9 November 2016

Mudahnya Mencari Alamat Email Bisnis Orang Lain


Kamu ingin mengajukan proposal atau penawaran ke perusahaan tertentu, tapi nggak tahu harus mengirim kemana? Sementara kontak di layanan email kita hanya terisi alamat yang biasa mengirim pesan otomatis, spam, dan mantan #eh. Selain kita mesti banyak tanya, kepada dek Google atau siapa saja, ternyata ada langkah kecil yang bisa dilakukan.

Oh iya, sebaiknya kita sepakat dulu bahwa email perusahaan yang dimaksud adalah contoh@namaperusahaan.com bukan contoh@gmail.com, meski alamat yang terakhir pun ada perusahaan yang memakainya. Tapi secara umum, alamat email resmi perusahaan, ya memang alamat email yang pertama, yakni contoh@namaperusahaan.com.

Ada langkah kecil yang bisa dilakukan untuk mencari alamat email perusahaan ini. Apakah langkah kecil itu? Apakah kita mesti menjadi peretas, atau meminta data dari NSA? Ternyata tidak. Yang perlu kita siapkan adalah, layanan email Google (Gmail) dan browser Chrome. Untuk browser, bisa juga Safari, tapi sayangnya tidak bisa untuk Microsoft Edge, Opera, Firefox, dan lain-lain.


Asumsi saya pengunjung blog ini kebanyakan memakai Chrome. Hal ini terlihat dari data di Google Analytics. Pemakai Safari hanya sedikit, masih kalah dengan Firefox. Tapi meski begitu, karena ini hanya untuk pengguna Chrome dan Safari, ya pengguna browser lainnya mohon bersabar untuk mendapatkan dukungan layanan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkunjung kesini: https://connect.clearbit.com. Ya betul, Clearbit. Kita akan memakai salah satu layanan dari perusahaan yang berbasis di San Fransisco ini. Sebenarnya sih layanan ini sudah lama ada, tapi barangkali kamu belum tahu.

Setelah itu kita bakal diarahkan ke halaman awal dari salah satu fitur layanan Clearbit, Connect. Persis di tengah tampilan tersebut, ada tombol biru mendatar yang cukup besar dengan tulisan INSTALL CONNECT FOR GMAIL dan icon huruf 'g' yang melambangkan Google. Saya mencoba pakai Firefox, dan tulisan tersebut tidak ada. Hanya ada huruf 'g' saja.

Saya iseng untuk melakukan klik pada tombol biru di Firefox tersebut, dan hasilnya memang nihil. Yang tersisa hanya tulisan Sorry, your browser isn't supported. We currently only support Chrome & Safari. We're working on yours — enter your email below to be notified upon release. Jelas, kan, cuma mendukung Chrome dan Safari saja.

Jadi lebih baik kita kembali lagi ke laman Clearbit yang ada di Chrome beserta tombol birunya. Klik tombol biru yang bertuliskan install tadi, lalu ada munculan kecil di bagian atas yang menjadi penanda pilihan apakah kita akan menambahkan ekstensi atau tidak? Jika iya, maka laman akan mengarahkan kita kepada jendela browser yang baru. Dari sini, kita bakal diarahkan ke akun Gmail kita. Dan silakan lihat di pojok kanan atas tampilan fasilitas Gmail kita, disitu ada tulisan Clearbit beserta logonya.

Untuk lebih jelasnya, silakan rujuk ke video ini:



Pertanyaannya kemudian, apakah ekstensi ini bisa menemukan email apapun? Maksudnya email karyawan perusahaan apapun? Kabar kurang asoynya, ternyata tidak. Connect Clearbit hanya menemukan personal yang pernah berinteraksi dan mempublikasikan emailnya di internet saja. Maksudnya, ketika seseorang memajang di Linkedin secara publik, maka Clearbit mengambilnya.

Intinya sih begini, Clearbit melalui Connect ini bukan pencuri data. Oleh karena itu, silakan cari nama perusahaan besar di negeri ini, katakanlah Kompas. Maka silakan ketik di halaman pencarian Connect Clearbit di Gmail, maka hanya nama-nama yang biasa wara-wiri di media informasi saja yang bisa ditemukan. Selain dari itu, bakal muncul tulisan tidak ditemukan.

Satu lagi, bijaklah dalam menggunakan pencarian Connect ini. Karena kita, pemakai gratisan ini, akan dikenai kuota sebanyak 40 kali pencarian. Jika mau lebih, silakan bayar. Buat yang mau gratis, tapi kuotanya bertambah, silakan ikut saja program referalnya.

Demikian. Tetap bahagia, guys.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon