28 Oktober 2016

Inilah Jenis Games Yang Terus Bertahan, Meski Teknologi Pesat Berkembang


Banyak games yang tiba-tiba booming. Meski ada yang bertahan, namun tak sedikit yang tenggelam. Ada yang gagal perlahan, dan banyak pula yang mati cepat. Pasar memang tak bisa ditebak. Dan penikmat games begitu dinamis.

Ada games yang senantiasa terus bertahan. Mereka hanya berubah platform saja. Dari manual dan beralih ke layar digital. Namun pola permainannya hanya itu-itu saja, namun menarik dan acapkali menyuntikkan candu. Jika tak percaya, kamu bisa kunjungi M88 Asia.


Saya sudah mencoba salah satu game-nya, Age of The Gods, yang mempertemukan saya dengan deretan dewa-dewi jaman Yunani Kuno. Menarik, dan saya agak sulit untuk berhenti. Namun yang perlu dicatat adalah game semacam itu senantiasa langgeng, meski telah beralih platform.

Nah, lantas game apa yang bakal bertahan cukup lama seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi?

Melihat dari beberapa kasus, teknologi bak dua sisi mata uang. Ada yang mendongkrak sebuah game dengan begitu tinggi. Ada juga yang karena kehadiran sebuah penemuan teknologi, game tersebut menjadi usang dan ditinggalkan.

Adakah game yang bakal langgeng? Setidaknya ia bakal bertahan beberapa generasi, meski teknologi datang silih berganti. Dan inilah jenis game yang kelak bertahan meski penemuan teknologi terjadi tiap detik.



1. Game Aktivitas Manusia

Kedengarannya cukup konyol ketika kita bercocok tanam maupun memelihara ternak di depan layar komputer maupun smartphone. Tapi pada kenyataannya game yang mengangkat soal ini tak sedikit. Modifikasinya mungkin banyak seiring dengan teknologi yang berkembang. Tapi jenis game yang mengangkat aktivitas keseharian manusia terus bertahan dan mendapat tempat yang cukup hangat di hati penggunanya.

2. Game Olahraga

Kurang adil jika menyamakan game diatas dengan jenis game yang satu ini. Karena game bertemakan olahraga memang menempati ruang tersendiri di bab klasifikasi game. Adapun pembagian olaharaganya memang soal lain, karena dari mulai catur hingga sepakbola, dan dari mulai balap sepeda hingga MotoGP, semuanya masuk klasifikasi ini. Ya, game ini langgeng meski teknologi semakin canggih.

3. Game Judi

Anda bisa menempatkan game ini ke dalam klasifikasi game olahraga. Namun jika alatnya roulette, baik manual dengan kayu maupun di layar smartphone, maka kita pun mesti menempatkannya ke dalam klasifikasi yang lain. Seperti game Age of The Gods diatas. Ia berubah alat dari mesin jackpot menjadi layar digital yang digerakkan prosesor komputer. Dan klasifikasi game judi lah yang paling cocok untuk game yang menempatkan peruntungan kita diatas segalanya seperti ini.

4. Game Militer

Sisi maskulin pria seringkali disalurkan lewat hal-hal yang berbau militer, termasuk soal game. Dari dulu hingga sekarang, game bertemakan tembak-tembakan ala Rambo selalu laris dan mendapat tempat yang cukup bagus.

Dari keempat poin diatas sebenarnya bisa ditarik sebuah kesimpulan soal game apa yang akan bertahan. Dan apakah game yang menangkap monster yang populer belakangan ini masih tetap hits seiring dengan pertama kali ia muncul, ataukah sinarnya terus meredup? Kamu nilai sendiri.

Teknologi memang punya pengaruh yang signifikan dalam dunia game. Namun pada dasarnya, game hanyalah sarana hiburan bagi manusia di alam kenyataan. Dan menilik game yang sukses secara umum, bukan kasuistik, dalam jangka waktu yang cukup lama hanyalah games yang tak jauh-jauh dari kehidupan manusia itu sendiri. Percaya atau tidak? Kamu yang berhak menentukannya.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon