13 Agustus 2018

Cara Mengunduh Fortnite Battle Royale di Ponsel Android


Popularitas Fortnite semakin meningkat. Sejak dirilis pada September 2017, jumlah pemainnya hingga Juni kemarin telah mencapai 125 juta orang. Meskipun bisa diunduh secara gratis, pembelian dalam game-nya telah mencapai $1 miliar pada Juli 2018. Ini membuat game besutan Epic Games ini mendapat penghasilan mencapai $300 juta lebih.


Hingga kemarin, Fortnite baru bisa dimainkan di platform PlayStation, XBox, Nintendo Switch, PC, dan mobile phone. Sayangnya untuk mobile phone ini baru bisa dimainkan di iOS saja. Artinya buat saya dan kalian yang belum memiliki rezeki untuk meminang iPhone, ya sabar saja. Hingga pada akhirnya kesabaran itu berbuah manis, sebab Epic Game telah merilis Fortnite untuk Android.

Ada yang bersorak mendengar kabar Fortnite pada akhirnya kompatibel dengan Android? Saya pun pada mulanya bersorak, sampai akhirnya sorakan ini pun terhenti sejenak karena setelah saya cek di Play Store, Google menuliskan Fortnite Battle Royal by Epic Games, Inc is not available on Google Play. Yap, Fortnite tidak ada di Play Store.

Lalu apakah kabar tentang Fortnite sudah kompatibel di Android itu hoax semata? Untunglah bukan hoax, sebab Fortnite memang bisa dimainkan di ponsel dengan sistem operasi Android. Lalu mengapa ada peringatan semacam itu dari Google?

Soal peringatan, Google mungkin berupaya memberi peringatan kalau ada banyak game yang berupaya memiripkan diri dengan Fortnite, entah dari sisi judul maupun ikon di Play Store. Ada upaya untuk mendulang untung dari tidak masuknya Fortnite di Play Store. Nah, kalau tidak ada di Play Store lantas dimana?

Ya beginilah kalau game yang sudah populer dari sononya. Tanpa menumpang ekosistem unduhan Google pun sudah banyak orang yang mencarinya. Makanya dibuatlah skema undangan, jadi hanya orang-orang tertentu dengan ponsel merek dan tipe tertentu saja yang bakal mereka undang.

Agar kita bisa diundang juga, begini caranya...

Pertama kali, kunjungilah Fortnite.com/Android pada ponsel masing-masing. Kalau sudah masuk, disitu ada tombol kuning dengan tulisan hitam yang berbunyi SIGN UP FOR EMAIL INVITE. Kemudian muncul pula pop-up yang menanyakan apakah kita sudah pernah bermain Fortnite sebelumnya? Saya sih jawab NO, karena belum pernah memainkan Fortnite sebelumnya.

Kalau menjawab NO seperti saya, maka akan dibawa ke laman selanjutnya yang berisi form pendaftaran. Ya sebagaimana biasa, isilah form ini selengkap mungkin jangan sampai ada yang terlewat. Centang tanda setuju dan klik CREATE ACCOUNT. Lalu pada laman selanjutnya ada pilihan lain memilih mana ponsel yang kita miliki dan klik SELECT. Selesai. Kalian tinggal menunggu giliran saja untuk mendapatkan tautan undangan di email dari Epic Games.



Engg...anu, ponsel saya enggak terdaftar di laman select itu bagaimana? Ya klik saja tipe ponsel yang ada, kalau sudah dapat undangannya, ya silakan beli ponsel yang kompatibel dengan Fortnite. Seriusan, mana enak bermain game dengan ponsel yang tidak kompatibel?

Silakan dicatat, inilah spesifikasi minimum agar sebuah ponsel Android bisa memainkan Fortnite Battle Royale:
  • Android versi 6.0
  • RAM 3 GB
  • GPU Adreno 530 atau Mali G71 MP20
Itu minimum ya, kalau lebih tinggi dari itu ya semakin bagus. Untuk Adreno 530 itu adanya di chipset Snapdragon 835, Mali G71 juga ada di Exynos 8895. Itu berarti secara otomatis chipsetnya mesti kelas flagship. Ponselnya berarti harus flagship juga? Ya iya lah mana ada beli ketengan chipsetnya doang!

Kalau merasa ponselnya belum masuk kelas flagship, pengin main Fortnite, dan kebetulan punya uang. Sebaiknya membeli merek Samsung. Pengguna ponsel flagship dari Samsung dalam beberapa hari ini sudah dipastikan bakal mendapatkan undangan dari Epic Games. Nah, ponsel apakah yang sebaiknya dibeli? Ya sebaiknya pertanyaan tadi dikembalikan lagi, ada berapa duit yang kalian punya?

Kalau ada flagship yang menarik perhatian saat ini, dibicarakan di mana-mana, dipuji oleh banyak reviewer, ya tidak lain dan tidak bukan cuma Samsung Galaxy Note 9.

Samsung Galaxy Note 9 merupakan ponsel flagship terbaru dari pabrikan asal Korea ini. Note 9 mengalami peningkatan yang cukup banyak dibandingkan pendahulunya, Note 8. Salah satunya dari sisi Stylush Pen yang bukan cuma warnanya saja yang menjadi kuning, tetapi fungsinya pun ditambahi seperti bisa menjadi remot ketika presentasi.

Selain itu, untuk pembeli yang melakukan pre-order di beberapa e-commerce, ada banyak sekali bonus yang kalau dihitung-hitung harganya justru lebih murah daripada ponsel flagship di kelasnya. Baru kali ini loh Samsung lebih murah. Serius.


Buat yang penasaran apa saja spesifikasi yang ditawarkan oleh Galaxy Note 9, ini dia spesifikasinya:

Chipset
CPU

GPU

RAM dan Memori
Layar
Kamera


Dimensi
Baterai
Harga
Exynos 9810 / Snapdragon 845
Octa-core (4x2.7 GHz Mongoose M3 & 4x1.8 GHz Cortex-A55)
Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
Mali-G72 MP18
Adreno 630
8 GB dan 512 GB / 6 GB dan 128 GB
6,4 inci, rasio 18,5:9 Super AMOLED, Gorilla Glass 5
Belakang 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm, 1/3.6", 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom
Depan 8 MP, f/1.7, 25mm, 1/3.6", 1.22µm, AF
161.9 x 76.4 x 8.8 mm, 201 gram
4000 mAh
Rp13.499.000 (128 GB) dan Rp17.999.000 (512 GB)

Itulah cara menginstal Fortnite Battle Royale di ponsel Android yang benar. Diluar sana banyak yang menyarankan untuk mengunduh APK game ini dari sumber-sumber yang tidak jelas. Ujung-ujungnya membahayakan ponsel kalian. Waspadalah!

Update:

Kalau antriannya sudah dapat, kita akan mendapatkan email dari Epic Games seperti ini:


Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Anjayyyy... sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui ckckck

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon