1 Desember 2016

Mau Menghapus Eksistensi Kamu Di Internet? Ini Caranya


Kalau kamu pernah membaca novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye, maka akan ditemukan seorang tokoh antagonis bernama Shinpei. Saya nggak akan membahas novelnya, cuma ada sebuah penjelasan dimana Shinpei ini dicitrakan sebagai sosok yang berada dibalik layar dari kejahatan di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Nah, menariknya buat saya adalah Shinpei, kisah Tere Liye, tidak terlacak oleh Google.

Jika Kamu mengetikkan kata 'Shinpei' dengan ragam frase yang dituduhkan, misalnya 'Shinpei importir ilegal' maka tak ada satupun mesin pencari yang bisa menemukannya. Begitu kira-kira kata Tere Liye. Kabarnya teknologi tersebut merupakan tindakan yang memerlukan kapasitas peretasan tingkat tinggi. Apa iya?

Mungkin iya, kala Tere Liye menulis novel tersebut dan sampai diterbitkan pada 2013 silam. Pada saat tersebut, mungkin menghapus data-data seseorang dari mesin pencarian memang butuh keahlian meretas tingkat tinggi. Tapi kini, meski tak bisa disamakan dengan cara yang ditempuh Shinpei, dan hasilnya tidak pula sehebat Shinpei, setidaknya kamu bisa mencoba melakukannya dengan beberapa klik.

deseat.me tentang menghapus data diri di internet

Pasalnya dua orang pengembang program asal Swedia, Wille Dahlbo dan Linus Unneb├Ąck, telah membuat Deseat.me, yang menawarkan sebuah cara untuk menghapus eksistensi kamu di internet dalam beberapa klik yang sangat mudah.

Kamu akan ditawarkan apakah akan menghapus diri kamu di Google.com, Facebook.com, Twitter.com, dan apapun saja yang terkait dengan data login kamu. Dan caranya pun hanya dengan mengklik tombol 'delete' saja, atau menyimpannya jika kita tak ingin menghapus akun tersebut. Caranya bagaimana?

  1. Pertama kunjungi Deseat.me.
  2. Silakan baca-baca dulu bagaimana cara kerjanya.
  3. Jika sepakat, silakan sign-in with Google.
  4. Kemudian kita akan dialihkan ke halaman otorisasi akun Google.
  5. Setelah itu ada halaman selanjutnya yang terkait dengan akun Google tersebut.
  6. Silakan pilih mana yang mau dihapus.

Eh, sebentar, kog akun Google? Iya, Deseat.me ini baru bisa dijalankan dengan akun Google saja. Misalnya begini, jika akun Google kamu bernama Blogger Gadungan, maka jika seseorang mengetikkan frasa tersebut di mesin pencari, maka Google akan memunculkan hasil pencarian untuk nama Blogger Gadungan yang lainnya, jika ada. Begitu pun jika akun Twitter, Facebook, dan lainnya yang memakai email Google tersebut kamu hapus, maka hasilnya pun sama.

Yang paling perlu menjadi catatan adalah penghapusan lewat Deseat.me ini hanyalah jika akun Google tersebut terkait dengan seluruh identitas kita di internet dalam aplikasi dan layanannya. Tapi kalau nama kamu yang tercatat di luar itu, misalnya karena kamu tercatat sebagai jomblo akut yang memecahkan rekor Indonesia, maka tentu kamu tak bisa menghapusnya dari situs Museum Rekor Indonesia, misalnya.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon