Mesin EDC Gopay Dibalik Suksesnya Resto UMKM Ini

Mesin EDC Gopay merupakan mesin kasir point of sales (POS) yang terintegrasi dengan GoBiz, sebuah aplikasi bisnis dari GoJek. Nama di pasar dari mesin EDC Gopay ini adalah SPOTS. Mesin kasir ini mampu mencatat pesanan, menerima pembayaran digital, dan mengelola laporan.

Sebelum berbicara tentang mesin EDC Gopay lebih lanjut, mari bicara data dulu. Bank Indonesia mencatat transaksi pengguna dompet digital telah mencapai USD 1,5 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun. Saya mengutip data ini dari iPrice.

Banyak yang memprediksi hingga tahun 2023 nanti jumlah itu bakal meningkat hingga USD 25 juta.

Yang perlu dicatat, sejak dompet digital atau e-wallet mulai populer pada 2017, ada satu nama yang masih konsisten hingga saat ini duduk di peringkat paling atas.

Dompet digital dari Gojek ini tidak tergeser meski banyak pemain baru yang cukup agresif. Ya, dialah GoPay, dompet digital dari GoJek.

Masuknya platform GoJek di kota-kota kecil, dimana salah satunya Indramayu, cukup mengubah peta usaha. Banyak warung makan yang tiba-tiba populer dan laris berkat kemunculan mereka di GoFood, salah satu menu yang terintegrasi di GoJek.

Ayam Gepuk Pak Gembus

Salah satu warung makan yang sering muncul di GoFood adalah Ayam Gepuk Pak Gembus. Jangan berpikir kalau warung makan ini dikonsep oleh seseorang berperawakan gemuk, berkumis, dan tambun bernama Pak Gembus. Bukan. Sebab Pak Gembus merupakan nama kecil dari Ridho Nurul Adityawan, seorang pria yang berperawakan biasa saja.

Ridho ini merupakan pendiri Ayam Gepuk Pak Gembus. Dengan berbagai perjuangan, Ridho akhirnya mampu mendirikan warung makan tersebut.

Pertama kali ia membukanya di Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat pada tahun 2013. Saat itu konsepnya masih kaki lima.

Sebuah pepatah berbunyi: sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain. Pepatah ini cocok buat Ridho dengan Ayam Gepuk Pak Gembus.

Pada mulanya, menghabiskan tiga ekor ayam saja sungguh berat. Ingin rasanya ia menyerah pada waktu itu. Lama kelamaan mendung pun kabur, ayamnya mulai laris dan diminati banyak orang.

Sampai pada suatu ketika, seorang teman menawari Ridho konsep franchise. Konsep ini yang pada akhirnya membuat Ridho membangun sebuah perusahaan PT Yellow Food Indonesia.

Perusahaan ini sekarang membawahi ratusan cabang warung makan Ayam Gepuk Pak Gembus se-Asia Tenggara.

Buat Anda yang tinggal di Indramayu atau singgah di kota mangga ini, silakan mampir saja ke Ayam Gepuk Pak Gembus, Sudirman. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 112, Indramayu.

Ayam Gepuk Pak Gembus Sudirman Indramayu

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mampir ke Ayam Gepuk Pak Gembus Sudirman ini. Pemiliknya bernama Agus Yonatan. Meski berkumis cukup lebat, pria paruh baya ini ramah terhadap siapapun.

Ia memasak ayamnya sendiri. Sementara untuk mengantarkan makanan ke meja konsumen dibantu seorang pramuniaga.

Buat warga Jawa Barat, sebetulnya tidak asing dengan kosakata ‘gepuk’. Namun kata ini biasanya bersandingan dengan daging. Namun gepuk kali ini berbeda.

Ayam gepuk khas Pak Gembus merupakan ayam goreng atau ayam bakar yang sebelumnya di-gepuk alias dipukul sedikit dengan ulekan. Penyajiannya diberi sambal dan bawang goreng.

Buat yang tak suka pedas, bisa memesan yang sambalnya dipisah. Namun tentu saja tidak direkomendasikan, karena ayam gepuk ini cocoknya ya pakai sambal. Tampilannya yang cantik membuat selera makan bertambah.

Mesin EDC Gopay

Yang paling khas dari ayam milik Ayam Gepuk Pak Gembus adalah ayamnya yang segar. Bukan maksud ayam di warung yang lain tidak segar. Maksudnya untuk menuju bumbu yang meresap, biasanya ayam direndam beberapa hari dengan mengorbankan kesegaran dagingnya. Nah, ayam disini tak begitu. Ia tetap segar meski bumbunya terasa di daging.

Saya memesan dua ayam bakar dengan varian komplit. Harganya murah, lengkap dengan minumnya saya membayar Rp48.000. Harga paket ayam bakarnya sendiri seharga Rp20.000 per item.

Dibalik Ayam Gepuk Pak Gembus

“Pak, itu di pojokan alat apa?” saya bertanya pada Pak Agus demi melihat sebuah EDC yang tampak seperti mesin kasir. Saya cukup tertarik, sebab biasanya warung kecil macam begini, mana ada EDC. Biasanya hanya menerima tunai saja.

\”Oh, itu SPOTS. Mesin EDC GoPay. Bisa pakai GoPay dan kartu debit BCA juga,\” jawab Pak Agus.

Akhirnya lima puluh ribuan yang saya pegang dimasukkan kembali ke dompet. Saya menggunakan kartu debit BCA untuk membayarnya. Mumpung banyak cashback di akhir tahun.

Saya memuji Pak Agus dengan pemakaian mesin kasir tersebut. Ia menjawabnya dengan senyuman khasnya yang tersembunyi dibalik kumis. Katanya mesin SPOTS ini merupakan rahasia dibalik kemudahannya dalam mengatur banyaknya pesanan yang bersumber dari driver GoJek.

Setelah saya cari tahu lebih banyak, ternyata Mesin EDC Gopay ini memang dipakai secara resmi oleh Ayam Gepuk Pak Gembus. Keren juga ya.

Keunggulan Mesin EDC Gopay

SPOTS merupakan aplikasi kasir online dengan sistem Point of Sales (POS). Orang-orang kerap menyebutnya Mesin EDC Gopay atau mesin EDC GoPay.

Penyebutan mesin EDC tersebut dikarenakan SPOTS is powered by GoJek. Iya, GoJek terus melebarkan usahanya hingga punya usaha mesin kasir begini buat menopang bisnis GoPay-nya.

SPOTS merupakan alat yang memiliki banyak fungsi. Selain bisa mencatat transaksi sebagaimana mesin kasir pada umumnya, ia juga bisa melakukan pencetakan resi tanpa printer eksternal, menerima pesanan GoFood, hingga pembuatan laporan harian.

Mesin EDC Gopay

Untuk lebih jelasnya inilah beberapa fitur dari SPOTS:

1. Kemudahan mengatur menu

SPOTS dibuat oleh para engineer GoJek. Sehingga tampilan penggunanya sangat nyaman. Pengguna bisa melakukan impor menu yang sudah terpasang di GoFood sebelumnya. Menu tersebut bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

Cara menggunakan mesin EDC ini juga mudah. Selain user interface-nya mudah, ditunjang pula dengan panel layar sentuh yang cukup lebar meski bodi benda ini cukup kecil untuk ukuran mesin kasir yang terintegrasi printer.

Mesin EDC Gopay

2. Menerima pesanan GoFood

Buat para partner GoFood yang terdaftar seperti Ayam Pak Gembus Sudirman tadi, aplikasi SPOTS bakal memunculkan notifikasi apabila ada yang memesan lewat GoFood. Hal ini memberikan kemudahan untuk menyiapkan pesanan sebelum driver datang memesan secara langsung.

Mesin EDC Gopay

3. Menerima pembayaran GoPay, tunai, dan kartu debit

Meski berstatus sebagai mesin EDC GoPay yang berjalan secara online, bukan berarti SPOTS tidak bisa mengatur pembayaran tunai. SPOTS saat ini sudah menerima tiga tipe pembayaran, yakni dengan GoPay dimana tinggal scan QR saja, kemudian melalui uang tunai, dan terakhir SPOTS ini merupakan mesin EDC dengan kartu debit. Kabarnya nanti bakal hadir pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Mesin EDC Gopay

4. Mencetak resi secara langsung

Setelah pembayaran terverifikasi, SPOTS bakal mencetaknya secara langsung. Buat mesin kasir lainnya, pencetakan ini tentu membutuhkan printer tambahan. Sehingga mengganggu mobilitas mesin. Tetapi tidak bagi SPOTS. Sebab secara default, printernya sudah terintegrasi di dalam mesin ini.

Mesin EDC Gopay

5. Laporan keuangan secara otomatis

Setiap pengusaha pasti menginginkan pembuatan laporan keuangan yang komprehensif setiap hari. Dengan SPOTS, pengguna tidak perlu merekap secara manual hasil penjualannya pada hari itu. Sebab semuanya sudah dibuatkan oleh SPOTS lengkap dengan fitur menu terpopuler dan jenis pembayaran yang dipergunakan konsumen.

Mesin EDC Gopay

Cara Mendapatkan Mesin EDC Gopay

Saat bertanya-tanya sedikit soal SPOTS pada Pak Agus pemilik gerai franchise Ayam Gepuk Pak Gembus tadi, saya dikira sales SPOTS. Mungkin tampang saya mirip sales kali ya. Ia menanyakan bagaimana mendapatkan mesin SPOTS untuk tetangga usahanya. Saya tengok, memang ada beberapa kios makanan juga di sebelah kanan dan kirinya.

Saya bilang saja ke Pak Agus, jika mereka berminat dengan SPOTS silakan kunjungi saja situs SPOTS lalu isi data diri dan usahanya disitu secara lengkap. Buat tambahan pengetahuan, bisa juga berkunjung ke Instagram SPOTS.

Harga Mesin EDC Gopay

Untuk biaya pertamanya tidak begitu mahal, setiap pemilik usaha yang bermitra bakal dikenai charge sebesar Rp490.000 dan mendapatkan mesin yang mengintegrasikan antara tablet, printer, EDC, serta software SPOTS didalamnya. Setiap hari secara otomatis SPOTS bakal memotong biaya layanan sebesar Rp4.900.

Berikut ilustrasi SPOTS dalam bentuk video:

Penutup

Demikian artikel saya tentang mesin EDC GoPay yang bernama SPOTS. Apabila ada pengalaman lain soal kuliner atau aplikasi yang sama, silakan kemukakan di kolom komentar. Saya bakal senang membacanya. Terima kasih sudah membaca hingga tuntas ya.

Leave a Comment