17 Desember 2016

10 Smartphone Unggulan Yang Bakal Muncul Di 2017


Setahun sekali, produsen smartphone bakal memunculkan jagoannya. Produk unggulan yang biasanya dikenal dengan nama flagship ini akan senantiasa dinanti. Selain bergengsi, smartphone flagship memang bakal dibekali dengan teknologi terbaru baik di ranah software maupun hardware. Nah, di tahun 2017 yang akan hadir kurang dari setengah bulan ini, apa saja kah smartphone yang akan mereka munculkan?

Ada beberapa produsen yang telah resmi mengeluarkan pengumuman tentang produk flagship-nya, namun banyak juga yang hanya baru sebatas rumor saja. Namun yang pasti, hampir semua produsen smartphone telah memberikan informasi perihal produk yang bakal dirilisnya di tahun 2017 nanti. Meski informasi tersebut baru sebatas nama dan tipe smartphone, namun para penggemarnya sudah memiliki imajinasi liar berkenaan dengan smartphone idamannya.


Banyak media yang memperturutkan imajinasi tersebut. Tentu saja, imajinasi ini berdasarkan leaked yang (sengaja?) bocor di internet. Ada yang melakukan kreasi 3 dimensi atas desain smartphone bocoran tersebut, ada juga yang hanya menerka-nerka sesuai dengan langkah-langkah yang diambil oleh produsen tersebut. Namun berdasarkan pengalaman, baik yang hanya menerka-nerka, maupun yang berdasarkan leaked, spesifikasinya tak begitu berbeda dengan smartphone yang dirilis secara resminya.

Berikut ini, saya merangkum dari beberapa informasi mengenai smartphone apa saja yang bakal muncul tahun depan. Semuanya merupakan suksesor dari smartphone yang sudah beredar sebelumnya. Ya, kecuali kasus unik muncul pada tahun 2016, dimana Google membuat smartphone pertamanya. Tahun ini semua yang terangkum disini merupakan suksesor. Yang baru dari mereka tentu saja teknologinya. Yuk, kita simak satu-persatu.

HTC 11



Meski dikabarkan terseok-seok dan akan menjual divisi mobile-nya, HTC Inc. sepertinya tidak mau tertinggal. Dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang akan dihelat pada 26 Februari 2017 mendatang, HTC disebut-sebut bakal meluncurkan pengganti dari HTC 10. Ya, sang suksesor itu sudah punya nama yakni HTC 11 atau HTC Ocean.

HTC 11 menurut kabar yang beredar akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 835, RAM 8GB, daya simpan 256GB, serta layar Quad-HD sebesar 5,5 inci.

LG G6



Sebelumnya, LG G5 telah diluncurkan pada Februari 2016 saat Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. Kini sudah hampir setahun LG G5 mewarnai dinamika dunia smartphone, dan sudah saatnya bagi LG untuk meluncurkan flagship pengganti. Dan menurut kabar yang beredar, LG G6 bakal menjadi suksesornya.

LG G6 kabarnya bakal membuang konsep modularity yang sempat dipakai oleh LG G5. Pendahulunya memang sempat memakai konsep modularity mirip Project Ara Google. Proyek yang kini dihentikan oleh Google itu pun akhirnya (mungkin) tak bakal diikuti oleh LG atas produk terbarunya kelak.

LG G6 tentu saja besar kemungkinannya bakal memiliki layar yang mendukung 4K. Oleh karena itu dukungan prosesor Snapdragon 830, RAM 6GB, dan penyimpanan 32GB akan menghuni dapur pacu dari LG G6. Kita tunggu saja rilis resmi dari flagship milik LG ini yang kabarnya bakal diluncurkan pada 26 Februari 2017 mendatang.

Apple iPhone 8 dan iPhone 8 Plus



Sejak dibuat pertama kali oleh Apple pada 2007, iPhone kini sudah punya 15 jenis. Namun jika dibuat sederhana, iPhone hanya punya tujuh jenis saja. Dan kemungkinan pada tahun 2017 nanti, ada saudara baru yang akan muncul dengan nama iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ya, mereka adalah suksesor dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Dari beberapa rumor gambar yang beredar, kedua iPhone ini bakal memiliki bezel di sisi layar yang sangat tipis. Bahkan bisa disebut dengan bezel-less. Sepertinya ini menjadi pertanda bahwa layar semacam ini akan menjadi tren di 2017. Sehingga, konsekuensinya tombol home secara fisik bakal hilang. Untuk hardware, karena suksesor, kemungkinan yang paling mendekati adalah di pemakaian prosesor yang akan menggunakan prosesor A11.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus kemungkinan bakal dirilis pada September 2017. Masih cukup jauh, jadi siapkan saja dulu budget-nya.

Microsoft Surface Phone



Sistem operasi Microsoft memang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer di seluruh dunia, tapi untuk sistem operasi di smartphone, tampaknya Microsoft meski banyak mengalah kepada Google. Hal yang sama pun menghinggapi smartphone keluaran Microsoft. Karena sistem operasinya menggunakan Windows, smartphone besutan pabrikan yang dimiliki Bill Gates ini kurang familiar, terutama di Indonesia.

Meski begitu, kehadiran Microsoft Surface Phone yang bakal meramaikan pangsa pasar flagship di tahun 2017 patut diperhitungkan. Berbekal layar Quad-HD AMOLED 5,5 inci, RAM 4GB, daya simpan 128GB, kita nantikan saja apakah smartphone yang bakal meluncur pada awal 2017 ini akan disambut dengan meriah?

Samsung Galaxy Note 8



Samsung memang berupaya mati-matian untuk segera move-on dari tragedi yang meluluh-lantakkan namanya. Tragedi meledaknya perangkat Note 7 mesti segera dihapus jejaknya. Untuk itu, pabrikan asal Korea ini segera mengemas dirinya untuk segera menyambut kehadiran sang suksesor baru, yakni Samsung Galaxy Note 8.

Meski fiturnya tak akan banyak berganti, Samsung Galaxy Note 8 bakal memiliki layar quad-HD SuperAMOLED dengan dukungan S-Pen. Fitur-fitur yang lain kemungkinan tak banyak perubahan, meski peningkatan kapasitas hardware tentu saja menjadi keniscayaan. Apakah tragedi yang menimpa Note 7 bakal terulang di Note 8? Kita nantikan saja setidaknya hingga Agustus 2017.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus



Sebelum Samsung Galaxy Note 8 meluncur, sesuai tradisi, Samsung akan mendahuluinya dengan peluncuran Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Betul, ada penggantian kata 'edge' oleh 'plus'. Hal ini kemungkinan Samsung akan meluncurkan dua smartphone yang sama performanya, hanya berbeda ukuran layar saja. S8 bakal punya layar 5,5, inci, sementara S8 Plus bakal lebih besar, yakni 5,7 inci.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus kemungkinan punya desain curve di tepinya, mirip Galaxy S7 Edge. Dan hal yang penting juga, kedua smartphone ini bakal punya peningkatan performa karena didukung oleh dapur pacu kelas wahid. Penasaran? Tunggu saja di bulan Februari 2017.

OnePlus 4



OnePlus 3T memang belum lama diluncurkan. Meski banyak peningkatan dilakukan dibanding OnePlus 3, kedatangan suksesor tersebut sepertinya tidak begitu disambut dengan antusias oleh pengguna OnePlus. Pasalnya, pada April atau Mei 2017 nanti, pabrikan asal China yang juga masih saudaraan dengan Oppo dan Vivo ini bakal meluncurkan OnePlus 4.

Prosesor Snapdragon 835, RAM 8GB, dengan dukungan layar quad-HD 5,5 inci akan menjadi salah satu daya tarik dari OnePlus 4.

Sony Xperia Z6



Sony memang tak mengumumkan bakal ada suksesor dari Sony Xperia Z5 pada MWC 2016 lalu. Namun hal ini bukan berarti pabrikan asal Tokyo ini tak memikirkan penerusnya sama sekali. Bahkan sejak Agustus 2016 kemarin, banyak beredar kabar bahwa penerus Xperia Z5 ini bakal hadir.

Suksesor Xperia Z5 ini kemungkinan bakal disebut sebagai Xperia XR. Gambar yang diklaim sebagai bocorannya telah banyak beredar di internet. Namun seperti biasanya, spesifikasi yang dimiliki pun masih berupa perkiraan terdekat. Kabarnya, dapur pacunya bakal dihuni oleh prosesor Snapdragon 820 dengan RAM 3GB. Dan yang paling menarik dari smartphone keluaran Sony adalah kameranya. Untuk itulah, layak kita tunggu, kamera sebagus apa yang diberikan Sony pada Xperia penerus Z5 ini.

Itulah 10 smartphone unggulan yang bakal muncul di 2017. Meski baru sebatas rumor, namun besar kemungkinan mereka bakal meramaikan pasar smartphone dunia tahun depan. Nah, apakah tertarik meminang salah satunya?

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

1 comments so far

Asik nih nokia mengeluarkan yang baru. Apalagi surface fone juga ada perkembangan dari microsoft. Penasaran kalau udah diluncurkan.

Makasih infonya.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon