Tips Untuk Tidak Khawatir Meski Mobil Terendam Banjir



Puluhan wilayah di Jakarta akan kembali digenangi banjir. Kota besar lainnya dengan pola pembangunan yang serupa ibukota itupun akan bernasib sama. Prediksi yang dimuat di berbagai media itu akan semakin nyata apabila curah hujan terus meningkat intensitasnya.

Mobil mogok akibat terendam banjir. (Gambar: Shutterstock.com)
Salah satu pihak yang sering khawatir ketika banjir datang adalah para pemilik mobil. Hal ini disebabkan genangan banjir bukan benda yang ramah terhadap mesin mobil. Alih-alih air menjadi pembersih bodi mobil, masuknya air kedalam mesin akan menimbulkan malapetaka.

Mesin mobil akan mati karena banyak komponen yang tidak berjalan apabila dalam kondisi basah. Di dalam mesin mobil pun ada sistem kelistrikan, yang apabila dalam kondisi basah, potensi konsleting sistem ini sangat tinggi.

Kekhawatiran ini lumrah terjadi, sebab mengingat harga mobil yang cukup mahal. Nilai mobil ini rasanya tidak sepadan dengan abainya pemilik mobil atas hadirnya bencana alam yang telah diprediksi sebelumnya seperti banjir ini. Makanya, sebelum semuanya terlambat, sangat disarankan agar anda memproteksi mobil dengan asuransi.

Berbicara soal asuransi, banyak anggapan asuransi mobil hanya manis di awal. Alurnya kemudian, pemegang polis dengan rajinnya membayar premi per periode. Namun ketika ada masalah, klaim asuransi kendaraan ini cukup meribetkan. Anggapan ini mungkin ada benarnya, mengingat banyak orang diluar sana yang terkendala saat proses klaim. Namun benarkah demikian?

Pernahkah anda bertanya pada mereka yang mengalami keribetan tadi, atau klaimnya ditolak tadi dengan enam pertanyaan berikut? Pertama, apakah polisnya masih aktif? Kedua, apakah asuransinya memang memproteksi klausul yang diklaim itu? Ketiga, apakah pengajuan klaimnya tepat waktu? Keempat, apakah dokumennya lengkap? Kelima, apakah tidak ada masalah hukum pada klausul yang diklaim tersebut? Keenam, apakah lokasi kejadian masih berada pada zona kontrak?

Jika salah satu saja dari enam pertanyaan itu jawabannya tidak, maka tentu saja klaim yang diajukan bakal ditolak. Jadi masalah yang muncul sebetulnya bukan ribet, tapi memang klaimnya tidak diterima karena beberapa alasan tadi. Sebab semua hal membutuhkan bukti, begitupun dengan proses klaim asuransi mobil.

“Tapi ‘kan tetap saja ribet?”

Pertanyaan itu kerap diajukan karena orang-orang yang mengajukan klaim asuransi biasanya sedang dalam kondisi panik, terburu-buru, dan emosional. Sebab bisa jadi kejadian yang menimpa mobil mereka terjadi pada perjalanan bisnis. Ada pula kejadian yang membutuhkan klaim asuransi terjadi pada mobil kesayangan mereka. Pokoknya macam-macamlah kejadiannya. Untuk itulah banyak yang ingin agar proses mengurus klaim asuransi bisa dilakukan semudah diundang dan mengirim pesan di WhatsApp Group alumni sekolah.

Kalau masih belum tahu ada yang bisa mengurus klaim asuransi semudah mengirim WhatsApp, sepertinya belum mendengar Futuready. Di Futuready anda bisa mengajukan klaim melalui WhatsApp ke nomor 0811-9884-918. Iya, semudah itu. Meski begitu, ada cara lain untuk melapor, yakni telepon ke nomor (021) 2188-4918, lalu memakai fitur chat di situs Futuready.com, dan mengirim email ke ke nasabah@Futuready.com atau klaim@Futuready.com.

Futuready akan menjamin anda mendapatkan bengkel rekanan terbaik dan terdekat, apabila klaim tersebut diajukan tepat waktu dan dokumennya lengkap. Proses klaim ini harus dilakukan maksimal 3x24 jam setelah kejadian, dan apabila kejadian terjadi diluar jam kerja Futuready, maka ada tambahan waktu sebanyak 2 hari.

Apakah proses klaimnya bakal ribet juga? Nah, untuk menjawab ini kembali lagi pada perjanjian kontrak asuransi yang telah ditandatangani di awal pendaftaran. Sebab hal ini selalu menjadi penentu bagi diterima atau tidaknya klaim yang anda ajukan. Di Futuready, anda cukup mensertakan salinan polis asuransi, salinan SIM, salinan STNK, dan surat keterangan dari kepolisian jika mobil mengalami kecelakaan.

“Ya udah deh ya, saya mau ikut asuransi Futuready saja,”

Eits, mohon maaf Futuready bukanlah produk asuransi. Tapi, apabila anda ingin membeli polis asuransi, maka Futuready lah tempatnya. Mengapa demikian?

Ketika anda ke situs Futuready di futuready.com, maka anda bisa memilih dan memilah mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda, pun sesuai dengan budget yang anda miliki. Ya, disini anda bisa membandingkan dari beragam asuransi yang ada. Untuk asuransi mobil sendiri, Futuready menyediakan puluhan perusahaan asuransi yang bisa anda pilih.
Banyak pilihan di situs Futuready.com.
Futuready merupakan supermarket online yang khusus menjual asuransi. Sehingga sebagaimana sifat online marketplace, anda tidak harus bertemu langsung untuk melakukan transaksi. Ketika anda mendaftar asuransi mobil, maka cukup mengirim foto mobil saja, lalu membayar polis pertama hanya melalui transfer bank, minimarket, maupun kartu kredit. Setelah proses selesai, polis pun bakal langsung aktif.

Futuready akan mengurus semuanya secara efektif, praktis, sesuai dengan kebutuhan anda, dan pastinya aman. Soal keamanan, bisnis Futuready telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No. KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015. Jadi tak usah khawatir. Pun dengan profesionalitas pengelolaan bisnisnya, sebab Futuready berada di bawah perusahaan Belanda, AEGON, yang notabene merupakan perusahaan asuransi kelas dunia.

Sekarang, masih mengkhawatirkan mobil ketika menghadapi musim penghujan yang dibarengi banjir? Kalau masih khawatir, perbanyaklah berdoa, dan sebagai ikhtiar serahkan saja proteksinya melalui Futuready.

7 komentar

  1. Berarti syarat utama proses klaim cepat disetujui tidaknya tergantung kelengkapan tidaknya kelengkapan dokumen yang wajib disertakan termasuk teliti membaca persyaratan tertulis lainnya, ya ...

    Semoga post ini jadi bekal informasi banyak pengguna kendaraan roda 4.

    BalasHapus
  2. Iya, kelengkapan dokumen selalu menjadi penentu diterima atau ditolaknya klaim. Jadi, lihat baik-baik persyaratan yang tertuang di awal perjanjian kontrak, biar tahu apa yang mesti dilakukan setelah klaim. Kira-kira begitu Mas Himawan.

    BalasHapus
  3. Oo... jadi futuready ini perusahaan makelar asuransi? Sedia diskon khusus?

    BalasHapus
  4. Ya, Futuready semacam marketplace asuransi.
    Saat ini kayaknya belum ada diskon khusus mbak Dyah.

    BalasHapus
  5. Mobil terendam banjir, gak khawatir lagi, kan ada Futuready yang siap mengatasi semua permasalahan. Kira-kira begitu ya bang?

    BalasHapus
  6. Agak2 sensi berurusan ma asuransi. Dulu ngerasa ketipu karna gak baca klausulnya dengan rinci

    BalasHapus
  7. Kang Maman :: Siap kang

    Bang Day :: Iya, mesti teliti baca klausulnya

    BalasHapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.
EmoticonEmoticon