Cara Memasang Facebook Messenger di Blog



Pernahkah anda melihat situs-situs besar yang melayani konsumennya dengan plugin aplikasi chatting? Keberadaan aplikasi chatting ini tentu memudahkan bagi konsumen maupun calon konsumen untuk menghubungi pengelola situs. Sang empunya situs pun diuntungkan karena pelayanan terhadap calon konsumen dan konsumen lama terjaga dengan baik. Sehingga ada hubungan timbal balik dua arah yang saling menguntungkan.

Pada banyak situs besar, yang dipasang memang plugin aplikasi chatting yang kurang familiar bagi blogger seperti saya. Kalaupun bisa dicari cara-caranya di Google untuk pemasangan aplikasi tersebut, persyaratan dasar pun tidak bisa terpenuhi. Sebab biasanya aplikasi tersebut selain berbayar, juga hanya berjalan pada hosting mandiri baik dengan platform dari Wordpress, Drupal, Joomla maupun lainnya. Bagaimana dengan para pemakai platform Blogger?


Ya jangan berkecil hati terlebih dulu. Meskipun hanya memakai hosting gratis, domain gratis, dan memakai platform Blogger, anda tetap bisa memiliki tampilan seperti situs profesional yang memiliki plugin aplikasi chatting. Caranya bisa dengan memakai aplikasi chatting milik Facebook, yakni Facebook Messenger.

Aplikasi chatting yang dimiliki Facebook itu akan tampil di sudut kanan bawah dan memunculkan sapaan ketika sebuah laman dikunjungi. Istimewanya lagi, anda tidak perlu repot-repot berkunjung ke aplikasi pihak ketiga lainnya untuk membuka pesan yang dikirim pengunjung lewat aplikasi tersebut. Karena pesan itu akan masuk ke inbox pesan dari Fanpage yang dikaitkan. Kenapa tak direpotkan? Karena Facebook merupakan aplikasi yang sering dibuka, baik lewat komputer apalagi lewat smartphone.

Berikut ini cara memasang Facebook Messenger di blog:

1 Sebelum berlanjut ke cara membuatnya, pastikan dulu anda memiliki Fanpage Facebook. Cara membuat fanpage sudah banyak sekali bertebaran, termasuk di blog ini. Kalau sudah punya, silakan kunjungi situs facebook dengan komputer anda. Ingat ya, dengan komputer bukan melalui smartphone atau versi mobile.
2 Kalau situs Facebook sudah dikunjungi, silakan pergi ke fanpage yang sudah anda miliki. Lalu ke menu Pengaturan yang ada di bagian kanan atas, kemudian klik Platform Messenger yang ada di deretan menu sebelah kiri. Ada enam submenu lagi.


3 Pada submenu Pengaturan Umum, silakan masukkan domain blog anda secara lengkap, misalnya https://www.doel.web.id pada kolom yang tersedia di 'Domain dalam Daftar Putih'. Klik simpan hingga muncul keterangan 'Berhasil disimpan'.
4 Pada submenu Plugin Obrolan Pelanggan, klik 'Menyiapkan'. Anda akan diarahkan ke beberapa tahap tampilan pop-up. Tampilan yang pertama merupakan keterangan persiapan. Setelah klik 'selanjutnya', atur bahasa yang anda pergunakan. Saya mengaturnya kedalam Bahasa Indonesia. Kalau anda mau, sapaan "Hi! How can we help you?" bisa diganti sesuka anda. Setelah diganti, jangan lupa tekan 'Simpan'.


5 Selanjutnya adalah pengaturan warna balon percakapan yang bisa diganti-ganti sesuka hati anda juga. Untuk bagian ini saya memilih warna khas alami Facebook, yakni biru.


6 Pada tahap terakhir, masukkan kembali domain blog yang akan dipasangi Facebook Messenger ini. Klik simpan. Kemudian anda bisa memilih centang pada opsi instal. Saya memilih menginstal sendiri. Terakhir, anda tinggal menyalin kode snippet yang telah disediakan.


7 Selanjutnya silakan ke platform Blogger untuk menaruh kode snippet tadi. Buka menu Tema dan klik Edit HTML. Taruhlah kode snippet tadi di bawah kode <body> atau diatas </body>. Kalau diatas </body> ada </b:if> ya taruhlah diatas kode itu. Biasanya akan muncul kesalahan karena kode dari Facebook tidak memakai tanda petik pada attributin=setup_tool. Silakan kasih tanda petik pada kode tersebut sehingga menjadi attribution="setup_tool".

Silakan lihat hasilnya seperti apa. Kalau langkah-langkahnya sudah ditempuh, anda sudah berhasil. Sehingga anda bakal melihat di sudut kanan bawah dari blog anda akan muncul logo Facebook Messenger. Aplikasi ini biasanya tidak muncul pada homepage, namun hanya keluar ketika anda mengunjungi postingan. Pada template tertentu seperti yang saya pakai, Facebook Messenger hanya muncul kadang-kadang saja kalau dikunjungi melalui smartphone. Saya belum tahu penyebabnya.

Memasang Facebook Messenger di blog mudah 'kan? Silakan pertimbangkan kembali apakah blog anda membutuhkan aplikasi semacam ini. Pasalnya kode-kode semacam ini bisa menyumbang beratnya loading blog anda karena memanggil javascript dari tempat lain.

2 komentar

  1. keren juga ih mas, tapi nanti nya ganggu loading page kita nih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit kok ngaruhnya juga, gak memberatkan :)

      Hapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.
EmoticonEmoticon