23 Maret 2017

5 Larangan Agar Facebook Tak Menghambat Lamaran Kerja


Sudah menjadi rahasia umum jika bagian personalia akan mengintip media sosial para pelamar kerja. Sebab dari situlah para perekrut karyawan akan mengetahui latar belakang sosial dan psikis calon rekan kerjanya.

Sehingga bukan tidak mungkin jika kita selalu gagal diterima bekerja di sebuah perusahaan, hal itu dikarenakan media sosial yang 'berantakan'. kita boleh berkelit, sebab apa yang terjadi di media sosial tersebut merupakan ulah orang lain. Tapi selama itu berada di beranda profil, maka orang lain akan mengaitkannya dengan kita.

Seperti apa misalnya? Inilah beberapa hal yang akan membuat citra kita negatif di hadapan orang lain, terutama perusahaan yang sedang kita lamar.



Akun Facebook terbuka

Ada pengaturan di Facebook yang memungkinkan siapa yang boleh mencari kita, mengontak kita, dan melihat postingan kita. Itu berarti jika seseorang dengan mudahnya mencari kita di Facebook, kemudian melihat-lihat apa yang terjadi di profil kita, maka akun Facebook itu memang terbuka.

Maka langkah pertama adalah buatlah privasi di profil kita. Caranya masuk ke Pengaturan > Privasi. Disana ada tiga hal yang bisa diatur, yakni ada 'Siapa yang dapat melihat kiriman saya?', 'Siapa yang dapat menghubungi saya?', dan 'Siapa yang dapat mencari saya?'. Buatlah itu seprivasi mungkin, yakni hanya teman saja yang bisa melihat-lihat kiriman kita, jika memang kita mencukupkan diri dengan jaringan pertemanan yang sudah ada.

Mengatur agar Facebook hanya terlihat oleh teman saja memungkinkan orang lain tidak seenaknya melihat-lihat 'rumah' kita. Sebab boleh jadi ada aurat disana, yang belum sempat kita bereskan, yang membuat kita jadi malu. Terutama dilihat oleh personalia dari perusahaan yang kita idamkan ada di dalamnya.

Tidak menyaring fitur penanda

Adakalanya teman-teman kita ingin berbagi keseruan. Lalu, ia pun menandai postingan, baik gambar maupun dua baris kalimat, dan muncul secara langsung di beranda profil kita. Tapi setelah kita tahu postingannya seperti apa, kita pun ingin menghapusnya. Sayangnya, orang lain terlanjur tahu kalau ada ujaran negatif yang jadi bagian profil kita.

Oleh karenanya, mengaktifkan fitur penyaring penandaan sangat disarankan agar hal-hal ini tidak terjadi. Untuk melakukannya, silakan masuk ke Pengaturan > Kronologi dan Penandaan, dan aktifkan peninjauan kiriman.

Data diri yang jauh dari kata profesional

kita pernah mengisi isian data dengan kalimat-kalimat drama? Misalnya ketika mengisi lokasi, maka kita menjawabnya dengan 'di hatimu'. Atau kala menulis status hubungan, kita pun mengisinya dengan pilihan 'rumit'. Maka selamat, kita sudah selangkah tidak disukai oleh pencari karyawan. Sebab, katanya bagian personalia hanya mencari orang yang profesional. Dan cara mengisi data itu jauh dari kata profesional.

Mengikuti grup dan fanpage yang aneh dan tidak jelas

Ya, ini masih berbicara akun Facebook kita dalam kondisi terbuka. Sehingga orang-orang jadi tahu kita tergabung ke dalam grup mana dan menyukai halaman apa. Beruntunglah jika yang adan masuki dan kita beri jempol adalah grup dan fanpage yang baik-baik saja, bagaimana jika sebaliknya?

Misalnya kita tergabung dalam grup semacam Loly 18+ dan menyukai halamannya. Nah pertanyaannya, perusahaan mana yang mau menerima (pendukung) pelaku kriminal di tempat kerjanya?

Sering menyebarkan hoax dan ujaran kebencian

Sering menyebarkan hoax dan mengujarkan kebencian di Facebook memang bukan cuma tidak disukai oleh bagian personalia, tapi juga akan membawa kita berurusan dengan polisi. Maka hindari baik-baik hal semacam ini, meski sebenci apapun dan semarah apapun kita pada pihak lain.

Apakah hal-hal diatas cukup? Tentu belum, sebab diterima bekerja di sebuah perusahaan tertentu butuh skill dan hoki yang cukup. Tapi setidaknya menghindari hal-hal tersebut di akun Facebook merupakan salah satu upaya mendekatkan rejeki.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon