8 Februari 2017

Cara Mengetahui Akun Facebook Anda Di-Hack Atau Tidak Dengan Mengetik @[4:0] Ternyata...


Beberapa hari ini banyak beredar status yang menyatakan bahwa ada cara untuk mengetahui kalau akun seseorang itu diretas atau tidak. Caranya cukup mudah, katanya. Yakni hanya mengetikkan @[4:0] di kolom komentar. Apabila muncul tulisan Mark Zuckerberg, maka akun Facebook-nya tidak diretas atau di-hack.


Facebook (Sumber: Indian Express)

Sepintas memang cukup masuk akal. Sebab ada banyak orang yang sukses memunculkan nama pembuat Facebook itu, tapi ada juga yang tidak. Tapi pertanyaannya, apakah ini memang benar cara untuk melihat apakah akun Facebook kita sedang di-hack? Lalu mengapa ada orang yang berhasil, dan mengapa banyak juga yang tidak berhasil memunculkan nama nan kondang tersebut?


Jadi begini penjelasan singkatnya. Orang yang berhasil memunculkan nama 'Mark Zuckerberg' di kolom komentar adalah mereka yang menggunakan Facebook Mobile, entah memakai aplikasi, atau memakai peramban internet dengan alamat m.facebook.com, bukan www.facebook.com. Tapi buat pemakai Facebook Mobile ini, cobalah alih-alih mengetikkan @[4:0] dan memunculkan nama pendiri Facebook itu, ganti saja dengan angka 5, jadi @[5:0]. Maka kasih saya uang jika yang muncul adalah nama Chris Hughes. Atau ganti dengan angka 6, sehingga muncul nama Dustin Moskovitz. Kenapa demikian?

Nama-nama itu merupakan founder Facebook. Mereka adalah tiga orang pertama yang memakai Facebook, dengan ID berurutan dari 4 hingga 6. Sebenarnya hal ini tinggal cari di Google saja dengan kata kunci '10 orang pemilik akun Facebook pertama'. Dan disana ada keterangan kalau ID angka 1 hingga 3 dimiliki oleh akun bot, yang digunakan untuk uji coba teknis sebelum Facebook dipublikasikan.

Nah, kalau sudah tahu angka-angka tersebut merupakan ID sebuah akun profil pribadi maupun Fanpage, maka kode itu pun bisa dimodifikasi sesuai selera. Ada yang nanti muncul misalnya 'Dolan Meng Indramayu', caranya ketik @[172449012954025:0] di kolom komentar siapapun, asal pakai Facebook Mobile.

Angka 172449012954025 itu diambil dari ID fanpage Dolan Meng Indramayu diatas. Caranya bisa diambil dari URL halaman tersebut, ataupun berkunjung ke findmyfbid.in dan masukkan URL halaman ataupun akun pribadi. Kamu pun bisa memodifikasinya dengan akun sendiri.

Jadi untuk mengetahui apakah akun Facebook kita di-hack atau tidak, caranya bukan dengan mengetikkan @[4:0] itu. Sebab itu memang fitur tagging yang pernah dipakai Facebook. Tapi karena ada fitur tagging yang lebih mudah, kode ID itu ditinggalkan dan hanya dipakai untuk mengoneksikan aplikasi pihak ketiga.

Tebakan saya, anjuran agar mengecek apakah akun facebook di-hack atau tidak seperti diatas adalah salah satu upaya untuk meningkatkan engagement sebuah akun atau fanpage. Jadi tidak ada hubungan antara akun yang di-hack dengan komentar @[4:0] kemudian muncul nama Mark Zuckerberg atau tidak. Sekedar informasi, engagement rate adalah jumlah like-comment-share dibagi jumlah followers

Mengecek Akun Facebook Yang Di-Hack

Untuk mengetahui apakah akun Facebook di-hack atau tidak, maka simpel saja caranya. Pertama, buka akun Facebook. Kedua, jika kita tidak bisa masuk ke akun milik kita, tapi di satu sisi akun tersebut mengunggah sesuatu diluar sepengetahuan kita, maka kemungkinan besar akun kita terkena hack.

Tapi meretas akun Facebook berarti meretas pula sistem keamanan Facebook. Kamu tahu 'kan dapur Facebook? Ya paling tidak pernah menonton film 'Social Network' dimana ketika Facebook baru berdiri, para hacker di sekitaran Harvard diundang oleh Mark untuk menemukan celah keamanan situs buatannya ini. Ada yang berhasil, dan ia direkrut oleh Mark untuk memperkuat Facebook.

Jadi kalau kamu menemukan celah kemanan Facebook, dibanding bermain-main dengan akun orang-orang yang tidak penting, lebih baik melaporkan celah kemanan tersebut ke Facebook secara langsung. Saya yakin, hadiahnya jauh lebih besar dibandingkan bermain-main dengan akun saya, teman saya, dan teman dari teman saya. Serius, saya nggak bohong.

Cara Mengamankan Akun Dari Aktivitas Hacking

Ya itu tadi, kalau situs Facebook saja bisa di-hack, maka tak ada cara yang bisa diandalkan untuk mengamankan akun kita dari aktivitas hacking. Tapi setidaknya untuk sekedar mengamankan agar tak ada orang lain yang iseng-iseng berhadiah untuk memasukkan username akun kita, maka Facebook menyediakan caranya.

Cara standarnya, silakan masuk saja ke bagian Pengaturan > Keamanan lalu atur di bagian Peringatan Masuk > Dapatkan pemberitahuan dan kirimkan peringatan ke email. Sementara di bagian Persetujuan Masuk Ke Facebook, aktifkan pesan teks dan generator kode untuk mengantisipasi orang lain yang masuk dari perangkat yang tidak dikenal. Tapi hati-hati, dengan menggunakan cara ini, Facebook akan menerapkan cara masuk yang cukup ketat. Ini cukup berisiko bagi kita yang sering sekali berpindah-pindah perangkat akses.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

6 comments

Kemarin sempet muncul di timeline yang itu mas, tapi aku nggak coba, la wong akunnya aman2 aja kok :D

dari taun kemarin sih mas, cuma rame lagi karena bawa-bawa palu arit :)

Cara Mengetahui Akun Facebook Di-Hack Atau Tidak Dengan Mengetik @[4:0] adalah tipuan belaka. Hal ini hanya untuk menviralkan postingan mereka aja sih sebenarnya.

kalau sudah bawa-bawa isu politik dan agama memang cepat sih menyebarnya

Ijin share bang biar netizen2 yg msh gk tau jd tau biar tau mna yg hoax mana yg asli 😊

Siap, feel free to share.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon