017 meluncurkan Asus Zenfone 4 Selfie dan Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Seperti apa sih ponselnya?

Zenfone 4 Selfie (ZD553KL)



Ada kata 'selfie' yang menjadi frase tambahan dari Zenfone 4 yang satu ini. Dan tentu saja ini menjadi penanda kalau ponsel ini memang diperuntukkan buat mereka yang gandrung selfie. Iya, swafoto yang mulai marak semenjak era media sosial hadir.

Dilihat dari desain bodinya, lini Asus Zenfone 4 mirip ponsel sebelah yang berasal dari Korea. Pun begitu dengan Asus Zenfone 4 Selfie. Namun perbedaannya langsung tampak ketika wajah ponsel ini dilihat dengan jelas. Ada dua kamera ganda yang berada di dua sudut atasnya.

Dua kamera di depan ini tidak berdekatan, tapi dipasang di kedua sudut dahi ponsel. Kamera pertama berkapasitas 20MP dengan bukaan f/2.0, serta kamera satu lagi 8MP yang berfungsi sebagai lensa wide 120˚. Bagian inilah yang menjadi andalan bagi Zenfone 4 Selfie.

Kalau di bagian belakang, Asus membenamkan kamera sebesar 16MP  dengan bingkai yang mengingatkan kita pada Asus Zenfone Deluxe.

Sementara untuk dapur pacu, Asus memberikan chipset Snapdragon 430 Adreno 505 dengan RAM sebesar 4GB dan memori internal sebesar 64GB. Dapur pacu ini hanya berbeda RAM saja dari Zenfone 4 Max Pro.

Dengan layar 5,5" HD dan baterai 3000mAh, sepertinya ponsel yang satu ini memang tak menunjang ketahanan daya layaknya seri Max. Apalagi, pada beberapa video unboxing, charging-nya pun bakal memakan waktu yang tak sebentar.

Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL)



Pertanyaan mendasar yang pertama kali terlontar, apa sih perbedaan antara ponsel yang ada Pro-nya dengan yang enggak ada? Jawabnya ada pada kamera, chipset, dan layar.

Dengan desain penempatan kamera depan yang berbeda, Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro sudah bisa dibedakan. Dua kamera Zenfone 4 Selfie Pro ditempatkan berdekatan. Mungkin karena kapasitasnya sama, yakni masing-masing 12 MP. Loh, kog lebih kecil?

Tenang saja, kemampuan kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro bakal setara dengan Zenfone Zoom S, yang berarti pula bakal setara jika dibandingkan dengan iPhone 7 Plus. Sebab kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro dibekali dengan sensor flagship yang dibuat Sony, yakni IMX 362.

Sementara kamera belakangnya sama dengan yang dimiliki Zenfone 4 Selfie, yakni 16MP.

Perbedaan selanjutnya terletak pada chipset. Kali ini Asus membenamkan chipset Snapdragon 625 dengan Adreno 506. Chipset ini memungkinkan Zenfone 4 Selfie Pro mampu merekam video dengan kualitas 4K.

Agar tampilan grafisnya bagus, ponsel ini pun dipasangi layar 5,5" Full HD AMOLED. Dan sayangnya, baterai yang diberikan sama dengan saudaranya itu, yakni 3000mAH. Sehingga penggunanya mesti bersiap-siap dengan power bank maupun tak boleh jauh-jauh dari colokan.

Bagaimana rekomendasinya? Jujur, saya sendiri tak begitu suka dengan seri Zenfone Selfie. Sebabnya selain muka saya enggak selfie-able, saya lebih sering menggunakan kamera belakang untuk fitur fotografi ponsel. Namun dengan maraknya foto selfie dan wefie, tentu saja ponsel ini patut dipertimbangkan untuk dibawa pulang ke rumah.

Harganya cukup bersaing, sebab untuk turun di kelas ponsel-ponsel yang menggaungkan perfect selfie maupun selfie expert, harga Rp.3.499.000 untuk Asus Zenfone 4 Selfie dan Rp.4.999.000 untuk Asus Zenfone 4 Selfie Pro terbilang bisa diadu.

Tentu saja, pilihan selalu ada di tangan kita.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon