3 Mei 2017

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group


Di suatu sore yang ramai, ada sebuah panggilan masuk ke ponsel saya. Saya cukup dibuat bertanya-tanya, sebab nomornya kurang familiar di daftar kontak. Dengan rasa penasaran yang sangat, panggilan itu pun saya angkat.

“Hallo, dengan tuan Doel?” Terdengar suara di ujung telepon. Suaranya mirip Michelle Yeoh ketika membaca teks pidato bahasa Indonesia.

“Ya, ini dari mana?” Saya menjawab sekenanya saja.

“Saya Sidney, dari NSS Group. Ada yang bisa saya bantu?”

Oh, ternyata dari NSS Group. Sebuah layanan hosting yang berbasis di Taiwan ini baru saja saya coba di pagi hari sebelumnya. Tak disangka setelah proses registrasi selesai, customer service-nya langsung sigap untuk menghubungi saya.

“Nanti saya kontak lagi kalau ada apa-apa. Di WhatsApp saja, ya. Terima kasih sebelumnya,” saya pun menutup panggilan tersebut.

Semenit kemudian, Sidney pun mengirimkan pesan di Whatsapp, secara pribadi. Sampai disini, saya cukup terkesan dengan cara NSS melayani pelanggannya. Lalu bagaimana dengan layanan hosting dari NSS Group yang saya katakan bisa meningkatkan kunjungan website?

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group


Ranah Uji Coba

Saya memang sedang merencanakan untuk migrasi dari blogspot ke self-hosted, namun tetap mempertahankan domain. Atas saran seorang teman, saya pun mencoba hosting NSS Group. Katanya, bisa versi free trial dulu. Akhirnya saya coba paket [Free Trial] Indonesia CpanWeb Hosting Linux with Professional Builder Package. Dengan paket tersebut saya mendapatkan 50 GB dengan bandwith bulanan sebesar 10 GB. Saya diberi waktu satu bulan untuk mencobanya.

Sayangnya, karena saya terlanjur menjadikan ini sebagai ajang uji coba, domain yang dipakai pun hanya subdomain gratis yang disediakan oleh NSS Group. Ketika mendaftar, saya memilih doel.n9s.com alih-alih mendaftarkan domain baru atau melakukan migrasi doel.web.id dari Blogger. Saya cukup menyesalinya.

Setelah melihat-lihat layanan yang lain, saya tambah menyesal mengapa memilih free trial. Sebabnya saya bisa mendapatkan bandwith yang unlimited dengan disc space 500 GB dan domain gratis hanya dengan Rp.437 ribuan.

Performa

Versi uji coba 50 GB memang kurang cocok digunakan untuk membangun website enterprises. Tapi buat blog pribadi yang hanya berisi tulisan dan gambar saja, dan sesekali sematan video dari Youtube, ya lumayan.

Saya langsung mengubahnya ke CMS Wordpress, karena di laman cPanel sudah disediakan fasilitas untuk mengubah CMS. Bukan cuma Wordpress, ada juga Joomla, Magento, Dolphin, Drupal, dan lainnya. Dan jadilah website yang saya buat tempo hari kini sudah memakai CMS Wordpress. Sesuatu yang memang terbayangkan sebelumnya.

Website saya yang baru masih dalam taraf penyempurnaan. Tapi overall, sudah online, dan bisa dikunjungi. Saya ulang lagi alamatnya, yakni doel.n9s.com. Kalau saya cek dari desktop sudah cepat, padahal memakai template versi magazine. Tapi setelah dicek di TestMySite milik Google ternyata masih banyak render blocking dan beberapa masalah lainnya. Nanti kalau sudah fix bermigrasi, segalanya bakal saya perbaiki.

Masalah loading, jika terjadi, memang disebabkan bandwith yang kecil. Tapi dengan paket data 3G di smartphone yang standar, ya cepat tidak lambat pun tidak, tidak ada masalah sama sekali dengan loading-nya. Bahkan saya rasakan justru jauh lebih cepat dibanding blog saya di doel.web.id. Ini memang disebabkan saya memakai CMS Wordpress tadi dan hosting dari NSS Group.

Nah, ada yang bertanya-tanya ‘kah apa hubungan pendaftaran hosting di NSS Group dengan peningkatan kunjungan di website?

Peningkatan Kunjungan

Pada banyak website forum maupun media sosial, website subdomain blogspot dan yang belum self-hosted sering dipandang sebelah mata. Para pemakainya dianggap belum serius untuk terjun di dunia produksi konten maupun ranah e-commerce. Kepercayaan publik seringkali hanya dilihat dari sisi itu saja. Sehingga blog atau website kita, sering tak dijadikan rujukan. Yang pada akhirnya menyebabkan kunjungan pada website pun menurun.

Alasan yang lain pun disebabkan faktor SEO. Mesin pencari milik Google sering menganakemaskan website yang sudah self-hosted. Misalnya kalau website yang kita miliki memproduksi konten, maka sampai kapanpun tak akan masuk ke kategori Google News maupun dimunculkan dalam featured snippet Google search result maupun dalam bentuk ask box.

Dua sumber kunjungan tersebut, yakni media sosial dan pengunjung organik, berpotensi hilang sebab keberadaan website kita yang masih belum self-hosted. Oleh karenanya, meski belum seprofesional para blogger yang lain, setidaknya rencana memakai self-hosted wajib ada. Dan sebagaimana rencana sebelumnya, saya akan meng-upgrade layanan gratis saya di NSS Group.

Eh iya, pendapatan blogger di Adsense pun akan meningkat ketika memakai self-hosted, loh.

Cara Mendaftar

Seperti diceritakan diatas, NSS Group memang menyediakan fitur free trial dalam jangka waktu 1 bulan. Tapi kalau kita berniat dari awal ingin bermigrasi, lebih baik langsung saja mendaftarkan layanan hosting apa yang ingin dipakai. Free trial itu buang-buang waktu.

Silakan langsung ke laman www.n9s.com, pilih login yang letaknya ada di bagian atas laman. Meski banyak huruf kanji di laman tersebut, jangan khawatir, sebab navigasi situs tetap mendukung bahasa yang kita pahami. Lihat tangkapan layarnya berikut ini.

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group

Laman login akan mengarahkan kita pada tiga buah pilihan, yakni place order, client area, dan support. Kalau mau memesan layanan, saran saya nggak usah klik place order. Lebih baik klik logo awan di samping kiri dalam deretan ke bawah logo-logo yang lainya. Di sini akan dimunculkan deretan semua layanan yang bisa dipesan. Lihat gambar berikut.

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group


Saya mengambil contoh layanan ID - Linux Hosting Economy Indonesia, dimana dengan harga Rp.437 ribuan per tahun, pelanggan akan mendapatkan unlimited bandwith bulanan dan 500 GB disc space dan domain gratis. Tak hanya itu, ada 100 alamat email yang bisa dibuat dengan nama domain tersebut. Keren? Pastinya. Ditambah lagi data center-nya pun ada di Indonesia.

Cara Meningkatkan Kunjungan Website Dengan NSS Group

Jika sudah mantap, silakan melanjutkan dengan mengisi data-data yang diperlukan. Ingat, meskipun ini perusahaan asal Taiwan, layanan dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan Bahasa Indonesia. Salah satu buktinya adalah Sidney yang pernah menelepon saya.

Penutup

Website dengan self-hosted memang bukan segalanya, tapi ia awal dari keseriusan kita terjun di industri produksi konten di internet. Sebab selain meningkatkan indeks profesionalitas kita di bidang tersebut, juga menambah peluang ditemukannya website kita oleh mesin pencari.

Oleh karenanya, mendaftarkan diri di NSS Group menjadi salah satu jalan tersebut. Dan terakhir selamat meningkatkan kunjungan di website anda. Sukses selalu.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

4 comments

apa benar gan, memakai self-hosted pendapatan Adsense lebih baik :-?

Kalo hitungan earning sih sama aja, gan. Ini terkait sama optimatisasi traffic aja.

Massa
Mudah2an ada rezekinya

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon