20 Januari 2017

Waspada! Emoji Ini Bisa Mengganggu iPhone Kamu


Secanggih-canggihnya perangkat buatan manusia, tetap saja ia punya sisi lemah. Begitu pun dengan perangkat gadget buatan Apple. Meski laris bak kacang goreng, dan baru saja menyandang perangkat dengan skor AnTuTu tertinggi, iPhone tetaplah punya sisi lemah. Bahkan sisi lemah itu pun sejatinya hanya dipicu oleh hal yang teramat sepele, namun cukup untuk 'membekukan' sistem operasi.
Hal ini terungkap setelah seorang Youtuber dengan nama akun EverythingApplePro mengunggah video dengan judul 'This Text Will CRASH ANY iPhone! 🏳️0🌈'. Ya ada dua emoji yang mengapit angka 0 (nol) menyertai judul video tersebut. Sebab susunan emoji itulah yang kelak membuat sebuah iPhone dengan iOS 10 akan membeku selama kurang lebih satu menit.


Jika beruntung, maka iPhone tersebut bakal kembali lagi seperti semula. Sehingga pesan yang mengandung emoji itu mesti segera dihapus. Namun ada beberapa kasus, sebagaimana dikutip dari MacObserver, iPhone tersebut tetap seperti itu seterusnya. Sehingga pengguna iPhone mesti masuk ke situs ini di Safari browser untuk melakukan restart iMessage.

Ketika masalah itu telah selesai, maka di layar iPhone akan memunculkan pesan 'I have just saved your iPhone bro ;)'. Ya, iPhone-nya telah diselamatkan.

Akar Masalah

Mengapa perangkat yang begitu canggih ini bisa tumbang hanya lewat emoji?

Secara normal, iPhone yang memakai sistem operasi iOS 10 dan diatasnya akan mengubah emoji bendera dan emoji pelangi menjadi emoji bendera pelangi. Emoji ini memang tidak resmi berasal dari iOS sendiri, tapi merupakan hasil penggabungan karakter tersembunyi yang disebut dengan VS16.

Tapi ketika seseorang dengan sengaja atau tidak sengaja menyelipkan angka 0 di tengah kedua emoji tersebut, maka VS16 itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. iOS kemudian tidak bisa membacanya dan mengakibatkan keseluruhan sistem operasi jadi terganggu. Gangguan ini bisa terlihat dengan membekunya layar perangkat.

Jadi buat pemakai iPhone dengan sistem operasi iOS, berhati-hatilah ketika menerima pesan di iMessage ya. Karena hingga saat ini belum ada kabar pembaruan dari Apple terkait temuan yang cukup mengejutkan ini.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon