23 Mei 2018

Redmi S2, Ponsel Selfie dari Xiaomi


"Ponsel kok selfie?" Begitu kata Mi Fans di banyak kolom komentar berbagai media sosial resmi merek gawai ternama. Komentar itu kemudian hilang, berganti puja dan puji sebab Xiaomi pun merilis secara resmi ponsel khusus selfie-nya sendiri, Redmi S2, di Jakarta pada Selasa (22/5/2018).

Sepintas ponsel ini mengingatkan kita pada Mi A1 yang dibuat dalam program Android One. Hanya saja bagian layarnya sudah kekinian karena mengadopsi bentuk tumpul di seluruh sudut layar. Kemiripan itu terlihat di bagian belakang, sebab desain antena Redmi S2 dibuat aksen melengkung. Ya baiklah, memang mirip juga sama iPhone 7, sebab Mi A1 dan banyak ponsel lain pun mengadopsi desain ponsel Apple itu.



Body dan Layar

Dengan ketebalan 8,1 mm, Redmi S2 ini cukup tipis. Apalagi ditambah beratnya yang cuma 170 gram. Ada lengkungan pula di bagian tepi ponsel, dimana bagian ini cukup menyulitkan untuk dipegang, apalagi body plastiknya lumayan licin. Memakai jelly case yang disertakan dalam kemasannya adalah langkah terbaik untuk menghindari ponsel tergelincir dari tangan.

Dari bagian depan, Xiaomi membenamkan layar IPS LCD dengan bentang seluas 5,99 inci yang memiliki rasio 18:9. Bentang layar ini tidak membuat ponsel menjadi gemuk, sebab dengan rasio layar dengan body sebesar 75%, ukuran ponsel ini masih nyaman di tangan. Layar ini memiliki tingkat kecerahan yang cukup baik dengan angka 450 nits dan kerapatan piksel sebesar 269 ppi.

Dapur Pacu

Sayangnya meski tergolong ponsel baru, chipset-nya masih memakai Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, chipset yang sama yang dipakai oleh Mi A1, bukan Snapdragon 636 yang kekinian. Ini berpengaruh pada harga yang dibanderol.

Chipset ini memiliki octa-core dengan clockspeed sebesar 2.0 GHz dengan mikroarsitektur dari Cortex-A53 dengan proses manufaktur 14nm. Untuk urusan grafis, Redmi S2 memakai Adreno 506. Memorinya sendiri terbagi kedalam dua varian, ada yang memakai RAM 3 GB dan ROM 32GB ada pula yang RAM-nya 4GB dengan ROM 64GB. Untuk di Indonesia sendiri, Redmi S2 hanya dipasarkan untuk versi RAM 3GB dan ROM 32GB saja. Kombinasi dapur pacu ini akan berjalan di MIUI 9 yang berbasis Android 8.0.

Kamera

Jualan utama Redmi S2 berada pada sektor kamera depan. Ya, sebagaimana dijelaskan diatas, ponsel ini dibuat oleh Xiaomi khusus untuk mereka yang gemar selfie. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dengan dengan selfie-light, HDR otomatis, efek bokeh, AI Beautify 4.0, bukaan besar ƒ/2.0, dan lensa sudut lebar sebesar 79,8°.

Sementara itu kamera belakang dibekali dengan kamera ganda yang reolusinya terdiri atas 12 MP dan 5MP yang dipasangi AI, PDAF, dan bukaan f/2.2. Kamera belakang ini bisa merekam hingga resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps.

Xiaomi Redmi S2 dibanderol Rp2.399.000. Foto: Kompas.com


Harga

Xiaomi membanderol Redmi S2 dengan harga yang --seperti biasa-- terjangkau. Dalam perilisan kemarin, Redmi S2 dibanderol sebesar Rp2.399.000. Harga yang sangat bersaing kalau melihat spesifikasi yang ditawarkan.

Namun banyak yang pesimis dengan banderol sebesar ini, sebab cara penjualannya, lagi-lagi, melalui jalur flash sale. Kali ini Shopee yang mendapat giliran untuk memasarkannya. Banyak yang menduga, kalau ponsel ini bakal menjadi ponsel gaib lagi menyusul pendahulunya. Apalagi flash sale-nya dimulai pada tanggal 25 Mei 2018, yang bertepatan dengan hari Jum'at.

Apakah Redmi S2 ini bakal menjadi 'Gaib Phones for Mi Fans' selanjutnya? Atau pertanyaannya diganti saja menjadi: apakah Mi Fans gemar selfie pula sebagaimana pengguna Vivo dan Oppo? Hanya Tuhan dan Mi Fans yang tahu.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Saya coba yang ukuran layarnya besar yang lebih 6" tanpa bezel

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon