Canggihnya Chat Bot INDIRA dan iKanvas dari Indosat

Buat yang mengikuti dunia digital secara intens, pasti tidak asing dengan keberadaan artificial intelligence. Kabarnya, teknologi ini bakal memudahkan banyak pihak untuk berinteraksi.

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah lumrah dipergunakan dalam industri teknologi. Alat ini memudahkan mesin untuk membaca manusia, agar memahami dan pada akhirnya bisa membantu tugas dan masalah yang dihadapi.

Dengan pelbagai algoritma tertentu, perangkat lunak ini bisa mengenali kebiasaan manusia. Sehingga dalam penggunaannya, AI bisa mengenali pola kebiasaan dan memberikan rekomendasi tertentu agar manusia semakin mudah dalam menjalani aktivitasnya.


Indosat, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, juga memanfaatkan teknologi ini. Kecerdasan buatan dipakai untuk memudahkan interaksi perusahaan dengan pelanggan.

Chat Bot INDIRA

Untuk yang pernah berhubungan dengan customer service pusat mesti paham, kalau berbicara dengan mereka selain membutuhkan biaya juga waktu yang tak sebentar. Oleh karenanya Indosat memberikan fasilitas chat bot untuk mengatasi kendala awal ini.

Pelanggan bisa memanfaatkan chat bot tersebut sebagai fasilitas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Chat bot ini berupaya mengurangi waktu tunggu ketika menghubungi customer service.

Dengan fitur live chat, pelanggan bahkan tak perlu menelepon customer service untuk bertanya-tanya tentang masalah yang dihadapi atau sekadar pembelian paket dan pulsa Indosat.

Chat bot yang diberi nama INDIRA atau Indosat Digital Representative Assistant ini selain bertugas menjawab pertanyaan pelanggan, juga bisa membantu memesan nomor antrian kunjungan ke gerai.

Tugas lainnya pun merekam aktivitas penggunaan pulsa pelanggan, sehingga bisa memilihkan paket yang cocok.

Untuk menggunakan INDIRA, pengguna Indosat bisa langsung mengunduh aplikasi MyIM3 di App Store maupun Play Store.

iKanvas untuk Distribusi Konten

Di bulan yang sama setelah INDIRA dirilis, Indosat juga meluncurkan fitur yang tak kalah bagus. Namanya iKanvas.

Sekilas, namanya lokal banget. Hanya ditambah huruf 'i' untuk memiripkan dengan beberapa brand yang sudah populer di dunia teknologi.

Sebelum berbicara apa itu iKanvas, selayaknya kita perlu memahami bahwa komunikasi, pengiriman pesan, dan pelaporannya dalam dunia usaha memegang peran yang sangat penting.

Tidak hanya itu, pengenalan brand di tengah masyarakat lewat kanal media sosial, email, SMS, dan lain-lain lewat konten yang dibuat semenarik harus terukur dan tepat sasaran.

Komunitas bisnis yang kecil mungkin mudah untuk mengatur distribusi konten tadi. Namun tidak begitu dengan perusahaan besar. Selain modal yang besar, sumber daya yang dibutuhkan juga mesti spesifik. Ada istilah social media strategist, dipadukan dengan data analyst, ditambah lagi dengan content creator. Banyak.

Sayangnya tidak semua perusahaan atau entitas bisnis punya sumber daya semacam itu. Sebuah sumber daya yang mampu mengirim pesan baik internal apalagi eksternal dan terlaporkan dengan baik untuk kemajuan perusahaan.

Untuk itulah Indosat menawarkan iKanvas. Sebuah layanan berbasis website yang mampu melakukan efisiensi manajemen komunikasi perusahaan. Efisiensi ini merupakan kata yang tepat untuk iKanvas. Sebab ia mampu membuat konten, mendistribusikan, dan membuat laporannya.

iKanvas merupakan layanan yang dirilis Indosat pada 12 September 2019. Layanan ini merupakan B2B atau Business to Business dari Indosat. Sehingga pengguna perorangan sepertinya bukan menjadi target pasar dari layanan ini.

Dua terobosan baru yang dilakukan oleh Indosat ini menjadi batu bata yang menyusun perusahaan ini menjadi lebih besar. Chat bot INDIRA dan iKanvas menjadi bukti sahih kalau Indosat terus bergeliat merambah pasar telekomunikasi Indonesia yang semakin dinamis dan berkembang.
Artikel Terkait:

6 Komentar untuk "Canggihnya Chat Bot INDIRA dan iKanvas dari Indosat"

  1. chat bot ini memang sangat membantu bagi perusahaan untuk melancarkan interaksi dengan customer, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma kasihan pasti ada pekerja yang tergantikan.

      Hapus
  2. Indosat semakin maju kencang. Sungguh luar biasa.

    BalasHapus
  3. A.I itu minat saya he he he...kebetulan sedang menekuni beberapa bahasa programming terkait A.I.

    Mantap artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bang, tulis-tulis dong di blog biar kita bisa belajar.

      Hapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel