Mesin EDC Gopay Dibalik Suksesnya Resto UMKM Ini

Mesin EDC Gopay merupakan mesin kasir point of sales (POS) yang terintegrasi dengan GoBiz, sebuah aplikasi bisnis dari GoJek. Nama di pasar dari mesin EDC Gopay ini adalah SPOTS. Mesin kasir ini mampu mencatat pesanan, menerima pembayaran digital, dan mengelola laporan.



Sebelum berbicara tentang mesin EDC Gopay lebih lanjut, mari bicara data dulu. Bank Indonesia mencatat transaksi pengguna dompet digital telah mencapai USD 1,5 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun. Saya mengutip data ini dari iPrice.

Banyak yang memprediksi hingga tahun 2023 nanti jumlah itu bakal meningkat hingga USD 25 juta.

Yang perlu dicatat, sejak dompet digital atau e-wallet mulai populer pada 2017, ada satu nama yang masih konsisten hingga saat ini duduk di peringkat paling atas.

Dompet digital dari Gojek ini tidak tergeser meski banyak pemain baru yang cukup agresif. Ya, dialah GoPay, dompet digital dari GoJek.

Masuknya platform GoJek di kota-kota kecil, dimana salah satunya Indramayu, cukup mengubah peta usaha. Banyak warung makan yang tiba-tiba populer dan laris berkat kemunculan mereka di GoFood, salah satu menu yang terintegrasi di GoJek.

Mesin EDC Gopay
Mesin EDC Gopay / Sumber: SPOTS.

Ayam Gepuk Pak Gembus


Salah satu warung makan yang sering muncul di GoFood adalah Ayam Gepuk Pak Gembus. Jangan berpikir kalau warung makan ini dikonsep oleh seseorang berperawakan gemuk, berkumis, dan tambun bernama Pak Gembus. Bukan. Sebab Pak Gembus merupakan nama kecil dari Ridho Nurul Adityawan, seorang pria yang berperawakan biasa saja.

Ridho ini merupakan pendiri Ayam Gepuk Pak Gembus. Dengan berbagai perjuangan, Ridho akhirnya mampu mendirikan warung makan tersebut.

Pertama kali ia membukanya di Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat pada tahun 2013. Saat itu konsepnya masih kaki lima.

Sebuah pepatah berbunyi: sehari selembar benang, lama-lama menjadi kain. Pepatah ini cocok buat Ridho dengan Ayam Gepuk Pak Gembus.

Pada mulanya, menghabiskan tiga ekor ayam saja sungguh berat. Ingin rasanya ia menyerah pada waktu itu. Lama kelamaan mendung pun kabur, ayamnya mulai laris dan diminati banyak orang.

Sampai pada suatu ketika, seorang teman menawari Ridho konsep franchise. Konsep ini yang pada akhirnya membuat Ridho membangun sebuah perusahaan PT Yellow Food Indonesia.

Perusahaan ini sekarang membawahi ratusan cabang warung makan Ayam Gepuk Pak Gembus se-Asia Tenggara.

Buat Anda yang tinggal di Indramayu atau singgah di kota mangga ini, silakan mampir saja ke Ayam Gepuk Pak Gembus, Sudirman. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 112, Indramayu.

Ayam Gepuk Pak Gembus Sudirman Indramayu


Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mampir ke Ayam Gepuk Pak Gembus Sudirman ini. Pemiliknya bernama Agus Yonatan. Meski berkumis cukup lebat, pria paruh baya ini ramah terhadap siapapun.

Ia memasak ayamnya sendiri. Sementara untuk mengantarkan makanan ke meja konsumen dibantu seorang pramuniaga.

Buat warga Jawa Barat, sebetulnya tidak asing dengan kosakata 'gepuk'. Namun kata ini biasanya bersandingan dengan daging. Namun gepuk kali ini berbeda.

Ayam gepuk khas Pak Gembus merupakan ayam goreng atau ayam bakar yang sebelumnya di-gepuk alias dipukul sedikit dengan ulekan. Penyajiannya diberi sambal dan bawang goreng.

Buat yang tak suka pedas, bisa memesan yang sambalnya dipisah. Namun tentu saja tidak direkomendasikan, karena ayam gepuk ini cocoknya ya pakai sambal. Tampilannya yang cantik membuat selera makan bertambah.

Mesin EDC Gopay


Yang paling khas dari ayam milik Ayam Gepuk Pak Gembus adalah ayamnya yang segar. Bukan maksud ayam di warung yang lain tidak segar. Maksudnya untuk menuju bumbu yang meresap, biasanya ayam direndam beberapa hari dengan mengorbankan kesegaran dagingnya. Nah, ayam disini tak begitu. Ia tetap segar meski bumbunya terasa di daging.

Saya memesan dua ayam bakar dengan varian komplit. Harganya murah, lengkap dengan minumnya saya membayar Rp48.000. Harga paket ayam bakarnya sendiri seharga Rp20.000 per item.

Dibalik Ayam Gepuk Pak Gembus


"Pak, itu di pojokan alat apa?" saya bertanya pada Pak Agus demi melihat sebuah EDC yang tampak seperti mesin kasir. Saya cukup tertarik, sebab biasanya warung kecil macam begini, mana ada EDC. Biasanya hanya menerima tunai saja.

"Oh, itu SPOTS. Mesin EDC GoPay. Bisa pakai GoPay dan kartu debit BCA juga," jawab Pak Agus.

Akhirnya lima puluh ribuan yang saya pegang dimasukkan kembali ke dompet. Saya menggunakan kartu debit BCA untuk membayarnya. Mumpung banyak cashback di akhir tahun.

Saya memuji Pak Agus dengan pemakaian mesin kasir tersebut. Ia menjawabnya dengan senyuman khasnya yang tersembunyi dibalik kumis. Katanya mesin SPOTS ini merupakan rahasia dibalik kemudahannya dalam mengatur banyaknya pesanan yang bersumber dari driver GoJek.

Setelah saya cari tahu lebih banyak, ternyata Mesin EDC Gopay ini memang dipakai secara resmi oleh Ayam Gepuk Pak Gembus. Keren juga ya.

Keunggulan Mesin EDC Gopay


SPOTS merupakan aplikasi kasir online dengan sistem Point of Sales (POS). Orang-orang kerap menyebutnya Mesin EDC Gopay atau mesin EDC GoPay.

Penyebutan mesin EDC tersebut dikarenakan SPOTS is powered by GoJek. Iya, GoJek terus melebarkan usahanya hingga punya usaha mesin kasir begini buat menopang bisnis GoPay-nya.

SPOTS merupakan alat yang memiliki banyak fungsi. Selain bisa mencatat transaksi sebagaimana mesin kasir pada umumnya, ia juga bisa melakukan pencetakan resi tanpa printer eksternal, menerima pesanan GoFood, hingga pembuatan laporan harian.

Mesin EDC Gopay


Untuk lebih jelasnya inilah beberapa fitur dari SPOTS:

1. Kemudahan mengatur menu


SPOTS dibuat oleh para engineer GoJek. Sehingga tampilan penggunanya sangat nyaman. Pengguna bisa melakukan impor menu yang sudah terpasang di GoFood sebelumnya. Menu tersebut bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

Cara menggunakan mesin EDC ini juga mudah. Selain user interface-nya mudah, ditunjang pula dengan panel layar sentuh yang cukup lebar meski bodi benda ini cukup kecil untuk ukuran mesin kasir yang terintegrasi printer.

Mesin EDC Gopay

2. Menerima pesanan GoFood


Buat para partner GoFood yang terdaftar seperti Ayam Pak Gembus Sudirman tadi, aplikasi SPOTS bakal memunculkan notifikasi apabila ada yang memesan lewat GoFood. Hal ini memberikan kemudahan untuk menyiapkan pesanan sebelum driver datang memesan secara langsung.
Mesin EDC Gopay

3. Menerima pembayaran GoPay, tunai, dan kartu debit


Meski berstatus sebagai mesin EDC GoPay yang berjalan secara online, bukan berarti SPOTS tidak bisa mengatur pembayaran tunai. SPOTS saat ini sudah menerima tiga tipe pembayaran, yakni dengan GoPay dimana tinggal scan QR saja, kemudian melalui uang tunai, dan terakhir SPOTS ini merupakan mesin EDC dengan kartu debit. Kabarnya nanti bakal hadir pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Mesin EDC Gopay

4. Mencetak resi secara langsung


Setelah pembayaran terverifikasi, SPOTS bakal mencetaknya secara langsung. Buat mesin kasir lainnya, pencetakan ini tentu membutuhkan printer tambahan. Sehingga mengganggu mobilitas mesin. Tetapi tidak bagi SPOTS. Sebab secara default, printernya sudah terintegrasi di dalam mesin ini.
Mesin EDC Gopay

5. Laporan keuangan secara otomatis


Setiap pengusaha pasti menginginkan pembuatan laporan keuangan yang komprehensif setiap hari. Dengan SPOTS, pengguna tidak perlu merekap secara manual hasil penjualannya pada hari itu. Sebab semuanya sudah dibuatkan oleh SPOTS lengkap dengan fitur menu terpopuler dan jenis pembayaran yang dipergunakan konsumen.

Mesin EDC Gopay

Cara Mendapatkan Mesin EDC Gopay


Saat bertanya-tanya sedikit soal SPOTS pada Pak Agus pemilik gerai franchise Ayam Gepuk Pak Gembus tadi, saya dikira sales SPOTS. Mungkin tampang saya mirip sales kali ya. Ia menanyakan bagaimana mendapatkan mesin SPOTS untuk tetangga usahanya. Saya tengok, memang ada beberapa kios makanan juga di sebelah kanan dan kirinya.

Saya bilang saja ke Pak Agus, jika mereka berminat dengan SPOTS silakan kunjungi saja situs SPOTS lalu isi data diri dan usahanya disitu secara lengkap. Buat tambahan pengetahuan, bisa juga berkunjung ke Instagram SPOTS.

Harga Mesin EDC Gopay


Untuk biaya pertamanya tidak begitu mahal, setiap pemilik usaha yang bermitra bakal dikenai charge sebesar Rp490.000 dan mendapatkan mesin yang mengintegrasikan antara tablet, printer, EDC, serta software SPOTS didalamnya. Setiap hari secara otomatis SPOTS bakal memotong biaya layanan sebesar Rp4.900.

Berikut ilustrasi SPOTS dalam bentuk video:



Penutup


Demikian artikel saya tentang mesin EDC GoPay yang bernama SPOTS. Apabila ada pengalaman lain soal kuliner atau aplikasi yang sama, silakan kemukakan di kolom komentar. Saya bakal senang membacanya. Terima kasih sudah membaca hingga tuntas ya.

62 comments for "Mesin EDC Gopay Dibalik Suksesnya Resto UMKM Ini"

  1. Keren nih mesin, membuat transaksi makin ringkas saja. Harus sudah dipakai oleh pemilik tempat makan. Kayaknya bakal membantu banget soal pembayarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas Hapudin. Mesin kasir SPOTS ternyata banyak diminati sama pedagang-pedagang lain juga. Salesnya perlu aktif nih.

      Delete
  2. Saya malah belum nemu alat pembayaran yg ini.. biasanya kalau masih baru..sering ada promo..cash back lah, discount lah... menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak setahun lalu, ya masih promo aja sih. Baik pake kartu debet BCA maupun GoPay. Dua-duanya ngasih cashback. Lumayan.

      Delete
  3. Jaman skrg tambah gampang transaksi ya. Tapi hati2 mas, makin mudah,kadang bikin gampang boros hehehee

    ReplyDelete
  4. Di kota saya, kayaknya belum pernah nemu ada toko atau warung yang gunakan mesin kasir ini. Semoga bulan depan sudah ada yg menggunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nemu mungkin mbak. Saya juga hasil nanya-nanya ke driver Gojek.

      Delete
  5. Di kota saya, kayaknya belum pernah nemu ada toko atau warung yang gunakan mesin kasir ini. Semoga bulan depan sudah ada yg menggunakan

    ReplyDelete
  6. Enak banget sih emg teknologi cashless ini. Kemana-mana jadi gak perlu bawa uang cash, perlu sih dikit mah. Tapi at least udah gak terlalu ribet banget ngerapiin uang di dompet.

    ReplyDelete
  7. Memang ya saat ini sudah banyak restoran ataupun warung makan yang sudah bekerjasama dengan melakukan pembayaran melalui e-wallet salah satunya adalah gopay

    ReplyDelete
  8. Semakin mudah dalam bertransaksi ya kak, ada memang beberapa yang transaksi melalui mesin EDC, semakin mudah juga buat pembeli dan pedagang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, mudah bertransaksi, gak bingung ngitung kembalian, dan enak bikin laporannya dengan mesin edc gopay ini.

      Delete
  9. Jadi pedagang sekarang dimudahkan dalam bertransaksi dengan pembelinya.
    Menggunakan Mesin EDC tentu praktis digunakan
    Jadi nggak perlu ribet tiap belanja atau makan bawa uang cash banyak banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, gak harus bawa uang banyak yang bikin ribet. Tapi tetap harus sedia uang tunai buat jaga-jaga.

      Delete
  10. Saya support banget loh mas UKM pakai mesin edc ini karena membantu kesan profesional dari toko/restonya dan pastinya membantu banget untuk pencatatan transaksi jadi pembukuan mereka pun lebih baik. Good job Gojek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesannya modern sekali. Gak nyangka aja warung kecil begitu pake mesin edc gopay.

      Delete
  11. Wah kalau semua pedagang udah pakai mesin kayak gini, traksaksi jadi makin mudah dan praktis ya. Kita gak perlu bawa uang cash yang banyak lagi kalau belanja. Lebih aman juga jadiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman dan gak bingung harus menghitung kembalian hehe

      Delete
  12. Sekarang emang makin banyak warung2 kaki lima atau gerobakan yg pake e-wallet. Bahkan warung pecel lele deket sini juga bisa bayar pake GoPay. Nggak heran kalo GoPay tetap di peringkat teratas.

    ReplyDelete
  13. Aku ya lebih suka pakai pay gitu. Asyik dong, engga selalu bawa uang. Kalau soal grup WA, banyak yang grupnya diam-diam bubar atau gabung dengan grup lain.

    ReplyDelete
  14. wah keren nih umkm sdh pake mesin edc, sy sering lihat jejeran mesin edc dimeja kasir..mungkin baiknya satu mesin edc bisa terintegrasi bnyk merchant ya biar praktis dan hemat biaya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah zamannya QRIS kok mbak. Jadi satu mesin EDC Gopay bisa buat bayar berbagai dompet digital.

      Delete
  15. Ooo ini tuh mesin EDC Point of Sales (POS) toh mas. Baru paham saya. Dulu saya kenalnya sama salah satu merek dari startup sebelah. Sekarang ada SPOTS. Makin beragam pilihan, tentunya makin bagus kualitas dan layanannya. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini hasil perluasan usahanya GoJek. Keren emang unicorn satu ini.

      Delete
  16. semakin mengikuti perkembangan zaman semakin berkembang. Perkembangan teknologi bukan sekedar diciptakan oleh mereka yang jenius dalam pemrograman saja, tapi juga diciptakan oleh mereka yang benar-benar mengerti apa yang dibutuhkan orang-orang terutama sesuatu yang bermanfaat dalam menjalankan bisnis dan usaha.

    Wah rumah makan bibi gue harus nyoba pakai ini nih

    ReplyDelete
  17. Wah Ayam Gepuk Pak Gembus enak banget ituu... yummie... btw saya autoinget tahu gembus jadinya hehe.. Btw sudah kenyang makan ayamnya, trus praktis lagi pembayarannya ya Bang Doel... luar biasa perkembangan teknologi di era revolusi industri ya

    ReplyDelete
  18. Sekarang semuanya serba dipermudah, kalo bisa transaksi dg cara non tunai gini jadi ngga repot-repot bawa dompet juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, jadi ringkes. Apalagi dapet cashback hehe

      Delete
  19. cashless itu memang sudah waktunya, apalagi di warung makanan yang sederhana pun bisa. Makin banyak pilihan EDC, makin diuntungkan lah konsumen dalam memilih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, namanya inklusi keuangan. Semua orang jadinya bisa mengakses layanan keuangan dengan mudah.

      Delete
  20. Jika pelaku usaha mau fokus ke produksi dan penjualan, memang butuh Spots, karena banyak pekerjaan manajemen keuangan yang dihandel oleh mesin biru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, bikin laporan keuangan jadi mudah.

      Delete
  21. Pastinya saat jajan atau makan-makan di luaran, tak perlu khawatir soal pembayaran. Mesin EDC gopay Spots bisa jadi pilihan dalam memudahkan transaksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mudah buat bayar-bayar Kang Maman.

      Delete
  22. Di geprek sama dengan di gepuk. Kalau sekarang lagi hits kuliner ayam geprek, maka ayam gepuk lebih anti-mainstream dan mbedain. Strategi marketing tersendiri menggunakan nama ini. Btw untuk Spots ternyata bisa bayar cash juga. Tak kira cuma GoPay sama debit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya, karena ayam geprek terlalu banyak yang make, jadinya pake ayam gepuk. padahal sama aja.

      Delete
  23. kebetulan tadi saya juga makan di tempat yang bayarannya pakai mesin EDC spots. memang jadi lebih mudah pembayarannya. Semoga makin banyak deh pelaku UMKM yang pakai mesin ini. jadi semua transaksi akan tercatat dengan rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga begitu mbak, semoga UMKM Indonesia semakin juara.

      Delete
  24. Gojek ekspansinya luar biasa juga yah. Benar2 memanfaatkan teknologi

    ReplyDelete
  25. EDC spot mesin kasir portable yang multi fungsi, Dan akan lebih baik diseluruh lestoran memang harus diwajibkan memilikinya.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap restoran memang beda-beda sih. Tapi SPOTS ini emang akat yang oke punya

      Delete
  26. Jadi bisa pantau omzet penjualan dimanapun berada ya dengan SPOTS. Karena laporannya bisa dikirim lewat email setiap hari

    ReplyDelete
  27. Saya juga pernah menggunakan mesin EDC ini ketika makan di sebuah kafe di kota kami. Sangat mudah, untung juga saat itu saya punya saldo Gopay. E-wallet itu membantu karena praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak, SPOTS ini bikin transaksi semakin praktis.

      Delete
  28. Selama ini makan ayam pak gembus pakai tunai, nanti aku akan coba bayar pakai go pay atau kartu debit ah.

    Btw, kolom name/url nya emang sengaja gak diaktifkan ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicoba, mbak. dapet cashback juga loh. hehe

      Delete
  29. wah, saya malah baru tahu mesin edc satu ini, biasanya mesin edc yang saya jumpai hanya milik bank2 seperti BCA, mandiri dkk. Wah, makin mudah saja ya bertransaksi kalo kayak gini, meskipun harus hati2 juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ini sekalian mesin buat ewallet sama card reader jadi satu.

      Delete
  30. Wahhh pembayaran yang dilakukan jadi lebih mudah yaa.. Apalagi kalau tidak membawa uang cash, bisa menggunakan sistem ini.. Menurut saya bagus sih, semoga di seluruh pemilik warung atau toko bisa memiliki alat ini sebagai sistem pembayaran mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak kak, gak usah ngitung kembalian juga.

      Delete
  31. Wah, semakin banyak ya yang memakai SPOTS.
    Memang EDC ini bikin mudah untuk transaksi jual beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin masif emang pemakaian SPOTS ini. Gojek lumayan ekspansiv juga.

      Delete
  32. Kemunculan e walet memang sangat membantu ya, membayar apa pun jadi lebih praktis. Sungguh memudahkan dua belah fihak. Penjual. Maupun pembeli.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.