Operasi Tetap Memicu Efek Samping, Secanggih Apapun Teknologinya



Saya masih teringat ketika putri saya lahir. Proses kelahirannya tidak normal. Istri saya mesti menjalani operasi section-c atau kerap disebut operasi sesar. Pun masih teringat dengan lampu sorot dan aneka ragam peralatan canggih yang mendukung tindakan operasi tersebut.

Buat banyak orang, operasi memang harus menjadi jalan keluar dari beberapa masalah yang dihadapi di dalam tubuhnya. Operasi tentu bukan cuma proses kelahiran, bahkan yang lebih banyak terjadi justru diluar proses kelahiran itu.


Perbedaan antara operasi biasa dengan operasi section-c adalah hasil akhirnya. Kalau operasi biasa, hasil akhirnya justru sangat tidak diharapkan, kalau bisa setelah dilihat penyakitnya, benda tersebut segera dibuang. Hal yang berbeda terjadi pada operasi section-c. Tentu ‘hasil’ dari dalam tubuh itu yang ditunggu dan diharap-harapkan sejak awal.

Setelah operasi selesai dilakukan, yang terjadi pada tubuh memang lebih baik. Orang yang hamil merasa lega anaknya sudah dilahirkan, pun yang memiliki penyakit juga bernasib sama. Hanya saja persamaan keduanya tidak melulu positif, sebab banyak diantara efek yang muncul setelah operasi justru kurang baik.

Meskipun teknologi kedokteran sudah semakin maju, pun didukung dengan peralatan yang canggih, tetap saja efek samping ini masih tetap muncul. Berikut ini beberapa efek samping yang dialami setelah dilakukan operasi.

1. Sembelit
Apa pun operasi yang dijalankan oleh Anda, kebanyakan dari mereka yang dioperasi setelahnya merasa kesulitan untuk buang air besar atau pun mengalami sembelit. Hal ini tentu sangatlah normal, namun pastinya memberikan ketidaknyamanan bagi Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya serat dan minum air yang banyak. Selain itu, konsumsi juga obat sembelit dan susah buang air besar alami yang bisa dibeli di Go Apotik yang pastinya sangat terpercaya dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi.

2. Mual Muntah
Mual muntah setelah di operasi memang menjadi hal yang sangat lumrah terjadi karena reaksi yang diberikan dari obat bius atau pun merupakan reaksi yang diberikan tubuh pada obat-obatan yang sudah diberikan ketika operasi. Namun, hal ini akan membahayakan jika tidak diobati dengan segera karena mampu membuat Anda dehidrasi atau pun bekas luka sayatan dapat robek kembali. Anda harus meminum obat anti mual yang bisa didapatkan langsung dari Go Apotik dengan sangat cepat dan terjangkau.

3. Demam
Efek samping yang satu ini pastinya juga kerap dirasakan oleh mereka yang sehabis dioperasi adalah mengalami demam. Tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah normal dialami. Biasanya, demam akan mencapai 37 derajat pada normalnya karena merupakan respon dari penggunaan ibuprofen atau pun paracetamol. Anda bisa mengkonsumsi obat demam yang sesuai dengan dosis dari dokter. Pastikan untuk mendiskusikan dengan dokter dan membeli obatnya di tempat yang terpercaya seperti Go Apotik yang menjual berbagai jenis obat terpercaya dan berkualitas sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan obat yang sulit untuk didapat dengan lebih cepat.

Demikianlah beberapa efek samping yang muncul pasca-operasi. Semoga anda senantiasa sehat sehingga tidak memerlukan tindakan operasi yang memicu efek samping tersebut.



5 komentar

  1. saya pernah operasi.. dan stlhnya enggak enak bgt.. semoga ngga akan pernah operasi lagi, aamiin..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  2. wah serem gan ane takut operasi, sehingga lebih baik obat tradisional kalau masih memungkinkan ;)

    BalasHapus
  3. klo di bius total memang ga kerasa apa2,, tapi efek samping selalu ada pasca operasi,, semoga disehatkan semuanya yaa aminn

    BalasHapus
  4. Setidaknya menjadi solusi terbaik atas masalah kesehatan yang dihadapi pasien.

    BalasHapus
  5. Kami bahkan kehilangan adik bungsu kami krn operasi cesar 😔😔😔. Bayinya sendiri selamat

    BalasHapus


EmoticonEmoticon