Cara Mudah Menghentikan Pulsa Berkurang Sendiri

Hampir semua pengguna smartphone Android mungkin pernah mendengar kasus pulsa berkurang dengan sendirinya. Pengurangannya memang tidak banyak, biasanya Rp2.000/hari. Meski begitu, tentu ini menjengkelkan.

Pulsa tersebut berkurang seiring dengan SMS yang masuk dari layanan tertentu. Kebanyakan layanan ini hadir sendiri. Pengguna biasanya tidak menyadari kalau nomornya sudah terdaftar di layanan premium tertentu.

Banyak yang frustasi menghadapi masalah ini. Sebab pengurangan pulsa tersebut hadir dengan beragam cara.

Ada dua cara umum dari operator atau penyedia konten untuk memotong pulsa tanpa sepengetahuan penggunanya.

Pertama, pengguna smartphone terdaftar pada layanan konten premium. Mereka secara rutin menerima informasi tertentu melalui SMS. Pada setiap pesan yang diterima, pulsanya bakal terpotong.

Ya, pengguna mungkin tak pernah dengan sukarela mendaftar layanan konten, misalnya horoskop, info artis, dan lain-lain dengan SMS berbayar Rp1.000 - Rp2.000. Sebab dengan internet, informasi tersebut bisa didapatkan dengan lebih mudah dan harga yang lebih murah.

Namun aktivitas internet itu juga yang kerap menyebabkan pengguna terjebak berlangganan SMS layanan premium itu. Pengguna sering terjebak pada push-notification atau iklan pop-up ketika membuka situs-situs tertentu.

Yang kedua, pengguna pernah memakai layanan paket tertentu dari operator. Layanan ini lupa dimatikan oleh pengguna sehingga pulsanya terus terpakai.

Misalnya layanan paket internet harian. Pengguna mungkin memakainya saat kondisi darurat. Sehingga saat nomornya berganti layanan paket internet bulanan yang lebih mahal, paket internet harian itu terus menyedot pulsa meski tak dipergunakan.



Kedua macam masalah tersebut merupakan masalah yang umum. Namun buat para pengguna nomor dari operator Indosat, berikut ini cara yang bisa ditempuh agar pulsa Indosat tidak terus berkurang.

Menghentikan layanan dengan SMS

Layanan yang menyedot pulsa itu memang sering menggunakan SMS. Sehingga cara menghentikan yang paling sederhana juga meski melalui layanan ini.

Untuk para pengguna operator Indosat, cukup dengan mengetik STOP dan kirim SMS tersebut ke nomor 726. Maka seluruh layanan yang menyedot pulsa akan berhenti.

Menghentikan layanan dengan UMB

Nomor 726 memang dipergunakan khusus oleh Indosat untuk menangani masalah ini. Sehingga buat yang ragu buat memakai SMS bisa menggunakan UMB dengan mengetik *726#.

Sekadar informasi, UMB adalah USSD Menu Browser. Nah, USSD sendiri merupakan Unstructured Suplementary Service Data.

Dengan layanan ini, pengguna bakal diberikan dua pilihan, yakni STATUS dan STOP.

Apabila memilih STATUS namun jawabannya nomor anda tidak terdaftar pada layanan apapun, maka tidak ada layanan premium yang meski dihentikan. Jadi tidak perlu dengan melanjutkannya ke menu STOP.

Menggunakan UMB dengan nomor berbeda

Indosat juga menyediakan nomor lain untuk layanan UMB mereka. Kali ini menggunakan nomor *123*44#.

Dengan menggunakan nomor itu, pengguna bakal diberikan beberapa pilihan, yakni UNREG dari layanan tertentu saja, dan UNREG dari semua layanan. Pilih saja yang kedua.

Menghubungi CS Indosat

Saya biasanya langsung menghubungi costumer care Indosat di Twitter. Caranya bisa mengirim DM atau mention langsung akun @IndosatCare.

Nanti bakal diketahui penyebabnya apa dan bisa dimatikan layanannya langsung dari sana. Asal penjelasan bahasanya runut ya, dan penyampaiannya sopan.

CS Indosat ini juga bisa dikontak melalui email ke cs@indosatooredoo.com atau ke halaman http://indosatooredoo.com/id/personal/support/contact-us. Silakan jelaskan masalahnya secara runut.

Pamungkas: Telepon CS Indosat

Kalau cara diatas tidak mempan, silakan lakukan panggilan telepon ke CS Indosat langsung di nomor 185. Panggilan ini berbiaya Rp1.000 per panggilan dari nomor Indosat.

Demikian cara mudah menghentikan pulsa Indosat yang berkurang sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat.



Artikel Terkait:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menghentikan Pulsa Berkurang Sendiri"

Posting Komentar

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel