Cara Mengganti Jenis Iklan yang Dilihat di Facebook

Facebook sering memunculkan iklan di beranda penggunanya. Postingan berupa iklan ini akan ditandai dengan 'sponsored' di bawah akun pengunggahnya. Kalau dulu kita tak pernah tahu mengapa iklan ini bisa muncul, sekarang Facebook memberitahukannya.

Ada fitur baru dari facebook yang bernama "Why am I seeing this ad?" atau "Mengapa saya melihat iklan ini?". Eh, baiklah fitur ini sebetulnya sudah ada sejak empat tahun silam. Namun Facebook memperbaruinya pada 11 Juli 2019.


Sejak empat tahun silam, fitur "Why am I seeing this ad?" ini hanya memunculkan dua garis besar terkait iklan yang muncul. Pertama, terkait peta demografi pengguna Facebook sendiri, misalnya lokasi pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, dan lain sebagainya. Kedua, situs-situs yang pernah dikunjungi diluar Facebook. Nah, buat yang belum tahu, Facebook memang memata-matai aktivitas kita di internet.

Pembaruan terhadap fitur "Why am I seeing this ad?" tersebut memberi penjelasan lebih spesifik mengapa iklan tersebut muncul di beranda pengguna. Alasannya lebih detil mengapa kita menjadi target dari iklan tersebut. Singkat kata, Facebook membuka hasil pembacaannya terhadap penggunanya.

Hasil pembacaan algoritma Facebook terhadap pengguna ini akan dibuka setelah kita menggunakan fitur "Why am I seeing this ad?" tersebut. Disitu bakal terlihat kalau kita berminat pada bidang A, B, X, Y, dan seterusnya. Kemudian Facebook juga menjelaskan kalau hasil pembacaan itu datang darimana. Datanya bisa diambil dari klik suka terhadap fanpage maupun situs yang dikunjungi.

Memangnya Facebook sebaik itu?

Menurut saya ini kabar yang cukup baik. Sebab Facebook mengupayakan sebuah transparansi terhadap bagaimana mereka bekerja dan menggunakan data penggunanya. Akan tetapi apakah Facebook juga tidak diuntungkan dari perubahan mekanisme pembacaan iklan ini? Oh, tentu saja Pulgoso! Facebook jelas diuntungkan dengan pembaruan "Why am I seeing this ad?" ini.

Pembaruan ini bakal membuat pengguna yang memahami akan mengubah preferensi iklannya. Dia akan mengganti minatnya dengan sebenar-benarnya minat yang disukainya. Atau opsi pengguna lainnya, dia bakal menghilangkan agar iklan itu tak muncul lagi. Yang berarti iklan itu memang tak disukainya.

Dari dua opsi itu saja, Facebook mendapatkan penargetan lebih baik. Pertama buat orang yang ingin mengganti preferensi iklan kepada hal-hal yang disukainya saja. Maka Facebook mendapatkan target lebih detil dari pengguna semacam ini. Artinya pengiklan pun senang sebab konversinya bakalan semakin baik.

Kalau untuk pengguna jenis kedua, Facebook juga bisa mengetahui kalau iklan yang disuguhkan ternyata tidak disukai. Itu berarti Facebook bisa menggantinya dengan iklan yang lebih disukai. Jika iklan tersebut tidak disukai lagi, Facebook akan mencoba dengan iklan yang lain sampai ada iklan yang diklik orang tersebut. Ya, Facebook selalu menang.


Jadi kalau pembaruan "Why am I seeing this ad?" tadi dianggap lebih berpihak kepada pengguna, maaf anda salah.

Untuk mengetahui bagaimana fitur ini bisa dipergunakan, silakan anda rujuk video berikut.



Cara Mengubah Preferensi Iklan

Sekarang Facebook menyediakan menu Ad Preferences yang bisa diakses di https://www.facebook.com/ads/preferences. Di sini anda bisa mengetahui ketertarikan anda terhadap berbagai hal yang berhasil direkam oleh Facebook sejak pertama kali anda memiliki akun.

Misalnya anda pernah mengklik fanpage tentang 5 Minutes Craft, maka di laman ini akan muncul ketertarikan tentang Do it Yourself (DIY) di menu Hobi dan aktivitas. Begitu juga dengan hal-hal yang lain. Ada yang langsung memunculkan fanpage resmi, ada juga fanpage yang tercipta secara otomatis dari Facebook sendiri.

Pada masing-masing minat tadi, ada logo 'x' atau tanda silang kalau dibuka di komputer. Namun kalau melalui smartphone, tombol silang ini tidak ada. Yang ada hanyalah simbol titik tiga yang bisa diklik.

Klik tanda silang untuk menhilangkan minat di preferensi iklan Facebook.


Untuk mengubah preferensi iklan, silakan klik tanda silang tadi untuk menghilangkan minat tersebut. Kalau di smartphone, silakan klik titik tiga tersebut dan pilih 'remove'. Kalau mau banyak preferensi yang hilang, silakan hapus semuanya saja. Tapi apakah betul-betul tak ada fanpage yang kita sukai?

Kalaupun preferensi tadi dihapus semuanya, Facebook tetap memunculkan iklan. Sebab apa yang kita unggah, apa yang pernah diklik, grup apa yang sering dikomentari, dan apa yang pernah dibagikan oleh penggunanya selalu diketahui oleh Facebook. Dan aktivitas tersebut akan memunculkan preferensi baru dan tentu saja bakal menghadirkan iklan yang baru.

Ya, tak ada cara untuk menghilangkan iklan di Facebook. Lhah Facebook itu berbayar kok. Cuma alat pembayarannya bukan memakai uang, tetapi memakai data pribadi kita untuk dipergunakan sebagai target iklan.
Artikel Terkait:

5 Komentar untuk "Cara Mengganti Jenis Iklan yang Dilihat di Facebook"

  1. Saya tersentak kalimat terakhir bang Doel. Ternyata itu rahasi FB terasa gratis yah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahasia umum, Bang... hehe

      Hapus
    2. Rahasia umum sekali ya..

      Pas banget beberapa hari lalu baru nonton video yutubnya Remotivi tentang media yang (terlihat) gratis yang sebenarnya tidak gratis dan mengkonsumsi data-data pribadi kita.

      Hapus
    3. Betul mbak, tapi kadang-kadang kita tak punya pilihan sehingga tetap memakainya.

      Hapus
  2. okelah bang bisa dicoba tipsnya

    BalasHapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel