Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic Saya

Oli motor terbaik merupakan idaman bagi para pengguna motor seperti saya. Namun untuk menemukannya, kita mesti memiliki pengalaman yang banyak terkait dunia motor dan perawatannya.


Saat ini saya menggunakan motor Honda Vario Techno 125 PGM FI. Ya, hasil kredit selama tiga tahun. Motor yang sudah berusia enam tahun ini, buat saya cukup legendaris. Sebab ia menjadi penanda hal yang penting dalam kehidupan saya. Pertama, penanda ketika saya sudah mulai memiliki penghasilan yang tetap. Kedua yang paling penting, ia menjadi saksi dari bagaimana keluarga kecil saya mulai dirintis.


Motor tersebut selalu setia mengantar saya kemanapun. Mulai dari mengantar keluar masuk kampung buat menemui warga dampingan, hingga membonceng istri dan anak ke mall di kota tetangga yang berjarak 70 km. Sayangnya seiring dengan usia mesin yang mulai uzur, motor itupun memunculkan penyakitnya.

Penyakit motor yang sudah uzur terasa dari tarikan gasnya yang mulai mengendur. Ada bunyi mesin yang tak lagi sama dengan sebelumnya. Dan tentu saja bodi yag mulai merenggang dan disana-sini sudah berbunyi ketika melewati jalan yang tidak rata.

Oli Motor Buat Pemula


Sebetulnya saya jadi teringat motor lama saya sebelum Vario ini. Meski sama-sama Honda, tetapi bukan jenis motor matic. Motor saya yang lama jenisnya Supra X 125 edisi pertama. Itupun merupakan hibah dari kakak buat mendukung saya buat pergi ke kampus.

Saat itu saya betul-betul tak memahami bagaimana merawat motor. Sampai pernah suatu ketika, saya mengisi oli motor tanpa membuang oli yang lama. Saya berpikir kalau oli motor bakal habis, sehingga saya tidak perlu membuang oli lamanya terlebih dahulu. Maka jangan dibayangkan bagaimana kondisi mesin saat hidup. Bunyinya aneh, ditambah knalpotnya sering mengeluarkan bunyi letupan. Parah sekali.

Saya berharap hal tersebut tidak terjadi dengan motor yang saya beli pertama kali ini. Sehingga di awal pembelian hingga empat tahun kemudian, saya menyerahkan sepenuhnya kepada bengkel resmi.

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan menyerahkan sepenuhnya kepada bengkel resmi dengan oli motor yang direkomendasikan oleh pabrikan motornya. Namun usia motor yang menginjak enam tahun membuat rekomendasi itu tak lagi sama.

Saatnya Memilih Sendiri


Dari beberapa sumber yang saya baca, mesin motor yang sudah menginjak usia lebih dari lima tahun mesti mendapat perlakuan berbeda. Sebabnya kondisi mesinnya sudah mengalami banyak gesekan, sehingga menyebabkan panas lebih mudah muncul. Hal ini membuat oli motor matic biasa tidak bisa mengatasinya.

Untuk itulah saya memulai pencarian oli motor yang cocok dengan kondisi tersebut. Syarat utama tentu saja oli motor khusus matic, dan syarat kedua oli motor ini memang didesain khusus untuk motor yang usianya lebih dari lima tahun. Dan oli motor terbaik pun jatuh kepada Enduro Matic-G SAE 20W-40.

Oli Motor Terbaik: Enduro Matic-G SAE 20W-40


Enduro Matic-G SAE 20W-40 merupakan oli motor yang diperuntukkan buat motor matic atau skutik yang usianya lebih dari lima tahun. Sebab oli motor ini memiliki derajat viskositas yang cukup tinggi. Sehingga mampu meredam gesekan panas yang terjadi di mesin.

Oli motor biasa dengan tingkat viskositas yang rendah sebetulnya bisa saja. Namun mesin yang cepat panas membuat oli motor ini cepat terbakar, kemudian menghitam, sehingga durasi pergantiannya lebih cepat.

Sebaliknya juga, mesin motor yang kurang dari tiga tahun kurang tepat apabila diberikan oli yang viskositasnya lebih tinggi. Sebab viskositas oli motor tadi membuat mesin motor harus bekerja ekstra keras memanasi oli tadi. Sehingga membuat berkurangnya kualitas mesin motor dalam jangka panjang.

Apa itu viskositas?


Viskositas sendiri merupakan pengukuran dari ketahanan atau resistensi terhadap aliran fluida. Contohnya viskositas air dan madu. Madu memiliki nilai viskositas yang tinggi sebab resistensinya terhadap permukaan lebih besar. Ya, karena madu lebih kental. Beda halnya dengan air.

Viskositas oli pun begitu. Oli yang lebih kental diperlukan bagi mesin yang usianya sudah uzur. Sebab oli yang kental mampu bertahan dari gesekan mesin yang mudah panas seperti mesin tua.

Makna Kode pada Kemasan Oli


Derajat kekentalan pada oli motor Enduro disimbolkan dengan SAE dilanjutkan dengan kode tertentu. Contohnya pada Enduro Matic-G SAE 20W-40. Kode SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineer. Sementara 20W-40 merupakan derajatnya.

Huruf W pada kode 20W tersebut merupakan singkatan dari Winter. Sebab formulasi oli pada mulanya diperuntukkan buat dua musim, yakni musim panas dan dingin. Mesin pada musim dingin harus memakai oli yang encer atau W dengan angka kecil. Sementara kebalikannya kalau musim panas.

Ketika kondisi itu dipakai di Indonesia, dipakailah konsep viskositas tadi untuk mesin yang lama dan baru. Sebab sudah diuraikan diatas, mesin yang lama cepat menimbulkan panas pada mesin.

Oli motor matic Enduro Matic-G SAE 20W-40 ini merupakan varian baru dari Enduro Matic SAE 10W-30. Kedua oli ini memiliki viskositas yang berbeda. Hal ini sudah terlihat dari kode yang tercantum di kemasannya.

Jadi sudah jelas ya mengapa oli motor terbaik yang saya pilih jatuh kepada Enduro Matic-G SAE 20W-40. Harga oli motor ini dibanderol Rp40.000,00 naik beberapa kali setelah dirilis pada 2016 dengan harga Rp33.000,00.

Enduro dari Pertamina Lubricants


Enduro Matic-G SAE 20W-40 merupakan oli motor yang diproduksi oleh Pertamina Lubricants, sebuah anak usaha dari BUMN kebanggaan Indonesia, PT. Pertamina. Anak usaha ini memproduksi oli dengan beragam merek.

Khusus untuk oli motor, Pertamina Lubricants merilis nama Enduro. Oli motor Enduro memiliki beragam jenis. Anda mesti mengetahui oli motor manakah yang cocok buat motor. Untuk itu saya berikan daftarnya.

1. Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Oli motor ini merupakan pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih.

2. Enduro 4T SAE 20W, 30W - 50

Oli motor ini merupakan pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor empat langkah.

3. Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W - 30

Oli motor ini merupakan pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari keausan yang maksimal. Direkomendasikan untuk motor dengan kopling yang sering basah.

4. Enduro Gear 4T Full Synthetic Oil

Oli motor ini merupakan pelumas roda gigi motor matik berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan.

5. Enduro Matic G SAE 20W, 30W - 40

Oli motor ini merupakan pelumas motor matik empat langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis.

6. Enduro Matic SAE 10W, 20W, 30W

Oli motor ini merupakan pelumas motor empat langkah matik berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Direkomendasikan untuk motor dengan sistem dry clutch.

7. Enduro 2T SAE 20

Oli motor ini merupakan pelumas untuk mesin dua langkah dengan sistem pendingin udara. Direkomendasikan untuk mesin dua langkah maupun mesin pemotong rumput dan gergaji mesin.

Penutup


Demikian artikel saya tentang oli motor terbaik. Dalam memilih oli motor ini saya mempertimbangkan berbagai kondisi yang ada pada motor saya sendiri. Sehingga bisa jadi oli motor yang Anda pilih berbeda dengan saya.

Hanya saja sepanjang pemakaian dengan Enduro Matic-G SAE 20W-40, motor saya enak diajak bermanuver, nyaman pula ketika dibawa santai. Padahal usianya sudah enam tahun, loh. Terima kasih buat Pertamina Lubricants, sudah membuat oli motor yang mengerti motor saya.
Bang Doel Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital. Untuk kontak silakan hubungi doeljani.indramayu@gmail.com.

25 Responses to "Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic Saya"

  1. Halo salam kenal, saya sebenarnya tidak pakai motor matic, tapi adik saya pakai motor matic untuk mobilitas sehari hari, motornya sering panas dan mogok, saya akan share infonya ke adik saya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo matic mogok biasanya masalah di kelistrikan. coba cek arusnya.

      Delete
  2. Iya, memang menggunakan oli memang masalah cocok-cocokkan. Bisa diandaikan mencari jodoh. Kendaraan saya sampai sekarang masih belum dapat oli yang cocok. Sekalinya cocok, dompet saya yang tidak cocok. Tapi oli pertamina direkomendasikan bengkel-bengkel resmi di Indonesia. Jadi sudah dijamin bagus, harga juga terjangkau.
    Boleh saya bantu mengenai viskositas. Istilah gampangnya ini bisa disamakan dengan keenceran. Kalau pakai oli angka viskositas makin kecil maka makin ringan kerja mesin kendaraan. Etapi harap cek spesifikasi kendaraan terlebih dahulu. Di sana tertulis viskositas dan berapa derajat suhu minimal & maksimal yang dipakai pada kendaraan. Kalau mobil-mobil baru biasanya viskositasnya makin tinggi. Tapi berkat teknologi oli makin canggih, mobil lama juga bisa pakai oli encer dengan syarat mesin dalam kondisi prima. Sudah dicoba pada mercy mini. Tarikan mesin ringan, suara makin halus.

    ReplyDelete
  3. Saya pake matic mas..
    Dulu suami rajin banget memperhatikan kebutuhan motornya. Tapi kemudian pernah sampai harus benerin motor sampe berjuta gara-gara lupa ganti oli. Serem kan mas.. perkara sepele, tapi jadinya pengeluaran jadi besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai motor bebek. tapi baca ternyata banyak macam oli, saya jd bingung mana yg pas untuk motor bebek saya. motor saya 4 tak atau 2 tak ajah gak paham. wkwkw. apa kata suami deh pokoknya kudu enduro

      Delete
  4. Dulu pas masih pake motor tak, saya masih disiplin tuh ganti oli. Eh begitu udah demam motor matic, saya jadi abai dan lupa terus. Kekeke. Kalo motor tak kan tangki olinya kelihatan. Kalo motor matic itu ya bingung sendiri saya. Hahaha. Padahal, motor matic pun perlu disiplin dan telaten yaaa ganti olinya. Kece nih enduro.

    ReplyDelete
  5. Betulan oli lama dicampur baru gitu ya pas belum tahu? 😬. Kalau saya cuma kepikiran setiap ke bengekel, itu oli masih banyak gitu kok sudah dibuang saja kan sayang banget 😅

    Saya tidak mudeng masalah oli, karena biasanya kalau ganti oli itu apa yang ditawari abang bengkel iya aja 😬

    ReplyDelete
  6. Keunggulan pelumas pertamina sudah diakui dunia untuk menjaga mesin kendaraan tetap prima.

    ReplyDelete
  7. saya selalu bingung mas kalo pilih oli. karena saya biasa pake motor utk jarak jauh PP sekitar 60km. oli enduri yg cocok yg mana ya?

    ReplyDelete
  8. Ganti oli ini urusan sepele namun sering kita lalai. Harus tag kalender kayaknya hehe

    ReplyDelete
  9. Oli memang barang yang sepertinya sepele tapi sungguh fatal jika tidak diperhatikan. Dengan pemakaian oli yang sembarangan bisa mengakibatkan kerusakan ringan pada mesin, seperti suara mesin menjadi kasar, bahkan bisa ada endapan seperti kerak. Itu aku rasakan di motor ku yang bukan matic.

    Setelah membaca penjelasan yang sangat logis dari mas doel, jadi tertarik untuk pakai oli enduro yang khusus matic. pas bulan depan abis batas service gratis yang diberikan oleh dealer.

    ReplyDelete
  10. Memang oli enduro ini sangat cocok untuk jenis motor matic. Selain itu harganya pun sangat bersahabat dengan dompet. Yang pasti patut diandalkan

    ReplyDelete
  11. Senang kalau ketemu oli yang cocok, karena seperti hati, oli pun cocok-cocokan.
    Eh....
    Semangat berkendara dan selalu safety riding ya Mas. Jangan lupa, rutin ganti oli.

    ReplyDelete
  12. Wahh saya baru tau klo usia motor juga menjadi pertimbangan dlm memilih oli. Saya selama ini cuma tinggal bawa ke bengkel aja.. makasih ilmunya Bang

    ReplyDelete
  13. Oli yang baik untuk motor yang baik, apalagi Pertamina murni merupakan perusahaan bangsa sendiri,.minimal kita sebagai anak bangsa yang menggunakannya rutin.

    ReplyDelete
  14. eh motor kita sama.

    Kalau urusan oli saya serahkan aja ke suami, saya sih tahunya tinggal pakai aja. Pokoknya kalau ada yang terasa kurang enak, tinggal bilang ke suami, dia nanti yang urusin.

    Tapi sebenarnya harus tahu soal ginian juga ya.

    ReplyDelete
  15. Dari sekian banyak produk oli, pelumas Pertamina, memang tidak diragukan lagi.
    Olinya mantap, kendaraanpun jadi lancar dan kondisinya tetap terawat.

    ReplyDelete
  16. Urusan oli emang cocok-cocokan sih ya, sama kaya doi, hehehe. Tapi produk enduro inikan milik pertamina yang tentu saja idealnya punya kualitas bagus.

    ReplyDelete
  17. Saya rutin ganti oli motor tiap 2000-an kilometer. Kalau oli sudah gak layak pakai, atau terlambat diganti, mesin bisa rusak dan itu biaya perbaikannya mahal. Nah, oli motor dari Pertamina Lubricants ini layak untuk dicoba ya

    ReplyDelete
  18. Selama ini selalu nyuruh pinaka5 untuk ganti oli motor karena gak gak ngerti. Habis ini boleh lah coba ke bengkel sendiri dan milih sendiri olinya. Bookmark artikel ini ah.

    ReplyDelete
  19. Memilih oli motor itu boleh ganti2 gak sih mas? Atau berlaku hukum kayak susu formula anak.. kalau mau ganti, upgrade ke yg lebih mahal..

    ReplyDelete
  20. Saya juga pakai motor matic karena enak dan simpel. Kalo soal oli mesin aku ga pakai satu merk, hampir semuanya aku pernah pakai, dari Shell, Top one, Enduro, Castrol dll.😂

    ReplyDelete
  21. baca ginian jadi serasa jaman sekolah dulu :D bahas kekentalan oli, memang penting dan kita harus menentukan sendiri sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  22. Menjaga oli motor agar tetap sehat, cara yang saya lakukan yaitu dengan mengganti oli secara berkala setiap 3 bulan sekali. Tapi tergantung jarak pemakaian sih. Kalau misal sering dipakai buat keluar kota, biasanya belum sampai 3 bulan saya ganti. Pernah waktu itu karena kehabisan oli, sampe turun mesin dan keluar biaya banyak

    ReplyDelete
  23. wah mantap bang ulasanya mengenai oli motor terbaik enduro ini. oli motor ini memang sangat ramah dengan motor kita

    ReplyDelete
Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel