20 April 2017

8 Teknologi Canggih yang Dikenalkan di Acara F8 Facebook


Facebook telah meraksasa, baik kapasitasnya sebagai perusahaan teknologi maupun platform media sosial. Fakta bahwa 1,86 penggunanya tak bisa dibantah siapa saja. Besar dan tak terkejar. Dan lewat F8, selaku agenda tahunan, semua mata memandang tajam, menyeksamai langkah, dan meniru gerak hingga berupaya mengimitasi suksesnya.

F8 bertempat di San Jose, California, AS. Acara yang dihelat pada tanggal 18 dan 19 April 2017 ini, selalu menarik untuk diamati sebab disinilah seluruh pengembang jempolan yang memakai platform Facebook hadir. Mereka menyaksikan visi dan pengejawantahan dari sang pendirinya, Mark Zuckerberg, terhadap dunia teknologi.

Teknologi Canggih yang Dikenalkan di Acara F8 Facebook

Alhasil, F8 menyuguhkan hal-hal yang fantastis, yang selalu membuat decak kagum. Namun tentu saja di sisi yang lain, teknologi yang telah mereka kerjakan dan sedang mereka kembangkan senantiasa bermanfaat bagi umat manusia.

Dan inilah delapan teknologi yang dikenalkan dalam F8.

1. Mengetik dengan Pikiran

Telepati kelak bukan khayalan lagi. Namun telepati ini hanya bisa digunakan untuk mengetik saja. Sebab Facebook sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan seseorang bisa mengetik dengan pikirannya sendiri. Ya, telepati untuk mengetik.

Dua tahun kedepan, kata Regina Dugan, kepala riset Facebook, sebuah sistem yang memungkinkan seseorang bisa mengetik 100 kata per menit hanya dengan pikirannya sedang dikembangkan. Tujuannya, lanjut Dugan, adalah menghadirkan pikiran manusia di layar monitor dalam bentuk tulisan.

2. Platform Augmented Reality

Facebook akan membuat kamera pengguna terintegrasi dengan fitur augmented reality (AR) di situs jejaring sosial ini. Sehingga ketika pengguna Facebook memotret, efek-efek tertentu --yang mirip Snapchat-- akan bisa digunakan dan menjadi hiasan dalam foto tersebut. Tak hanya memotret, bahkan ketika mengabil video, baik live streaming dan video messenger, maupun menyimpannya dalam bentuk GIF, pengguna bisa tetap memakai efek --mirip Snapchat-- tersebut.

Nah, fitur AR berguna dalam pemetaan untuk membuat penempelan efek tersebut di wajah jadi lebih baik. Katakanlah semacam kamera yang cerdas dalam membaca objeknya.

3. Messenger Bots

Lewat Messenger Bots, fitur perpesanan Facebook bakal semakin kaya. Sejak dulu, sebenarnya Facebook sudah punya fitur-fitur tersembunyi di Messenger-nya, misalnya fitur permainan. Nah, lewat Bots ini, Facebook akan lebih mengeksplorasi kegunaan Messenger. Jadi laman-laman bisnis bakal leluasa bertransaksi secara personal di Messenger.

4. Virtual Assitant M

M ini mirip kerja dari digital assitant yang sudah ada, misal Google Assistant, Cortana, dan Siri. Jadi ketika sering menggunakan M, maka virtual assistant ini bakal semakin paham dengan pengguna tersebut.

Khusus untuk pemilik Facebook page, M bisa ditambahkan dengan API tertentu untuk bisa menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ).

5. Workplace

Facebook Workplace memang sudah diluncurkan tahun kemarin. Namun acara F8 kali ini berupaya menambahkan fitur-fitur yang belum ada di Workplace sebelumnya, misalnya file-sharing, fitur keamanan, dan lainnya.

6. Open source Artificial Intelligence

Ini sesuai dengan harapan Mark Zuckerberg, dimana kecerdasan buatan akan mendominasi aktivitas Facebook di masa yang akan datang. Oleh karenanya kode-kode AI akan dijadikan open-source untuk para pengembang yang bekerja sama dengan Facebook.

7. Perubahan Fitur Gaming

Facebook kini memberikan keleluasaan kepada pengembang game yang memakai Facebook sebagai fitur login-nya. Ketika dulu, fitur ini memiliki tampilan baku, sekarang Facebook membebaskan pengembang untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan gya masing-masing.

8. Penyempurnaan Camera 360

Camera 360 saja sebenarnya sudah canggih. Namun Facebook membuatnya semakin canggih, yakni dengan memberikannya teknologi untuk mampu memprediksi ke arah mana seseorang bakal melihat. Sehingga kamera ini akan dengan mudah mendeteksi wajah dan membua video jadi lebih baik.

Demikian delapan teknologi yang telah di ungkapkan oleh Facebook pada acara F8 kemarin. Sebenarnya masih banyak teknologi dari Facebook yang dikenalkan secara khusus, namun delapan hal itu saja sudah cukup untuk memberi gambaran bahwa F8 menjadi agenda Facebook untuk menunjukkan kedigdayaannya di sektor teknologi.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon