8 Oktober 2017

Inilah Lima Ponsel dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Banyak orang yang melakukan upgrade ponsel hanya agar kamera ponselnya lebih baik. Oleh sebab itu, tren dua tahun ke belakang ini, pabrikan ponsel ramai-ramai membenamkan kamera nan gahar dengan fitur segudang demi merebut hati calon konsumen.

Slogan 'We Love Photo', 'Perfect Selfie', maupun 'Selfie Expert' dan sejenisnya bertebaran dimana-mana. Semuanya mengklaim diri sebagai penghasil kamera ponsel terbaik di kelas masing-masing. Namun tentu ada standarisasi tentang mana ponsel yang patut dinilai sebagai ponsel dengan kamera bagus, atau ponsel dengan kamera yang biasa-biasa saja.

Kalau performa chipset, grafis, dan tampilan ponsel sering dipercayakan pada AnTuTu Benchmark, maka untuk urusan kamera, banyak pihak memercayakannya pada DxOMark. Perusahaan piranti lunak yang berbasis di Boulogne-Billancourt, Perancis ini memang telah melakukan uji performa sensor, lensa, dan kamera ponsel pada ribuan perangkat. Konsistensinya sejak berdiri pada 2008 menghantarkan DxOMark sebagai perusahaan yang paling dipercaya untuk urusan kamera.


Ada beberapa hal yang diuji oleh DxOMark sebelum menentukan skor pada kamera sebuah ponsel. Dari pencahayaan pada hasil foto hingga bokeh yang dihasilkan. Semuanya diuji hingga menghasilkan skor yang berbeda-beda pada masing-masing kamera ponsel. Skor ini akhirnya memunculkan daftar ponsel dengan kamera-kamera terbaik yang ada di dunia ini. Dan inilah lima besar diantaranya:

5. Google Pixel

Ponsel produksi Google pada 2016 ini mendapatkan skor 90. Dengan spesifikasi kamera belakang 12 MP dengan sensor CMOS dan bukaan f/2.0, serta kamera depan 8 MP bukaan f/2.4. Dengan chipset Snapdragon 835, ponsel ini mampu dibawa ngebut tak cuma perihal komputasi saja, namun soal fotografi pun, menurut DxOMark, sangat mumpuni.

Harga Google Pixel berada di angka USD 650 atau sekitar Rp.8,5 juta.

4. iPhone 8

Ponsel dari Apple yang belum lama dirilis ini langsung menyodok di posisi empat besar, mengungguli Pixel yang membuntuti di bawahnya. Kegaharan kamera iPhone 8 terletak pada sensor BSI yang berada di balik kamera 12 MP dengan bukaan f/1,8.

Saat dites oleh tim DxOMark, iPhone 8 mendapat skor 92, beda 2 poin dari Pixel. Namun meski dirilis pada saat bersamaan, iPhone 8 berada di bawah iPhone 8 Plus yang menempati urutan pertama, meski hanya bertahan beberapa hari saja.

3. Samsung Galaxy Note 8

Ada rasa khawatir tentang nasib suksesor Note 7 ini. Sebab, turun di kelas flagship, mendiang Note 7 telah mempermalukan Samsung sejadi-jadinya, disamping membuat rugi jutaan dollar. Dan Note 8 tentu membawa misi yang cukup berat tersebab kasus baterai dari pendahulunya itu.

Dan untunglah, setelah dirilis beberapa hari, kamera Note 8 langsung menempati posisi ketiga dengan skor yang sama dengan iPhone 8 Plus, yakni 94. Berbekal kamera ganda 12 MP dengan ukuran sensor 1,4 ┬Ám 26 mm piksel dan 1 piksel 52 mm, dan didukung chipset Exynos 8895 (Global) atau Snapdrgaon 835 (AS dan Cina), Note 8 dibanderol Rp.12,9 juta, resmi.

2. iPhone 8 Plus

Ya, sempat menempati posisi puncak meski harus berbagi skor dengan Note 8, iPhone 8 Plus harus rela menempati runner-up daftar ponsel berkamera terbaik. Ponsel besutan Apple ini memang memenuhi hampir semua ekspektasi dari hasil pengujian terkait hasil gambar yang dihasilkan. Kamera ganda yang dibenamkan di belakangnya, yakni 12 MP dengan sensor BSI bukaan f/1,8, dan 12 MP telefoto dengan bukaan f/2,8, membuat segalanya jadi mungkin.

Saat iPhone 8 Plus diuji, DxOMark menganggap ponsel yang dibanderol USD 799 ini sudah memenuhi segala ekspektasi yang diharapkan dari sebuah kamera ponsel. Ya, itu sebelum Pixel 2 hadir yang mengubah segalanya.

1. Google Pixel 2

Inilah pertama kalinya sebuah ponsel menempati skor 98 pada pengujian DxOMark. Dan Google Pixel 2 cukup mengejutkan banyak orang, terutama karena menyingkirkan iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 dengan rentang skor yang terbilang jauh, sebab keduanya merupakan ponsel dengan kamera terbaik.

Kamera Pixel 2 memiliki pencahayaan yang sangat alami, bokeh yang cukup artistik, dan gambar yang sangat tajam. Hasil pemotretan itu dihasilkan dari kamera dengan spesifikasi 12,2 MP dengan bukaan f/1,8 yang dimiliki Pixel 2.

Sebenarnya Pixel 2 hadir bersama Pixel 2 XL, namun di DxoMark ponsel yang berbeda dari sisi layar tersebut tidak dimunculkan. Mungkin karena secara spesifikasi Google Pixel dan Pixel 2 XL tak berbeda.

Itulah kelima ponsel dengan kamera terbaik versi DxOMark. Adakah ponsel kamu di daftar tersebut?

Cek juga videonya:

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

dari semua kategori diatas, semuanya mahaaaal haha

Iya, kagak ada murah-murahnya :)


EmoticonEmoticon