15 Januari 2017

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Nissan X-Trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman merupakan mobil produksi Nissan yang telah hadir sejak 2000 silam. Generasi pertama mobil Nissan X-Trail dikenalkan pada ajang Paris Motor Show pada tahun yang sama, yang saat itu masih menggunakan platform FF-S Nissan. Mobil Nissan X-Trail kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 2003 dengan dua tipe mesin bensin 4 silinder segaris, yakni 2.0 L QR20DE dan 2.5 L QR25DE.

Nissan X-Trail yang saat ini kita lihat di dealer-dealer merupakan Nissan X-Trail generasi ketiga. Mobil tersebut telah melewati fase kedua yang cukup sukses memakai platform C Nissan, dengan dua pilihan mesin bensin, yakni 2.0 L MR20DE dan 2.5 L QR25DE. Nah, mobil Nissan generasi ketiga ini dikenalkan ke publik saat Frankfurt Motor Show pada 2013, Tokyo Motor Show 2013, dan Geneva Motor Show 2014. Apa keistimewaan mobil Nissan X-Trail generasi ketiga ini?

Nissan, sebagai pabrikan asal Jepang yang biasanya dikenal dengan inovasi-inovasinya yang menawan, tentu melihat kondisi pasar mobil di Indonesia yang butuh mobil yang tangguh dan nyaman.

Mobil yang tangguh dibutuhkan sebab kontur medan jalan di Indonesia kurang bisa ditebak. Jika sedang beruntung, maka kontur jalan yang memang bagus sepanjang perjalanan. Namun kalau tidak beruntung, maka medan yang terjal mesti dilalui dengan hati kesal. Untuk itu, daripada untung-untungan Nissan pun menghadirkan mobil sport utility vehicle (SUV) yang tangguh dan nyaman: Nissan X-Trail.

Nissan X-Trail generasi ketiga memang cukup banyak berubah, terutama dari segi tampilan. Untuk memudahkan perincian, marilah kita intip jenis Nissan X-Trail ini satu-persatu.

All New Nissan X-Trail

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
All New Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Mobil All New Nissan X-Trail merupakan mobil SUV kelas menengah. Mobil yang memang diperuntukkan buat aktivitas yang membutuhkan performa mesin yang tangguh sekaligus ruang kabin yang aman ini pun masih terbagi menjadi tiga jenis. All New Nissan X-Trail terbagi menjadi tiga jenis mobil lagi, dimana pengguna bisa menyesuaikan mobil mana yang nanti sesuai dengan kebutuhannya.

All New Nissan X-Trail terdiri dari All New Nissan X-Trail 2.0 MT, 2.0 CVT, dan 2.5 CVT. Hal yang paling membedakan dari ketiganya adalah tipe mesin dan transimisi. Namun untuk X-Trail 2.0 MT dan 2.0 CVT menggunakan tipe mesin yang sama, yakni MR20DD 2.0 L DOHC 16 Valve, sementara 2.5 CVT menggunakan tipe mesin QR25DE 2.5 L DOHC 16 Valve. Untuk transmisi, hanya tipe 2.0 MT yang menggunakan transmisi manual 6 kecepatan, sementara 2.0 CVT dan 2.5 CVT sudah memakai XTRONIC CVT dengan mode manual.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, sesuai dengan tipe X-Trail yang diinginkan. Untuk All New Nissan X-Trail 2.0 MT, Nissan membanderol mulai dari Rp.395.000.000,00, kemudian 2.0 CVT diberi banderol Rp.419.600.000,00, dan 2.5 CVT pun dihargai Rp.451.800.000,00.

Nissan X-Trail X-Tremer

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Nissan X-Tremer, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Mobil Nissan X-Trail jenis ini memakai tipe mesin yang hampir sama dengan All New Nissan X-Trail 2.5 CVT, yakni QR25DE 2.5 L DOHC 16 Valve dengan dual CVTCS. Bahkan ya memang Nissan X-Trail X-Tremer dan All New Nissan X-Trail 2.5 CVT adalah dua mobil yang sama. Namun X-Tremer dilabeli dengan X-Trail edisi terbatas. Ya limited edition, sebab Nissan memang tak banyak membuat aksesoris yang sama untuk tipe X-Trail yang lainnya.

Perbedaan keduanya terletak pada aksesoris yang dibenamkan Nissan di body X-Trail X-Tremer. Nissan memberikan penambahan body kit, scuff plate, front under garnish, rear under garnish, dan side garnish. Dan di sisi interior, ada tambahan sebuah layar sentuh HD berukuran 10,1 inci. Pokoknya Nissan X-Trail X-Treme dibuat khusus untuk kamu yang lebih berjiwa petualang. Soalnya tambahan-tambahan yang diberikan tadi, memang dibuat khusus untuk para pehobi ke alam bebas. Meski sebenarnya, dipakai sehari-hari pun sebenarnya oke saja. Justru menambah kesan garang pemakainya, menurut saya.

Penambahan aksesoris tadi mengakibatkan ada tambahan harga juga yang dibebankan kepada konsumen seharga Rp.15.000.000,00, sehingga harga on the road Nissan X-Trail X-Tremer dibanderol Rp.466.800.000,00.

Nissan X-Trail Hybrid

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Nissan X-Trail Hybrid, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Kalau X-Tremer memakai basis 2.5 CVT, sementara Nissan X-Trail Hybrid memakai basis 2.0 CVT yang memakai mesin MR20DD. Namun sesuai judulnya, X-Trail Hybrid menambahkan fitur hybrid, yang berarti mobil ini menggunakan tambahan motor listrik untuk menggerakkan mesin. Sehingga, selain menghemat bahan bakar, X-Trail Hybrid pun ramah lingkungan.

Perbedaannya pun tak cuma di mesin saja, sebab Nissan memberi tambahan yang membuat X-Trail Hybrid tampil sedikit berbeda dengan X-Trail bermesin bensin. Di bagian eksterior depan, ada desain bumper bawah yang memiliki panel dengan kelir mirip brushed metal. tak hanya itu, di bagian side skirts dan bumper belakang pun diberikan aksesori yang sama, sehingga kesan elegan pun segera terlihat.

Masih di eksterior, Nissan X-Trail Hybrid punya lampu kabut yang punya desain dan dudukan yang berbeda dari X-Trail bensin. Bentuknya horizontal. Dan tentu saja yang paling jelas membedakan adalah tulisan 'Pure Hybrid' yang menghiasi kanan bumper belakang mobil ini. Sekaligus menjadi penanda pula bahwa Nissan X-Trail Hybrid menjadi mobil SUV pertama di Indonesia yang bermesin hybrid.

Dengan mesin hybrid dan beberapa penambahan di eksterior tadi, dasbor, serta penambahan undercover body, muffler cover dan ban low resistance, membuat Nissan X-Trail Hybrid pun melejit soal harganya. Mobil ini dibanderol seharga Rp.625.000.000,00 on the road. Lebih mahal sekitar Rp.150.000.000,00 dari X-Tremer.

Oh iya, di Amerika Serikat, Nissan X-Trail Hybrid ini disebut juga Nissan Rogue Hybrid, loh. Wah keren juga kalau di Indonesia namanya bisa disesuaikan dengan citarasa lokal.

Penutup

Lantas apa yang menjadikan Nissan X-Trail merupakan mobil SUV yang tangguh dan nyaman? Ya, paduan kekuatan mesin dan kenyamanan interior yang membuatnya jadi pilihan untuk menghadapi medan jalan di Indonesia. Medan yang panas, kadang-kadang banyak lubang, ditambah pula dengan jalur yang menantang dan panjang, membuat mobil ini cocok untuk anda miliki. Paduan antara tangguh dan nyaman dalam satu mobil memang mutlak diperlukan untuk menjelajah keindahan Indonesia ini.

Tinggal disesuaikan saja mana dari kelima tipe Nissan X-Trail diatas yang paling sesuai dengan kebutuhan anda sebagai pengguna kendaraan SUV. Sebab ketangguhan kelima tipe tersebut, menurut beberapa situs review otomotif, memang cukup melampaui ekspektasi mobil SUV di kelasnya.

Bahkan sebagai bahan promosi, Nissan di Timur Tengah mengunggah video X-Trail berseluncur di gurun pasir. Meski ada modifikasi di bagian ban, yang diganti dengan rantai mirip tank, namun kekuatan mesin yang membuatnya bertahan di medan yang cukup ganas membuat julukan Nissan X-Trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman memang tak mengada-ada. Mau tahu seperti apa ketangguhannya? Sebagai penutup, yuk silakan disimak video promosinya.


Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

13 comments

Keren tuh Nissan X-Tremer, boleh deh satu hehe

keren banget, kalo punya uangnya beli nissan ini

Mantap gan Nissan X-Trail nya, tapi sayang duitnya mehong :D

Iya bos, Nissan yg ini emang kelas atas

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman yang kuharap bisa ada digarasi mobil saya

semoga jadi kenyataan mas Rijal :)

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman memang keren buat berpetualang, tapi buat dibawa kegiatan sehari-hari pun keren aja. Cuma berapa unit tuh Nissan X-Tremer diproduksi sama Nissan mas?

saya coba cari datanya di berita tentang Nissa nggak nemu bro

Baru nemu bro, kabarnya sih Nissan X-Trail X-Tremer cukup banyak diproduksi. Per bulan bisa 100 unit. Tapi data penjualan belum tahu.

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman memang keren. Semoga menang bro lombanya

wah mobil Nissan X-Trail nya lebih dari setengah milyar... butuh berapa tahun ya biar kebeli ni mobil

tergantung mas gajinya berapa? Kalo 50 juta per bulan sih setahun juga bisa kebeli :)

Tinggalkan jejak komentar, sebab apalah arti perjalanan tanpa ada kenangan... :-)
EmoticonEmoticon