Selain AC, Inilah 5 Pendingin Ruangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Mengusir Hawa Panas

Sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan Air Conditioner (AC) di rumahnya. Hal ini bertujuan untuk menyejukkan ruangan. Selain itu, harga yang dimilikinya pun bisa dibilang sangat terjangkau. Tetapi, masih saja ada sebagian dari kita yang enggan untuk membeli AC karena alasan budget yang dimiliki tidak mencukupi dan kapasitas daya listrik yang tidak mumpuni dengan konsumsi daya yang dibutuhkan AC.

Sumber: Pinterest.com

Lalu, apakah ada cara alternatif lain selain menggunakan AC? Tentunya ada, banyak beberapa cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk menyejukkan ruangan tanpa AC. Beberapa jenis pendingin ruangan ini juga bisa dibilang cukup efisien dan memiliki harga yang terbilang murah serta daya listrik yang rendah. Meskipun tidak seperti AC, tetapi pendingin ini cukup membuat anda merasa sejuk, terutama di siang hari. Apa saja, ya? Berikut adalah lima pendingin ruangan yang bisa anda gunakan untuk mengusir hawa panas di rumah.

1. Exhaust Fan
Sumber: Pinterest.com

Pendingin ruangan ini memiliki konsumsi daya listrik yang lebih rendah dan sangat praktis. Exhaust Fan ini juga bisa ditaruh di mana saja, baik itu di atas jendela atau di atas pintu. Cara kerja pendingin ini adalah dengan menarik udara dari dalam ruangan. Dengan begitu, maka udara yang dihasilkan bisa membuat temperatur di dalam ruangan jadi lebih sejuk. Konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh Exhaust Fan ini pun hampir mirip dengan kipas angin portable dan standing. Sehingga anda tidak perlu cemas jika biaya tagihan listrik membengkak karena menggunakan Exhaust Fan ini. Namun, udara yang dikeluarkan pendingin ini tidak langsung tertuju ke tubuh si pengguna. Jadi, Exhaust Fan ini bisa dibilang lebih aman untuk kesehatan daripada kipas angin.

2. Kipas Angin
Sumber: Pinterest.com
Anda pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan pendingin ruangan satu ini. Kipas angin memiliki 2 jenis yang sering kita jumpai, yakni standing dan portable. Kipas angin standing memiliki bentuk yang cukup besar jika dibandingkan dengan kipas portable. Sehingga kipas portable lebih mudah untuk dipindahkan sesuka hati. Pendingin ruangan satu ini adalah salah satu pendingin ruangan alternatif pengganti AC yang memiliki harga lebih murah. Selain itu, kipas angin pun kini telah banyak berbagai produk yang lebih hemat listrik. Meskipun konsumsi daya nya jauh lebih rendah dari pada AC. Tetapi udara yang dihasilkan kipas angin tidak sejuk seperti AC.

3. Cooling Pack
Sumber: Pinterest.com
Berikutnya, pendingin ruangan yang bisa anda gunakan untuk menyejukkan ruangan adalah Cooling Pack. Alat pendingin ini memiliki bentuk seperti bantal leher. Tetapi, Cooling Pack ini sebenarnya hanya diperuntukan untuk kipas angin saja. Anda hanya perlu meletakkan alat satu ini di belakang kipas angin. Setelah itu, kipas angin akan memberikan udara yang cukup sejuk seperti AC.

Alat ini juga mampu menurunkan suhu pada temperatur ruangan sekitar 3 sampai 4 derajat celcius. Simpan terlebih dahulu Cooling Pack ini di kulkas (sampai membeku) sebelum digunakan. Namun, untuk menggunakan Cooling Pack ini anda harus menyiapkan wadah dibagian belakang kipas angin agar tetesan air dari cooling pack ini tidak berceceran di sembarang tempat.

4. Air Cooler
Sumber: Pinterest.com
Air Cooler ini memiliki bentuk yang lebih sempurna, keren, modern dan praktis. Bentuk yang dimiliki nya pun tidak terlalu besar sehingga bisa ditaruh dimana saja dengan mudah. Selain AC, air cooler ini juga bisa menghasilkan udara yang lebih sejuk. Pada umumnya, air cooler membutuhkan daya listrik untuk menyalakannya. Namun, air cooler ini juga membutuhkan “bahan bakar” dengan es batu atau air biasa.

Air cooler ini juga bisa dibilang paling unggul dibandingkan yang lainnnya. Berbagai merk, spesifikasi dan warna pilihan telah tersedia di beberapa toko elektronik terdekat dan toko online yang tersedia. Harganya pun sangat bervariasi semua tergantung dengan merk masing-masing produk. Untuk membeli air cooler terbaik dengan spesifikasi yang mumpuni, mungkin anda bisa memilih air cooler dari Sharp dengan harga terjangkau. Untuk lebih detailnya, anda bisa langsung cek ke situs resminya.

5. Ventilating Fan
Sumber: Pinterest.com
Dengan desain yang hampir mirip seperti Exhaust Fan ini mempunyai fitur-fitur yang sangat canggih jika dibandingkan dengan Exhaust Fan. Pendingin satu ini bukan hanya berfungsi untuk mengeluarkan udara yang berasal dari dalam ruangan saja, tetapi juga bisa memasukkan udara yang ada di dalam ruangan. Dengan begitu, maka pendingin ruangan ini mampu membuat ruangan terasa lebih sejuk.

Ventilating Fan ini juga membutuhkan daya listrik yang hampir mirip dengan Exhaust Fan. Jadi anda tidak perlu cemas jika tagihan listrik akan membengkak kalau anda menggunakan pendingin satu ini.

Nah, itulah lima pendingin ruangan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan hawa panas di dalam ruangan. Meskipun udara yang dihasilkan tidak seperti AC, tetapi dijamin pendingin ruangan di atas mampu membuat ruangan terasa sejuk.

Namun, kalau anda kurang tertarik dengan beberapa pendingin ruangan di atas, mungkin anda bisa menggunakan AC low watt dari Sharp dengan harga terjangkau. AC ini juga hanya membutuhkan daya listrik yang cukup rendah dibanding dengan jenis AC lainnya. Jika anda tertarik dengan AC ini, maka anda bisa langsung cek ke situs resmi Sharp atau toko online langgananmu.

Artikel Terkait:

3 Komentar untuk "Selain AC, Inilah 5 Pendingin Ruangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Mengusir Hawa Panas"

  1. Akhir musim panas ini, suhu udara sangat panas. Bagi saya yang low-budget, memilih salah satu dari kelima pendingin udara itu menjadi alternatif paling pas karena belum mampu beli AC. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mendekati dinginnya AC sih air cooler, mas. Coba aja hehe

      Hapus
  2. Wah, pas banget nih artikelnya. Akhir-akhir ini mang lagi panas banget hawanya. Kamar depan yang biasa saya pakai buat ngeblog jadi gak nyaman banget buat dipake saking pengapnya.

    Dah coba pake kipas, cooling pack, sama kipas sama aja! Mang harusnya pasang AC, tapi mikir-mikir juga soalnya lumayan gede dayanya. Tapi kalau pasangnya AC low watt boleh juga nih!

    BalasHapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel