17 Januari 2017

10 Smartphone Dengan Skor AnTuTu Paling Besar Pada 2016


AnTuTu telah merilis sebuah hasil yang menarik sebagaimana biasanya. Ya, perusahaan perangkat lunak asal Cina ini telah merilis daftar smartphone yang memegang skor tertinggi pada tahun 2016 lalu.

Dalam situs resminya, AnTuTu telah mengunggah daftar sepuluh teratas dari smartphone yang pernah dirilis pada tahun yang sama. Artinya, beberapa smartphone baru yang dirilis pada awal tahun 2017 ini belum masuk daftar.



AnTuTu memang membuat semacam disclaimer atau sanggahan bahwa daftar yang mereka rilis boleh jadi tidak mencerminkan kenyataan sebenarnya. Karena bisa jadi smartphone yang masuk dalam daftar tersebut memiliki kondisi yang berbeda ketika digunakan. Hanya saja, daftar ini dihasilkan dari skor rata-rata yang diperoleh dari hasil pengujian pengguna terhadap smartphone-nya masing-masing, tentu saja dengan memakai AnTuTu Benchmark.

Klasemen Benchmark 2016

Daftar ini tidak menghasilkan kejutan yang berarti. Sebab di pucuk klasemen skor dari lintas perangkat sistem operasi, Apple iPhone 7 Plus bertengger dengan mantap. Ini tentu bukan kejutan, 'kan? Sebab banyak orang memang memprediksi hal ini. Karena dengan prosesor A10 yang diembannya, smartphone ini layak memimpin klasemen dengan skor rata-rata yakni 181.316. Menyusul di bawahnya pun ada saudara muda yang dibuat dengan layar lebih kecil, yakni iPhone 7 dengan skor 172,001.

Posisi ketiga ditempati oleh pengganti dari OnePlus 3 yang dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 821 SoC, yakni OnePlus 3T. Smartphone asal Cina dengan layar 5,5 inci dan kamera 16 MP ini mendapatkan skor AnTuTu rata-rata 163,013. Sementara menempel ketat di bawahnya ada LeEco Le Pro3 dengan skor AnTuTu sebesar 159,911. Wajar jika smartphone yang juga asal Cina ini menempati posisi keempat, sebab selain sama-sama berprosesor Snapdragon 821, LeEco LePro3 pun punya RAM 4GB yang membuatnya mampu diajak ngebut.

Moto Z kemudian menyusul dengan skor AnTuTu 148,820. Smartphone dengan prosesor Snapdragon 820, dan RAM 4GB terbitan Motorola yang sudah berada di bawah Lenovo ini memang cukup beralasan. Sebab ia telah mendepak beberapa nama besar yang telah masyhur di kalangan pecinta gadget, seperti Xiaomi, Asus, bahkan Google.

Untuk lebih jelasnya, simak saja sepuluh smartphone dengan rata-rata AnTuTu Benchmark yang terbaik.


Khusus smartphone Android dan iOS, AnTuTu membuat daftarnya sendiri. Ini dia kedua daftarnya:



Apa sih sebenarnya yang diukur AnTuTu Benchmark?

Seperti diketahui, AnTuTu memberikan semacam sanggahan bahwa skor yang dicantumkannya memberikan garansi bahwa pengguna akan memiliki pengalaman yang sama. Sebab, pengukuran AnTuTu akan memberi manfaat ketika angka yang diterakan digunakan untuk membandingkan dua smartphone atau lebih. Sementara untuk smartphone yang sama, lebih baik diukur dari sisi komponen dalam perangkat tersebut.

Ada lima hal yang akan diukur dari sebuah smartphone dalam pengukuran AnTuTu. Kita bisa memulainya dari user interface (UX) atau tampilan pengguna, kemudian RAM, prosesor, grafis, dan input/output (IO).

Meski menjadi referensi bagi banyak pengguna smartphone, AnTuTu pada kenyataannya bukanlah satu-satunya alat untuk mengukur performa sebuah perangkat. Ada Quadrant, NenaMark, dan Rightway Browsermark. Tapi mengingat mayoritas orang lebih banyak yang memakai AnTuTu, ya tidak salah jika software asal Cina ini tetap menjadi referensi.

Sumber: AnTuTu

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon