Oli Motor Terbaik yang Cocok Untuk Kuda Besi Anda

Oli motor terbaik seperti jodoh bagi mesin. Saat keduanya cocok, ia akan memberi keturunan berupa tarikan empuk dan bunyi yang halus. Namun seperti apakah oli motor itu disebut terbaik bagi motor Anda?





oli motor terbaik

Di pasaran saat ini banyak sekali merek oli motor. Mereka, tentu saja, mengklaim sebagai oli motor terbaik. Meski pada kenyataannya banyak diantaranya yang hanya mengaku cocok untuk semua motor, tetapi justru korosif.

Setiap oli motor yang baik mestilah hanya cocok untuk satu jenis mesin motor saja. Bahkan ada yang dipergunakan untuk satu jenis merek motor saja. Sepertinya oli itu dibuat dengan terlebih dahulu menyesuaikan produksi motor tersebut.

Pengertian Oli Motor


Oli motor merupakan salah satu varian dari oli mesin. Sehingga pada intinya semua oli memiliki kesamaan secara bentuk, fungsi, dan sistem kerjanya pada mesin.

Secara bentuk memang ada sedikit perbedaan dari berbagai oli mesin. Ada beberapa jenis oli mesin yang bentuknya seperti gel atau pasta. Kita sering menyebutnya dengan gemuk. Tapi oli semacam ini memiliki fungsi dan mekanisme kerja yang serupa dengan oli pada umumnya.

Secara umum bentuk oli merupakan cairan. Sehingga ia bisa dimasukkan dengan mudah kedalam mesin tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu. Cukup membuka tutup olinya, lalu Anda bisa menuangkannya dengan mudah.

Oli tersebut kemudian bakal memenuhi ruang mesin. Sehingga ketika komponen mesin bergesekan, oli ini bakal mencegahnya mengalami aus. Keberadaan oli ini juga mencegah agar suhu didalam mesin tetap stabil.

Pergesekan komponen tersebut menyebabkan oli bakal menghitam. Kalau oli sudah berubah warnanya seperti itu, tandanya mesti segera diganti. Perubahan tersebut terjadi pada kurun 2.500 KM atau dalam pemakaian yang normal bisa terjadi sekitar satu setengah hingga dua bulan.

Oli Motor Terbaik


Di pasar otomotif, semua merek tentu mengklaim dirinya sebagai oli motor terbaik. Tapi secara default, semua oli diciptakan dari bahan yang sama, yakni berasal dari minyak bumi. Oli yang masih murni ini disebut dengan oli mineral.

Untuk oli motor, pemakaian oli mineral ini mulai berkurang. Bahkan hampir tidak ada. Hal ini disesuaikan dengan kondisi mesin yang semakin rumit dan modern. Saat ini kebanyakan pabrikan oli hanya memproduksi oli sintetis.

Oli sintetis merupakan oli mineral yang dicampur dengan bahan lainnya. Secara umum oli sintetis berasal dari Polyalphaolifins atau senyawa terbersih dari hasil pemilahan oli mineral. Senyawa yang paling stabil dari zat tersebut adalah polyol-ester.

Senyawa tadi diambil karena memiliki kecenderungan untuk tidak bereaksi dengan senyawa lain. Sementara itu oli mineral memiliki karbon reaktif yang cenderung bereaksi ketika disitu ada oksigen, sehingga menghasilkan asam yang menimbulkan korosi pada mesin.

Itulah kenapa di pasaran saat ini hanya dijual oli sintetis saja, dan nyaris tidak ditemukan oli mineral yang masih murni.

Polemik Oli Motor Terbaik


Lalu seperti apakah oli motor terbaik? Atau langsung saja, merek apa sih yang layak menyandang sebagai julukan oli motor terbaik? Untuk menjawab ini, saya memiliki dua kabar, yakni kabar baik dan kabar buruk.

Kabar buruknya, nyaris tidak ada oli motor terbaik. Sebab pada dasarnya semua oli motor sama saja. Semuanya berbahan dasar oli mineral yang berasal dari minyak bumi.

Yang perlu diketahui pula, tidak semua oli motor cocok dengan motor tertentu. Ada merek oli motor A, hanya bagus buat motor B. Oli motor C hanya bagus buat motor D. Nyaris tidak ada oli motor yang bagus buat motor A hingga Z. Apa sebabnya?

Oli Motor yang Khusus


Setiap motor memiliki mesin yang berbeda-beda. Misalnya motor sport tentu berbeda dengan motor matic. Belum lagi kalau melihat usia mesin motor tersebut. Motor yang masih baru tentu berbeda dengan mesin motor yang sudah berusia lima tahun. Mesin dari motor-motor itu mesti diberi oli yang berbeda.

Salah satu contohnya, oli motor matic tidak bisa dipakai untuk mesin motor biasa. Sebab oli motor matic didesain khusus untuk mesin motor dengan kopling kering. Sehingga dikhawatirkan ketika memakai oli motor khusus matic, mesin motor tersebut mengalami selip pada koplingnya.

Sebaliknya, untuk mesin motor matic disarankan juga hanya diberikan oli yang khusus untuk motor matic. Meski bisa juga diberikan oli motor biasa, namun hal ini tidak terlalu disarankan oleh para mekanik.

Oli motor untuk mesin yang baru dengan yang sudah berumur juga mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh diberikan oli motor yang kekentalannya standar saja. Sementara untuk mesin yang sudah tua bisa diberikan oli motor yang lebih kental.

Untuk tips memilih oli motor, silakan ikuti petunjuk dibawah ini.

Perhatikan Kebutuhan Mesin Motor


Diatas sudah disinggung kalau mesin motor matic harus diberi mesin motor yang khusus matic juga. Anda bisa memilih di pasaran oli apa saja selama memang cocok buat matic. Biasanya di kemasannya juga sudah tergambar kegunaan oli tersebut.

Namun untuk memastikannya Anda bisa melihat kode JASO di kemasannya. Di pasaran saat ini ada tiga jenis kode JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.

JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Organization. Lembaga otomotif Jepang ini membuat kode-kode tersebut sebagai standar untuk oli motor. JASO MA diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling basah. JASO MA saat ini terbagi kedalam dua golongan, yakni JASO MA1 dan JASO MA2. JASO MA2 diklaim lebih baik.

Untuk JASO MB sendiri diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling kering. Sehingga setiap oli motor dengan kode JASO MB, pasti gambarnya motor matic.

Perhatikan Usia Motor


Oli motor juga memiliki usia. Motor yang baru tentu memiliki mesin yang masih rapat dan komponennya masih rapi terpasang. Namun tidak begitu dengan mesin motor yang sudah tua. Ada beberapa komponennya yang aus sehingga menimbulkan tarikan mesin tidak maksimal.

Salah satu cara dalam mengatasinya, oli motor yang dipakai di kedua usia mesin tersebut mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh memakai oli motor yang encer. Namun mesin yang sudah tua wajib memakai oli motor yang kental.

Untuk mengetahui kekentalan dari oli mesin ini bisa dilihat dari kode yang diterakan dalam kemasan. Ada kode 10W-40, 20W-40, 30W-50 dan seterusnya. Kode-kode tersebut merupakan tanda kekentalan dari oli.

Kode huruf W disitu berarti Winter. Satuan ini dibuat oleh Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin tinggi angka W, maka semakin kental pula oli motor tersebut.

Semakin kental sebuah oli motor maka derajat viskositasnya juga semakin tinggi. Viskositas ini penting guna mencegah agar gesekan antara komponen didalam mesin tidak menyebabkan aus dan suhu semakin tinggi. Hal yang kerap terjadi pada mesin motor tua.

Viskositas sendiri merupakan sebuah ukuran guna mengetahui derajat pergesekan sebuah benda cair terhadap benda lainnya. Jadi sebetulnya bukan soal kental atau tidak. Namun ya karena yang viskositasnya tinggi biasanya cairannya kental, maka antara viskositas dan kental kerap disebut beriringan.

Selain JASO, SAE, Lihat Juga API


API ini bukan Application Programming Interface, namun American Petroleum Institute. API merupakan sebuah lembaga yang menguji kualitas sebuah produk oli mesin. Lembaga ini kemudian mengeluarkan kode untuk kemudian dipasang pada kemasannya.

Kode dari API tertulis SA, SB, SC, SD, hingga SL. Semakin jauh urutan abjad setelah S, maka semakin baik kualitas oli tersebut. Di pasaran tanah air, sudah banyak beredar oli motor dengan kualitas API SL.

Penutup


Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah semua oli di pasaran adalah oli motor terbaik. Namun tentu saja terbaik ketika direkomendasikan oleh pabrikannya masing-masing. Sebab pabrikan itulah yang tahu oli mana yang lebih cocok buat motornya.

Kalau Anda memiliki kesempatan untuk menguji oli mana yang paling cocok buat motor Anda sendiri, itu lebih baik.

Apabila merasa repot buat merawat motor dengan memberinya oli terbaik, ya sudah sewa mobil atau bahkan sewa bus saja buat bepergian.

89 comments for "Oli Motor Terbaik yang Cocok Untuk Kuda Besi Anda"

  1. Halo salam kenal, saya sebenarnya tidak pakai motor matic, tapi adik saya pakai motor matic untuk mobilitas sehari hari, motornya sering panas dan mogok, saya akan share infonya ke adik saya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo matic mogok biasanya masalah di kelistrikan. coba cek arusnya.

      Delete
  2. Iya, memang menggunakan oli memang masalah cocok-cocokkan. Bisa diandaikan mencari jodoh. Kendaraan saya sampai sekarang masih belum dapat oli yang cocok. Sekalinya cocok, dompet saya yang tidak cocok. Tapi oli pertamina direkomendasikan bengkel-bengkel resmi di Indonesia. Jadi sudah dijamin bagus, harga juga terjangkau.
    Boleh saya bantu mengenai viskositas. Istilah gampangnya ini bisa disamakan dengan keenceran. Kalau pakai oli angka viskositas makin kecil maka makin ringan kerja mesin kendaraan. Etapi harap cek spesifikasi kendaraan terlebih dahulu. Di sana tertulis viskositas dan berapa derajat suhu minimal & maksimal yang dipakai pada kendaraan. Kalau mobil-mobil baru biasanya viskositasnya makin tinggi. Tapi berkat teknologi oli makin canggih, mobil lama juga bisa pakai oli encer dengan syarat mesin dalam kondisi prima. Sudah dicoba pada mercy mini. Tarikan mesin ringan, suara makin halus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Viskositas sebetulnya bukan hanya soal encer atau kental. Tapi ketahanan sebuah cairan terhadap gerakan. Sebab untuk menahan laju viskositas juga bisa diredam dengan gel. Di bengkel kerap disebut stemplet.

      Sayangnya mesin lama gak semuanya prima sih. Kalo mercy mah gak usah ditanya awetnya. Buatan Jerman gitu loh.

      Delete
  3. Saya pake matic mas..
    Dulu suami rajin banget memperhatikan kebutuhan motornya. Tapi kemudian pernah sampai harus benerin motor sampe berjuta gara-gara lupa ganti oli. Serem kan mas.. perkara sepele, tapi jadinya pengeluaran jadi besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai motor bebek. tapi baca ternyata banyak macam oli, saya jd bingung mana yg pas untuk motor bebek saya. motor saya 4 tak atau 2 tak ajah gak paham. wkwkw. apa kata suami deh pokoknya kudu enduro

      Delete
    2. Memang seseram itu kalo salah oli apalagi sampe lupa ganti oli. Bisa turun mesin dan mesti keluar duit gede.

      Delete
    3. Lah iya . Aku marahin donk suami..
      Mentang-mentang dia lebih sering pake mobil, jadi motor yang aku pake malah dilupain kapan harus ganti oli..

      Delete
  4. Dulu pas masih pake motor tak, saya masih disiplin tuh ganti oli. Eh begitu udah demam motor matic, saya jadi abai dan lupa terus. Kekeke. Kalo motor tak kan tangki olinya kelihatan. Kalo motor matic itu ya bingung sendiri saya. Hahaha. Padahal, motor matic pun perlu disiplin dan telaten yaaa ganti olinya. Kece nih enduro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor matic malah kudu lebih telaten, soalnya rewel.

      Delete
  5. Betulan oli lama dicampur baru gitu ya pas belum tahu? 😬. Kalau saya cuma kepikiran setiap ke bengekel, itu oli masih banyak gitu kok sudah dibuang saja kan sayang banget 😅

    Saya tidak mudeng masalah oli, karena biasanya kalau ganti oli itu apa yang ditawari abang bengkel iya aja 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, euy. Dan penyesalannya masih terasa sampai sekarang. haha

      Delete
  6. Keunggulan pelumas pertamina sudah diakui dunia untuk menjaga mesin kendaraan tetap prima.

    ReplyDelete
  7. saya selalu bingung mas kalo pilih oli. karena saya biasa pake motor utk jarak jauh PP sekitar 60km. oli enduri yg cocok yg mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor matic, motor biasa, atau malah motor sport?

      Delete
  8. Ganti oli ini urusan sepele namun sering kita lalai. Harus tag kalender kayaknya hehe

    ReplyDelete
  9. Oli memang barang yang sepertinya sepele tapi sungguh fatal jika tidak diperhatikan. Dengan pemakaian oli yang sembarangan bisa mengakibatkan kerusakan ringan pada mesin, seperti suara mesin menjadi kasar, bahkan bisa ada endapan seperti kerak. Itu aku rasakan di motor ku yang bukan matic.

    Setelah membaca penjelasan yang sangat logis dari mas doel, jadi tertarik untuk pakai oli enduro yang khusus matic. pas bulan depan abis batas service gratis yang diberikan oleh dealer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ganti ke oli Enduro khusus matic, mas. Biar motor kembali tokcer.

      Delete
  10. Memang oli enduro ini sangat cocok untuk jenis motor matic. Selain itu harganya pun sangat bersahabat dengan dompet. Yang pasti patut diandalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enduro Matic-G memang dibuat khusus buat motor matic, jadi ya pasti cocok.

      Delete
  11. Senang kalau ketemu oli yang cocok, karena seperti hati, oli pun cocok-cocokan.
    Eh....
    Semangat berkendara dan selalu safety riding ya Mas. Jangan lupa, rutin ganti oli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. Siap, selalu safety riding diutamakan.

      Delete
  12. Wahh saya baru tau klo usia motor juga menjadi pertimbangan dlm memilih oli. Saya selama ini cuma tinggal bawa ke bengkel aja.. makasih ilmunya Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke bengkel juga tergantung maunya konsumen, jadi tetep konsumen yang mesti memilih oli apa yang paling cocok buat motornya.

      Delete
  13. Oli yang baik untuk motor yang baik, apalagi Pertamina murni merupakan perusahaan bangsa sendiri,.minimal kita sebagai anak bangsa yang menggunakannya rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Cintailah produk dalam negeri, mas.

      Delete
  14. eh motor kita sama.

    Kalau urusan oli saya serahkan aja ke suami, saya sih tahunya tinggal pakai aja. Pokoknya kalau ada yang terasa kurang enak, tinggal bilang ke suami, dia nanti yang urusin.

    Tapi sebenarnya harus tahu soal ginian juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kudu tahu soal memilih oli buat motor, mbak.

      Delete
  15. Dari sekian banyak produk oli, pelumas Pertamina, memang tidak diragukan lagi.
    Olinya mantap, kendaraanpun jadi lancar dan kondisinya tetap terawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah teruji di motor saya, mbak. Manuvernya tokcer lagi.

      Delete
  16. Urusan oli emang cocok-cocokan sih ya, sama kaya doi, hehehe. Tapi produk enduro inikan milik pertamina yang tentu saja idealnya punya kualitas bagus.

    ReplyDelete
  17. Saya rutin ganti oli motor tiap 2000-an kilometer. Kalau oli sudah gak layak pakai, atau terlambat diganti, mesin bisa rusak dan itu biaya perbaikannya mahal. Nah, oli motor dari Pertamina Lubricants ini layak untuk dicoba ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau oli telat diganti, harus turun mesin. Dan itu selain lama juga mahal.

      Delete
    2. Alhamdulillah sudah coba pakai Enduro saya Bang, ternyata cocok untuk motor saya. Saya pakainya Enduro 4T Racing. Keren banget deh pokoknya

      Delete
  18. Selama ini selalu nyuruh pinaka5 untuk ganti oli motor karena gak gak ngerti. Habis ini boleh lah coba ke bengkel sendiri dan milih sendiri olinya. Bookmark artikel ini ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai konsumen mesti mengerti sedikit, mbak. Apalagi motor sendiri tentu buat kenyamanan sendiri.

      Delete
  19. Memilih oli motor itu boleh ganti2 gak sih mas? Atau berlaku hukum kayak susu formula anak.. kalau mau ganti, upgrade ke yg lebih mahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan ganti-ganti. Misal sebulan oli A, terus bulan depan oli B, bulan depan lagi oli C. Itu gak boleh. Karena mesin katanya harus menyesuaikan lagi dengan formula oli yang dipakai. Kalau ganti-gantinya terlalu berdekatan, bisa-bisa mesinnya jadi gak bagus.

      Delete
  20. Saya juga pakai motor matic karena enak dan simpel. Kalo soal oli mesin aku ga pakai satu merk, hampir semuanya aku pernah pakai, dari Shell, Top one, Enduro, Castrol dll.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan ganti-ganti, mas . Gak bagus. Pake Enduro aja.

      Delete
  21. baca ginian jadi serasa jaman sekolah dulu :D bahas kekentalan oli, memang penting dan kita harus menentukan sendiri sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  22. Menjaga oli motor agar tetap sehat, cara yang saya lakukan yaitu dengan mengganti oli secara berkala setiap 3 bulan sekali. Tapi tergantung jarak pemakaian sih. Kalau misal sering dipakai buat keluar kota, biasanya belum sampai 3 bulan saya ganti. Pernah waktu itu karena kehabisan oli, sampe turun mesin dan keluar biaya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mesti sebulan sekali ganti oli, mas Amir. Soalnya lumayan rutin penggunaannya.

      Delete
  23. wah mantap bang ulasanya mengenai oli motor terbaik enduro ini. oli motor ini memang sangat ramah dengan motor kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cari oli yang tepat buat motor sendiri, Mas Maschun.

      Delete
  24. Kalau saya sich ganti olinya tiap 4 bulan atau 4000km, tergantung mana yang lebih dulu tercapai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di kisaran angka 3.000 KM. Kalo udah 4.000 KM lebih mesinnya udah kerasa gak enak. Maklum motor tua.

      Delete
  25. Masalah per oli an ini sebenarnya urusan suami, saya sih nggak pernah tahu apa saja yang dilakukan di bengkel hehe. Tapi abis ini bakalan saya kasih tahu artikel ini, penjelasannya lengkap kap banget terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ikut ngurusin juga biar sedikit paham.

      Delete
  26. Komprehensif banget pembahasan oli enduronya
    jadi ingat minggu kemarin motorku turun mesin, sebabnya panas karena mungkin olinya kurang pas
    habis ini aku mau pake enduro sajalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul bang Pri, pilih Enduro yang cocok buat motor Abang.

      Delete
  27. Dulu pas masih zamannya motor 2 tak, masih disiplin ya ganti oli samping. Sekarang pas udah musim motor matic suka lupaaaaa smw. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo urusan manual, kayaknya semuanya mesti diurus. Padahal meski otomatis, motor matic juga tetep harus manual kalo ganti oli. Ingetnya semua otomatis ya hehe

      Delete
  28. 3 bulan sekali itu maksimal ya dari motor itu harus diganti olinya, kebetulan aku tuh ya mengandalkan suami aja mas buat ganti-ganti oli kayak gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jarak tempuh sebetulnya, mbak. Kalo udah melampaui 2500 km, mestinya udah waktunya ganti oli sih. Dan hal ini perlu diketahui juga biar suaminya tahu kapan mesti diganti olinya.

      Delete
  29. Nah masalahnya bang beberapa bengkel resmi tidak menyediakan oli2 pertamina di gerai mereka..jadi agak kerepotan kalau mau ganti oli..kecuali memang sudah disiapkan dari rumah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, yang Enduro Matic-G ini juga agak susah. Mesti beli dulu di SPBU. Makanya saya membiasakan buat mengganti oli sendiri.
      Buat yang di wilayahnya ada Enduro Express lebih enak lagi buat ganti oli Enduro.

      Delete
  30. Sebagai perempuan jujur kurang paham soal per oli an. Kirain sama saja ternyata Enduro rekomen ya? Biasa sih aku serahkan aja ke suami, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata perempuan memang gitu, mbak. Motor istri saya aja ya tetep saya yang ke bengkel kalo ada apa-apa hehe

      Delete
  31. Kalau masa kredit udah habis lalu motornya dijual tuh rasanya kayak sia-sia ga sih perjuangan selama ini? Hehehehe.. tapi kata orang2 memang lebih baik motor di atas 5 tahun itu dijual, terlebih matic. Punya suami saya pun udah lebih deh dari 5 tahun tapi ya tetap berat untuk melepas. Banyak kenangan katanya, saksi bisu banyak hal. 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. Sayang banget sih kalo dijual. Sebab perjuangan buat nyicilnya itu yang bikin sedih kalo mesti dilempar ke orang lain.

      Yang suka jual biasanya udah bisa mengatur perasaan macam begini hehehe

      Delete
  32. Kayaknya kl oli motor, Enduro megang banget ya, pentingggg banget bikin alarm reminder biar inget kapan waktunya ganti oli. Sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mbak pakai Enduro aja kalo ganti oli.

      Delete
  33. Apa-apa memang kuncinya di perawatan ya Kak. Bahkan motor matic tua pun aman. Padahal dulu kukira, oli motor sama aja lho. Ternyata beda untuk motor matic maupun motor biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebelumnya juga saya kira sama aja. Ternyata oli motor itu beda-beda. Bahaya juga kalo salah ngasih oli ke motor hehe

      Delete
  34. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita untuk merawat motor dengan mengganti oli mesin dengan jenis dan waktu yang tepat sangat membantu memperpanjang usia kerja motor Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mas. Ikhtiar buat memperpanjang umur motor, karena tabungannya tak cukup kalo harus beli motor baru... hikss

      Delete
  35. Ponakan cowokku harus baca artikel ini nih, soalnya doi hobi utak utik motor maticnya.

    ReplyDelete
  36. Kata bapak aku, klo pake oli tuh.. Jangan ganti2 merek nak, pake satu ya satu aja seterusnya...

    Klo bang doel gtu juga enggak?

    Btw, aku pake enduro jugaa

    Ciee samaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mesti ganti dong, sesuaikan dengan kondisi motor. Masa motornya matic masih pakai oli buat motor manual? Motor baru sama motor lama juga mesti dibedakan dong...

      Delete
  37. Wah nanti coba dehbkasih rekomen oli ini ke suami. Buat motor maticnya bukan depan ganti oli hehe

    ReplyDelete
  38. Riskan juga mengganti oli sendirian ya bang. Tapi asal punya peralatan lengkap sih ok aja. Seperti kompresor agar oli lamanya benar-benar tuntas.

    Enduro emang oli terbaik untuk motor. Siip dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ada kompresor ukuran kecil. Jadi sisa-sisa olinya bisa bersih juga.

      Delete
  39. hahaha kalau kemampuan saya belum meningkat nih, sampai sekarang masih tetap sama untuk urusan motor, yaitu mengelapnya sampai bersih dan kinclong.

    Belum tertarik buat mempelajari soal mesin, karena belum merasa butuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum terlalu mengerti, mbak. Tapi ya tahulah dimana lubang buat isi bensin dan dimana lubang buat ganti oli hihi

      Delete
  40. Saya juga pake Enduro lho.. So far motor tua saya masih handal karena perawatan rutin, didukung pula oleh pelumas Enduro ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul mbak, motor tua emang kudu dirawat telaten plus olinya kudu enduro

      Delete
  41. aku pake motor jupiter mx, bagus apa tidak ya kak untu pake oli ini. takut salah pilih yg menjadi beban si motor nantinya

    (BeHangat.Com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kak, pakenya Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W - 30

      Delete
  42. Yang saya tanyakan, kenapa ya tiap kali ganti oli 3 bulan sekali itu olinya jadi hitam pekat ketika di tap/dikeluarkan. Padahal ketika dimasukkan masih jernih..hehe..gak paham tentang motor soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpelnya, olinya gosong, mbak. Tiap kali kena gesekan sama mesin, bahan sintetik oli jadi rusak. Itu kenapa meski masih ada di mesin, oli yang udah sekian waktu wajib diganti.

      Delete
  43. Yuni jarang ngurusin servis motor. Semua yuni limpahkan pada adik atau Bapak. Paling juga yuni tau-taunya sih, kalau motornya matic, olinya pake yang khusus matic. Kayak Pertamina. Kan punya enduro matic. Gitu-gitu aja sih. Hehehe

    ReplyDelete
  44. Saya dulu juga mengira kalau oli itu sama kayak bensin. Kalau udah habis bisa diisi lagi.
    Oli-oli bekas yg biasanya dimasukkan ayahku ke botol air mineral bekas aq kira juga bisa dibuat lagi. Gak taunya itu udah gak Bisa.
    Maklum gak pernah pegang permesinan jadi kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya dulu juga ngira gitu. Oli lama bisa dipakai lagi.

      Delete

Post a Comment

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.