Halodoc Konsultasi Dokter Praktis dan Efektif

Halodoc merupakan platform aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bisa diunduh di Android maupun iOS. Ia dibuat oleh Jonathan Sudharta dengan nama perusahaan PT Media Dokter Investama sebagai pemegang platform. Pada Maret 2019 lalu, mereka mendapatkan pendanaan Seri B sebesar $65 juta.

Pendanaan tersebut menjadikan Halodoc sebagai perusahaan rintisan yang mendapat suntikan dana terbesar di Indonesia. Jika dikalkulasi besaran dana tersebut mencapai Rp912 miliar. Hal ini tentu menjadi modal yang lumayan besar untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi kesehatan ini.


halodoc konsultasi dokter

Kenapa ada Halodoc?


Sebagaimana perusahaan rintisan pada umumnya, Halodoc lahir untuk menjawab persoalan yang persis saya alami. Dokter merupakan profesi mulia, namun karena banyak dibutuhkan oleh orang, mereka jadi orang yang memiliki banyak kesibukan. Nah, terlebih dokter-dokter di rumah sakit.

Dokter-dokter di rumah sakit kebanyakan dokter spesialis. Untuk menemui mereka, saya mesti melihat jadwal yang tertera di papan pengumuman sebelumnya. Itupun belum tentu ketika praktek, mereka dengan mudah bisa ditemui. Kadang-kadang mereka memiliki pasien gawat darurat yang harus segera ditangani.

Adakalanya konsultasi dokter lebih mudah dilakukan ketika mereka praktek di klinik pribadi. Mereka kerap lebih banyak meluangkan waktu disana. Sepulang kerja, para dokter ini bakal melayani pasien yang biasanya juga sudah antre menunggu sentuhan tangan demi kesembuhan. Namun disinilah biaya selangit itu muncul.

Buat generasi milenial akhir, tentu persoalan ribetnya birokrasi di rumah sakit itu sungguh-sungguh menyiksa. Antrean di loket pendaftaran yang tidak semudah dan secepat sign-up dengan akun Facebook maupun Google. Juga biaya selangit yang menyebabkan konsultasi dokter tidak selaras dengan para milenial yang belum mapan secara eknomi. Itulah mengapa keberadaan Halodoc sangat-sangat membantu.

Ya, Halodoc memang dibuat untuk mengatasi keribetan itu. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui aplikasi ini. Anda tinggal menekan tombol 'chat', kemudian dengan jadwal yang tersedia mereka bakal membalas keluhan tersebut. Anda tak perlu datang ke tempat praktek mereka, dan tak perlu antre di ruang tunggu hanya untuk tatap muka selama sekian menit.

Halodoc Konsultasi Dokter


Anda bisa tanya dokter umum apabila belum memahami penyakit yang diderita. Untuk pemasang aplikasi pertama ada fasilitas konsultasi gratis dengan dokter umum ini. Kalau harus membayar, setiap yang ingin berkonsultasi mesti membayar Rp25.000,00 per 30 menit konsultasi. Sementara itu tarifnya beragam untuk dokter lainnya. Rata-rata memang dimulai dari Rp25.000,00 hingga Rp75.000,00.

halodoc konsultasi dokter

Ada berbagai macam dokter spesialis yang tersedia. Seperti dokter spesialis jantung, THT, gizi klinis, bedah, saraf, penyakit dalam, gigi, anak, kulit, kandungan, psiko terapus, reproduksi, mata, hingga spesialis medikolegal dan hukum kesehatan. Namun karena berbagai kesibukan, dokter-dokter ini tidak selalu bersedia untuk menjawab pertanyaan lewat aplikasi.

Kalau menemukan ada dokter yang tidak tersedia pada waktu luang anda, silakan tekan tombol "beritahu aku" di bawahnya. Ini merupakan fitur untuk buat janji dokter. Tombol itu akan menjadi notifikasi dari Halodoc untuk mengingatkan anda dengan jadwal yang sudah dibuat.

Kalau ada yang bertanya, apakah dokter yang terpajang di Halodoc ini merupakan tenaga medis yang asli? Ya, tentu saja. Di Halodoc anda bakal melakukan #tanyadokterasli dan dijawab oleh mereka sendiri. Sehingga maklumilah seandainya ada singkatan-singkatan maupun bahasa yang kurang resmi. Kalau sama-sama dipahami dan tujuan konsultasi tercapai, hal-hal kecil itu seharusnya bukan jadi masalah.

Buat yang masih kurang percaya dengan keaslian dokter yang ada, silakan cek saja data diri dokter tersebut. Pada data itu tercantum mereka dari fakultas kedokteran mana, lulus tahun berapa, sekarang praktek dimana, dan berikut nomor Surat Tanda Registrasi dokter yang diterbitkan oleh Kemenkes. Semua bisa dilacak.

Fitur Lain Halodoc


Selain konsultasi dengan dokter yang terpercaya, di aplikasi Halodoc juga tersedia fitur pembelian obat, kunjungan ke rumah sakit, dan pemeriksaan laboratorium. Sayangnya untuk ketiga fitur ini saya belum bisa mengulasnya lebih lanjut. Sebab dalam beberapa kali uji coba, fitur itu terikat dengan lokasi GPS yang terbaca oleh sistem Halodoc.

halodoc konsultasi dokter

Ini berarti demi menjamin kepuasan pengguna, Halodoc baru menjangkau wilayah tertentu saja. Mudah-mudahan ketika aplikasi ini sudah bisa menjangkau banyak daerah, fitur tersebut bisa dinikmati oleh pengguna yang lebih banyak. Sementara ini baru fitur kontultasi dokter saja yang menjangkau luas.

Penutup


Halodoc sebagai aplikasi konsultasi dokter cukup populer di Play Store. Terbukti aplikasi ini diinstal oleh lebih dari satu juta pengguna Android. Hal ini ditambah pula penilaian dari 124.929 pengguna yang menempatkannya mendapatkan poin 4,8.

Demikian review saya tentang aplikasi Halodoc. Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait:

49 Komentar untuk "Halodoc Konsultasi Dokter Praktis dan Efektif"

  1. Sudah lama baca ulasan ttg ini tapi lupa terus mau instal. Trims ulasannya bang Doel. Smg ditempat saya fitur ke lab sama beli obat bisa berfungsi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya fitur Halodoc ini masih seputaran Jakarta, Bang. Tapi mudah-mudahan di Kototabang bisa diakses juga.

      Hapus
    2. Wah kalo Kototabang Imposibel deh hehehe

      Hapus
  2. Menarik juga ya Halodoc ini. Jadi bisa mudah konsultasi sama dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang menarik. Halodoc membuat konsultasi dokter jadi mudah.

      Hapus
  3. Mas, saya mau tanya. Saya juga punya domain web.id akan tetapi tidak bisa digunakan untuk mendaftar adsense kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterangan tidak bisa digunakannya apa? Setahu saya domain tidak berpengaruh waktu daftar.

      Hapus
  4. Halodoc konsultasi dokter ternyata memudahkan ya. Bisa meringkas banyak waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Halodoc konsultasi dokter memudahkan saya untuk bertanya tentang segala macam kondisi medis.

      Hapus
  5. Baru tau ternyata bagus juga fiturnya. Tapi kalau butuh pemeriksaan lanjutan kudu tetep lewat rumah sakit ya, semacam cek lab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalo punya penyakit ya tetep kudu ke RS, gak bisa cuma lewat chat dokter.

      Hapus
  6. Halodoc ternyata ada fitur artikelnya ya. Jadi bisa kaya konsultasi juga meski tanpa memakai fasilitas chat dengan dokternya. Soalnya artikel2nya juga diverifikasi dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, ini menjadi salah satu upaya literasi kesehatan di internet.

      Hapus
  7. Kebetulan saya sudah coba applikasi ini. Sebelum ke dokter di RS sebaiknya emang konsul di Halo Doc, gratis pula. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat diagnosa awal Halodoc ini emang lumayan membantu.

      Hapus
  8. Wah keren banget ini Halodoc, saya malah baru tahu ada aplikasi ini. Enak buat pasien / calon pasien bisa konsultasi dengan dokter lewat hape. Dokternya juga enak, bisa melayani pasien sambil rebahan di kasur, He he . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dokter dan pasien sama-sama enak. Jadi konsultasi dokter udah kaya ngobrol sama temen aja. hehe

      Hapus
  9. Kelebihan aplikasi Halodoc ini adalah memiliki fitur unggulan seperti beli obat, yang mana bisa dibeli langsung dari aplikasi tanpa repot keluar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia, selain konsultasi dokter, soal beli obat juga Halodoc jagonya.

      Hapus
  10. Istri saya sudah beberapa kali menggunakan apps halo doc ini. Sangat efisien dan mampu menjawab pertanyaan2 terkait kesehatan, terutama kesehatan anak (waktu itu). Halo doc tidak hanya menjawab text tetapi juga ada interaksi untuk melihat foto pasien bila diperlukan, menjelaskan obat2an yg diresepkan, kemudian ada jadwal untuk konsultasi ulang.

    Sangat berguna!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren bisa sedetail itu fiturnya. Jadi tidak salah deh kalo menginstal Halodoc buat konsultasi sama dokter.

      Hapus
  11. Saya sich melihatnya ini sebagai alternatif konsultasi dan berobat kalau jauh dari rumah sakit ... karrna bisa konsultasi jarak jauh tanpa perlu tatap muka sembari melakukan hal hal lainnya ...

    Yah sebagian yang suka tatap muka pasti kurang sependapat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, buat orang yang masih kurang yakin sama metode Halodoc ini agaknya bakal memilih metode konvensional tatap muka.

      Hapus
  12. Saya pengguna setia Halodoc. Selama hamil nebus resep dokter selalu pakai aplikasi ini. Kalo ada sakit yg ringan2, gak buru2 ke rumah sakit, cukup chat atau teleponan sama dokter, semua beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren mba konsultasi dokternya pake Halodoc.

      Hapus
  13. Aku sudah jadiin halodoc ini sebagai salah satu aplikasi wajib. Kalau aku sih karena kadang mager untuk beli vitamin atau pas lagi sakit Halodoc ini bisa jadi penyelamat banget, kayak aplikasi pesan antar makanan tapi ini dalam bentuk obat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata fitur antar obat di Halodoc juga banyak dipergunakan ya.

      Hapus
  14. Bener kebantu banget deh aplikasi halo Doc. Ini ..krna pernah mengalami batuk ga sembuh2 ternyata aturan minum obatnya salah ...dapet info dari aplikasi halo doc ketemu..ngebantu banget deh ini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seneng kalo udah sembuh. Terima kasih Halodoc. Semoga mas Bayu sehat seterusnya.

      Hapus
  15. Fitur konsultasi dan beli obat ini membantu banget sih buat orang seperti saya yang malas keluar rumah dan macet-macetan. Halodoc emang mantulllll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini buat yang gak suka sama macet di jalan raya kalo beli obat, lebih baik serahkan sama Halodoc ya

      Hapus
  16. Saya suka liat iklannya nih Bang,,pas nonton drama Korea di suatu aplikasi nonton. Bintang iklannya Bunga Citra Lestari. Bagus nih buat buibu yg suka panikan kl anak sakit saran dr orang2 sekitar banyak banget. Kan lbh trusted kl dokter yg advice hehe. Tfs Bang Doel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu salah satu fitu yang bikin aplikasi Halodoc jadi recommended. sebab setiap artikel bakal dicek oleh dokter atau tenaga medis.

      Hapus
  17. Besar juga ya ternyata kucuran dana untuk halodoc ini.
    Di handphone saya juga sudah ada aplikasi halodoc, tapi belum mengeksplorasi fitur-fiturnya.
    Semoga saja ke depan semakin bagus ya layanannya dan makin luas jangkauannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prospektof jadi Unicorn kayaknya Halodoc ini.

      Amiin semoga Halodoc bisa menjangkau banyak wilayah di Indonesia.

      Hapus
  18. Penting dan berguna banget memang ini mas aplikasinya. Bahkan kayanya kerjasama dengan BPJS juga ya kemarin papa saya bilang bisa pesan dan dikirim obat via Halodoc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya buat yang repot kalo harus keluar beli obat, Halodoc bisa menjadi solusi.

      Hapus
  19. Halodoc seperti menjawab kebutuhan akan akses langsung menuju ke dokter yang diinginkan. Saya paham sih, bagaimana rasanya ingin berobat/berknsultasi pada dokter X tapi antrian praktik beliau bikin keder duluan. Platform seperti Halodoc ini mempermudah proses registrasi dan tak perlu antri di lokasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan dikembangkannya Halodoc dan aplikasi serupa memang bertujuan mengatasi antrean yang lama, mbak. Mudah-mudahan Halodoc bisa selalu menjadi solusi konsultasi dokter.

      Hapus
  20. buru-buru install ah
    semoga ada banyak dokter spesialis yang bagus di sana
    plantar fascitisku belum sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh hayuk pakai Halodoc konsultasi dokter, mas. Semoga sakitnya bisa segera sembuh.

      Hapus
  21. aku udah download halodoc ini dong sebulanan kmren, mayan loh mas buat anak kos kayak bisa dimanfaatkann buat minta perhatian, ehhh maksunya buat tanya2 via chat masalah obat klo pas gak enak body...

    secara jauh dari ortu kan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tuh, Halodoc bisa banget buat nyari perhatian saat konsultasi dokter hihi

      Yuk instal Halodoc.

      Hapus
  22. Sekarang semua serba mudah dan praktis kan, mau berobat aja gak perlu rempong lagi. Bahkan konsultasi juga enak yah di halodoc, aku pun mau cobain nih biar dapat langsung manfaat dari konsultasinya serta menemukan solusi pastinya dari penyakit yang dialami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, konsultasi dokter lewat Halodoc bisa lebih mudah. Jadi sakit yang dialami calon pasien bisa didiagnosa lebih awal sebelum parah karena menunggu waktu praktek.

      Hapus
  23. Halodoc ini aplikasi yang sangat membantu sekali, kalau tidak terlalu urgen ke Rumah Sakit, bisa tanya-tanya dokter di sini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Halodoc bisa dipakai buat diagnosa awal sebelum berkonsultasi ke dokter secara tatap muka.

      Hapus
  24. Aku baru tahu, kalo Halodoc bisa konsultasi berbayar juga, jadi lebih fokus yah. Jauh lebih murah pula drpd dateng langsung. Coba ah install aplikasinya. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Ya, kalo pake Halodoc Konsultasi Dokter kaya punya tenaga medis pribadi. hehe

      Hapus

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel