5 Dompet Digital yang Wajib Anda Instal

Era digital seperti sekarang ini telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam hal melakukan pembayaran. Konsep tunai yang dulu banyak digunakan, kini telah sedikit berubah dengan cara yang lebih mudah dan modern.

Dompet digital merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan berbagai pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi dompet digital, berbagai pembayaran seperti tagihan internet, PLN, membeli pulsa dan belanja online bisa dilakukan dengan mudah.



Transaksi dengan mesin dompet digital / Sumber: Freepik.

Dompet digital membuat pembayaran menjadi lebih efisien dan mudah. Terlebih di Indonesia sendiri terdapat beberapa layanan dompet digital yang dikelola langsung oleh perusahaan besar. Sehingga uang yang disimpan akan aman dan pada saat digunakan tidak terkendala masalah.

1. Dana


Dengan menggunakan aplikasi DANA, segala pembayaran mulai dari PDAM, BPJS, telepon, listrik hingga pulsa bisa dilakukan. Untuk melakukan pembayaran hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan prosesnya bisa dibilang sangat cepat.

Anda tak perlu pusing dengan urusan uang kembalian karena secara otomatis sistem akan memotong saldo yang dimiliki sesuai harganya. Tersedia riwayat transaksi yang akan memudahkan untuk proses monitoring keuangan baik masuk maupun keluar.

Dana telah bekerjasama dengan Bukalapak sebagai layanan dompet digital di ecommerce tersebut. Sehingga memungkinkan pengguna DANA untuk membayar tagihan belanja online dengan saldo yang dimiliki.

2. OVO


Dompet digital OVO dikelola langsung oleh PT. Visionet Internasional, sehingga untuk keamanan dan kemudahannya terjamin.

Beberapa orang menganggap OVO menjadi dompet digital terbaik karena dari segi layanannya mudah untuk digunakan dan cepat. Tak jarang promo-promo menarik disediakan untuk para pengguna sehingga pembayaran menjadi lebih hemat.\

OVO juga sudah bekerjasama dengan banyak merchant, sehingga pembayaran di merchant tersebut bisa dilakukan menggunakan OVO. Dompet digital OVO telah mendukung kurang lebih 60.000 outlet di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, jangan khawatir jika tidak memiliki uang tunai ketika bepergian.

3. Gopay


Pengguna Gojek pasti tak akan lepas dari dompet digital bernama Gopay. Dompet digital ini memang awalnya digunakan untuk pembayaran pada aplikasi ojek online Gojek. Namun sekarang tak terbatas pada itu saja, Gopay telah menjadi salah satu dompet digital terbaik di Indonesia dengan pengguna yang banyak.

Sama seperti dompet digital lain, dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan pembayaran TV berbayar, PLN, BPJS, belanja online, membayar belanjaan offline dan masih banyak lagi. Keunggulan dari dompet digital ini bukan lain bisa digunakan untuk membayar Go Ride, Go Food dan semua layanan di Gojek dengan mudah.

4. LinkAja


Dompet digital yang awalnya bernama Telkomsel Cash (TCAST), kini telah berubah nama menjadi Link Aja. Perubahan nama ini diikuti dengan pengembangan layanan yang menjadi lebih baik. Dompet digital ini dikelola oleh perusahaan PT Fintek Karya Nusantara dengan slogan "Semua Beres #PakeLinkAja”.

LinkAja memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya, mulai dari pembayaran merchant, membeli pulsa maupun paket data, berbelanja online hingga kirim uang ke orang lain.

Saat ini, LinkAja telah mendukung berbagai merchant seperti KFC, Indomaret, Alfamart, Pertamina, PLN dan masih banyak lagi.

5. Doku Wallet


Selain ke empat dompet digital di atas, Doku Wallet juga cocok untuk digunakan. Apalagi bagi yang sering bepergian ke laur negri, Doku Wallet telah mendukung merchant penerbangan seperti Air Asia hingga Citilink.

Saldo yang ada di Doku Wallet juga bisa digunakan untuk berbelanja di AliExpress yang dikenal sebagai ecommerce dengan harga produk yang murah.

Itu dia beberapa dompet digital terpopuler yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk tetap kontrol jiwa konsumtif agar kondisi keuangan tetap aman ya.

2 comments for "5 Dompet Digital yang Wajib Anda Instal"

  1. saya menggunakan 2 mas, GoPay dan Ovo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pengguna semuanya, mas. tapi gak ada saldonya 😭

      Delete

Post a Comment

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.