Oli Motor Terbaik yang Cocok Untuk Kuda Besi Anda
Oli motor terbaik seperti jodoh bagi mesin. Saat keduanya cocok, ia akan memberi keturunan berupa tarikan empuk dan bunyi yang halus. Namun seperti apakah oli motor itu disebut terbaik bagi motor Anda?
Di pasaran saat ini banyak sekali merek oli motor. Mereka, tentu saja, mengklaim sebagai oli motor terbaik. Meski pada kenyataannya banyak diantaranya yang hanya mengaku cocok untuk semua motor, tetapi justru korosif.
Setiap oli motor yang baik mestilah hanya cocok untuk satu jenis mesin motor saja. Bahkan ada yang dipergunakan untuk satu jenis merek motor saja. Sepertinya oli itu dibuat dengan terlebih dahulu menyesuaikan produksi motor tersebut.
Oli motor merupakan salah satu varian dari oli mesin. Sehingga pada intinya semua oli memiliki kesamaan secara bentuk, fungsi, dan sistem kerjanya pada mesin.
Secara bentuk memang ada sedikit perbedaan dari berbagai oli mesin. Ada beberapa jenis oli mesin yang bentuknya seperti gel atau pasta. Kita sering menyebutnya dengan gemuk. Tapi oli semacam ini memiliki fungsi dan mekanisme kerja yang serupa dengan oli pada umumnya.
Secara umum bentuk oli merupakan cairan. Sehingga ia bisa dimasukkan dengan mudah kedalam mesin tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu. Cukup membuka tutup olinya, lalu Anda bisa menuangkannya dengan mudah.
Oli tersebut kemudian bakal memenuhi ruang mesin. Sehingga ketika komponen mesin bergesekan, oli ini bakal mencegahnya mengalami aus. Keberadaan oli ini juga mencegah agar suhu didalam mesin tetap stabil.
Pergesekan komponen tersebut menyebabkan oli bakal menghitam. Kalau oli sudah berubah warnanya seperti itu, tandanya mesti segera diganti. Perubahan tersebut terjadi pada kurun 2.500 KM atau dalam pemakaian yang normal bisa terjadi sekitar satu setengah hingga dua bulan.
Di pasar otomotif, semua merek tentu mengklaim dirinya sebagai oli motor terbaik. Tapi secara default, semua oli diciptakan dari bahan yang sama, yakni berasal dari minyak bumi. Oli yang masih murni ini disebut dengan oli mineral.
Untuk oli motor, pemakaian oli mineral ini mulai berkurang. Bahkan hampir tidak ada. Hal ini disesuaikan dengan kondisi mesin yang semakin rumit dan modern. Saat ini kebanyakan pabrikan oli hanya memproduksi oli sintetis.
Oli sintetis merupakan oli mineral yang dicampur dengan bahan lainnya. Secara umum oli sintetis berasal dari Polyalphaolifins atau senyawa terbersih dari hasil pemilahan oli mineral. Senyawa yang paling stabil dari zat tersebut adalah polyol-ester.
Senyawa tadi diambil karena memiliki kecenderungan untuk tidak bereaksi dengan senyawa lain. Sementara itu oli mineral memiliki karbon reaktif yang cenderung bereaksi ketika disitu ada oksigen, sehingga menghasilkan asam yang menimbulkan korosi pada mesin.
Itulah kenapa di pasaran saat ini hanya dijual oli sintetis saja, dan nyaris tidak ditemukan oli mineral yang masih murni.
Lalu seperti apakah oli motor terbaik? Atau langsung saja, merek apa sih yang layak menyandang sebagai julukan oli motor terbaik? Untuk menjawab ini, saya memiliki dua kabar, yakni kabar baik dan kabar buruk.
Kabar buruknya, nyaris tidak ada oli motor terbaik. Sebab pada dasarnya semua oli motor sama saja. Semuanya berbahan dasar oli mineral yang berasal dari minyak bumi.
Yang perlu diketahui pula, tidak semua oli motor cocok dengan motor tertentu. Ada merek oli motor A, hanya bagus buat motor B. Oli motor C hanya bagus buat motor D. Nyaris tidak ada oli motor yang bagus buat motor A hingga Z. Apa sebabnya?
Setiap motor memiliki mesin yang berbeda-beda. Misalnya motor sport tentu berbeda dengan motor matic. Belum lagi kalau melihat usia mesin motor tersebut. Motor yang masih baru tentu berbeda dengan mesin motor yang sudah berusia lima tahun. Mesin dari motor-motor itu mesti diberi oli yang berbeda.
Salah satu contohnya, oli motor matic tidak bisa dipakai untuk mesin motor biasa. Sebab oli motor matic didesain khusus untuk mesin motor dengan kopling kering. Sehingga dikhawatirkan ketika memakai oli motor khusus matic, mesin motor tersebut mengalami selip pada koplingnya.
Sebaliknya, untuk mesin motor matic disarankan juga hanya diberikan oli yang khusus untuk motor matic. Meski bisa juga diberikan oli motor biasa, namun hal ini tidak terlalu disarankan oleh para mekanik.
Oli motor untuk mesin yang baru dengan yang sudah berumur juga mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh diberikan oli motor yang kekentalannya standar saja. Sementara untuk mesin yang sudah tua bisa diberikan oli motor yang lebih kental.
Untuk tips memilih oli motor, silakan ikuti petunjuk dibawah ini.
Diatas sudah disinggung kalau mesin motor matic harus diberi mesin motor yang khusus matic juga. Anda bisa memilih di pasaran oli apa saja selama memang cocok buat matic. Biasanya di kemasannya juga sudah tergambar kegunaan oli tersebut.
Namun untuk memastikannya Anda bisa melihat kode JASO di kemasannya. Di pasaran saat ini ada tiga jenis kode JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.
JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Organization. Lembaga otomotif Jepang ini membuat kode-kode tersebut sebagai standar untuk oli motor. JASO MA diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling basah. JASO MA saat ini terbagi kedalam dua golongan, yakni JASO MA1 dan JASO MA2. JASO MA2 diklaim lebih baik.
Untuk JASO MB sendiri diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling kering. Sehingga setiap oli motor dengan kode JASO MB, pasti gambarnya motor matic.
Oli motor juga memiliki usia. Motor yang baru tentu memiliki mesin yang masih rapat dan komponennya masih rapi terpasang. Namun tidak begitu dengan mesin motor yang sudah tua. Ada beberapa komponennya yang aus sehingga menimbulkan tarikan mesin tidak maksimal.
Salah satu cara dalam mengatasinya, oli motor yang dipakai di kedua usia mesin tersebut mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh memakai oli motor yang encer. Namun mesin yang sudah tua wajib memakai oli motor yang kental.
Untuk mengetahui kekentalan dari oli mesin ini bisa dilihat dari kode yang diterakan dalam kemasan. Ada kode 10W-40, 20W-40, 30W-50 dan seterusnya. Kode-kode tersebut merupakan tanda kekentalan dari oli.
Kode huruf W disitu berarti Winter. Satuan ini dibuat oleh Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin tinggi angka W, maka semakin kental pula oli motor tersebut.
Semakin kental sebuah oli motor maka derajat viskositasnya juga semakin tinggi. Viskositas ini penting guna mencegah agar gesekan antara komponen didalam mesin tidak menyebabkan aus dan suhu semakin tinggi. Hal yang kerap terjadi pada mesin motor tua.
Viskositas sendiri merupakan sebuah ukuran guna mengetahui derajat pergesekan sebuah benda cair terhadap benda lainnya. Jadi sebetulnya bukan soal kental atau tidak. Namun ya karena yang viskositasnya tinggi biasanya cairannya kental, maka antara viskositas dan kental kerap disebut beriringan.
API ini bukan Application Programming Interface, namun American Petroleum Institute. API merupakan sebuah lembaga yang menguji kualitas sebuah produk oli mesin. Lembaga ini kemudian mengeluarkan kode untuk kemudian dipasang pada kemasannya.
Kode dari API tertulis SA, SB, SC, SD, hingga SL. Semakin jauh urutan abjad setelah S, maka semakin baik kualitas oli tersebut. Di pasaran tanah air, sudah banyak beredar oli motor dengan kualitas API SL.
Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah semua oli di pasaran adalah oli motor terbaik. Namun tentu saja terbaik ketika direkomendasikan oleh pabrikannya masing-masing. Sebab pabrikan itulah yang tahu oli mana yang lebih cocok buat motornya.
Kalau Anda memiliki kesempatan untuk menguji oli mana yang paling cocok buat motor Anda sendiri, itu lebih baik.
Apabila merasa repot buat merawat motor dengan memberinya oli terbaik, ya sudah sewa mobil atau bahkan sewa bus saja buat bepergian.
Di pasaran saat ini banyak sekali merek oli motor. Mereka, tentu saja, mengklaim sebagai oli motor terbaik. Meski pada kenyataannya banyak diantaranya yang hanya mengaku cocok untuk semua motor, tetapi justru korosif.
Setiap oli motor yang baik mestilah hanya cocok untuk satu jenis mesin motor saja. Bahkan ada yang dipergunakan untuk satu jenis merek motor saja. Sepertinya oli itu dibuat dengan terlebih dahulu menyesuaikan produksi motor tersebut.
Pengertian Oli Motor
Oli motor merupakan salah satu varian dari oli mesin. Sehingga pada intinya semua oli memiliki kesamaan secara bentuk, fungsi, dan sistem kerjanya pada mesin.
Secara bentuk memang ada sedikit perbedaan dari berbagai oli mesin. Ada beberapa jenis oli mesin yang bentuknya seperti gel atau pasta. Kita sering menyebutnya dengan gemuk. Tapi oli semacam ini memiliki fungsi dan mekanisme kerja yang serupa dengan oli pada umumnya.
Secara umum bentuk oli merupakan cairan. Sehingga ia bisa dimasukkan dengan mudah kedalam mesin tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu. Cukup membuka tutup olinya, lalu Anda bisa menuangkannya dengan mudah.
Oli tersebut kemudian bakal memenuhi ruang mesin. Sehingga ketika komponen mesin bergesekan, oli ini bakal mencegahnya mengalami aus. Keberadaan oli ini juga mencegah agar suhu didalam mesin tetap stabil.
Pergesekan komponen tersebut menyebabkan oli bakal menghitam. Kalau oli sudah berubah warnanya seperti itu, tandanya mesti segera diganti. Perubahan tersebut terjadi pada kurun 2.500 KM atau dalam pemakaian yang normal bisa terjadi sekitar satu setengah hingga dua bulan.
Oli Motor Terbaik
Di pasar otomotif, semua merek tentu mengklaim dirinya sebagai oli motor terbaik. Tapi secara default, semua oli diciptakan dari bahan yang sama, yakni berasal dari minyak bumi. Oli yang masih murni ini disebut dengan oli mineral.
Untuk oli motor, pemakaian oli mineral ini mulai berkurang. Bahkan hampir tidak ada. Hal ini disesuaikan dengan kondisi mesin yang semakin rumit dan modern. Saat ini kebanyakan pabrikan oli hanya memproduksi oli sintetis.
Oli sintetis merupakan oli mineral yang dicampur dengan bahan lainnya. Secara umum oli sintetis berasal dari Polyalphaolifins atau senyawa terbersih dari hasil pemilahan oli mineral. Senyawa yang paling stabil dari zat tersebut adalah polyol-ester.
Senyawa tadi diambil karena memiliki kecenderungan untuk tidak bereaksi dengan senyawa lain. Sementara itu oli mineral memiliki karbon reaktif yang cenderung bereaksi ketika disitu ada oksigen, sehingga menghasilkan asam yang menimbulkan korosi pada mesin.
Itulah kenapa di pasaran saat ini hanya dijual oli sintetis saja, dan nyaris tidak ditemukan oli mineral yang masih murni.
Polemik Oli Motor Terbaik
Lalu seperti apakah oli motor terbaik? Atau langsung saja, merek apa sih yang layak menyandang sebagai julukan oli motor terbaik? Untuk menjawab ini, saya memiliki dua kabar, yakni kabar baik dan kabar buruk.
Kabar buruknya, nyaris tidak ada oli motor terbaik. Sebab pada dasarnya semua oli motor sama saja. Semuanya berbahan dasar oli mineral yang berasal dari minyak bumi.
Yang perlu diketahui pula, tidak semua oli motor cocok dengan motor tertentu. Ada merek oli motor A, hanya bagus buat motor B. Oli motor C hanya bagus buat motor D. Nyaris tidak ada oli motor yang bagus buat motor A hingga Z. Apa sebabnya?
Oli Motor yang Khusus
Setiap motor memiliki mesin yang berbeda-beda. Misalnya motor sport tentu berbeda dengan motor matic. Belum lagi kalau melihat usia mesin motor tersebut. Motor yang masih baru tentu berbeda dengan mesin motor yang sudah berusia lima tahun. Mesin dari motor-motor itu mesti diberi oli yang berbeda.
Salah satu contohnya, oli motor matic tidak bisa dipakai untuk mesin motor biasa. Sebab oli motor matic didesain khusus untuk mesin motor dengan kopling kering. Sehingga dikhawatirkan ketika memakai oli motor khusus matic, mesin motor tersebut mengalami selip pada koplingnya.
Sebaliknya, untuk mesin motor matic disarankan juga hanya diberikan oli yang khusus untuk motor matic. Meski bisa juga diberikan oli motor biasa, namun hal ini tidak terlalu disarankan oleh para mekanik.
Oli motor untuk mesin yang baru dengan yang sudah berumur juga mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh diberikan oli motor yang kekentalannya standar saja. Sementara untuk mesin yang sudah tua bisa diberikan oli motor yang lebih kental.
Untuk tips memilih oli motor, silakan ikuti petunjuk dibawah ini.
Perhatikan Kebutuhan Mesin Motor
Diatas sudah disinggung kalau mesin motor matic harus diberi mesin motor yang khusus matic juga. Anda bisa memilih di pasaran oli apa saja selama memang cocok buat matic. Biasanya di kemasannya juga sudah tergambar kegunaan oli tersebut.
Namun untuk memastikannya Anda bisa melihat kode JASO di kemasannya. Di pasaran saat ini ada tiga jenis kode JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.
JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Organization. Lembaga otomotif Jepang ini membuat kode-kode tersebut sebagai standar untuk oli motor. JASO MA diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling basah. JASO MA saat ini terbagi kedalam dua golongan, yakni JASO MA1 dan JASO MA2. JASO MA2 diklaim lebih baik.
Untuk JASO MB sendiri diperuntukkan bagi mesin motor dengan kopling kering. Sehingga setiap oli motor dengan kode JASO MB, pasti gambarnya motor matic.
Perhatikan Usia Motor
Oli motor juga memiliki usia. Motor yang baru tentu memiliki mesin yang masih rapat dan komponennya masih rapi terpasang. Namun tidak begitu dengan mesin motor yang sudah tua. Ada beberapa komponennya yang aus sehingga menimbulkan tarikan mesin tidak maksimal.
Salah satu cara dalam mengatasinya, oli motor yang dipakai di kedua usia mesin tersebut mesti dibedakan. Mesin yang masih baru boleh memakai oli motor yang encer. Namun mesin yang sudah tua wajib memakai oli motor yang kental.
Untuk mengetahui kekentalan dari oli mesin ini bisa dilihat dari kode yang diterakan dalam kemasan. Ada kode 10W-40, 20W-40, 30W-50 dan seterusnya. Kode-kode tersebut merupakan tanda kekentalan dari oli.
Kode huruf W disitu berarti Winter. Satuan ini dibuat oleh Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin tinggi angka W, maka semakin kental pula oli motor tersebut.
Semakin kental sebuah oli motor maka derajat viskositasnya juga semakin tinggi. Viskositas ini penting guna mencegah agar gesekan antara komponen didalam mesin tidak menyebabkan aus dan suhu semakin tinggi. Hal yang kerap terjadi pada mesin motor tua.
Viskositas sendiri merupakan sebuah ukuran guna mengetahui derajat pergesekan sebuah benda cair terhadap benda lainnya. Jadi sebetulnya bukan soal kental atau tidak. Namun ya karena yang viskositasnya tinggi biasanya cairannya kental, maka antara viskositas dan kental kerap disebut beriringan.
Selain JASO, SAE, Lihat Juga API
API ini bukan Application Programming Interface, namun American Petroleum Institute. API merupakan sebuah lembaga yang menguji kualitas sebuah produk oli mesin. Lembaga ini kemudian mengeluarkan kode untuk kemudian dipasang pada kemasannya.
Kode dari API tertulis SA, SB, SC, SD, hingga SL. Semakin jauh urutan abjad setelah S, maka semakin baik kualitas oli tersebut. Di pasaran tanah air, sudah banyak beredar oli motor dengan kualitas API SL.
Penutup
Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah semua oli di pasaran adalah oli motor terbaik. Namun tentu saja terbaik ketika direkomendasikan oleh pabrikannya masing-masing. Sebab pabrikan itulah yang tahu oli mana yang lebih cocok buat motornya.
Kalau Anda memiliki kesempatan untuk menguji oli mana yang paling cocok buat motor Anda sendiri, itu lebih baik.
Apabila merasa repot buat merawat motor dengan memberinya oli terbaik, ya sudah sewa mobil atau bahkan sewa bus saja buat bepergian.
Halo salam kenal, saya sebenarnya tidak pakai motor matic, tapi adik saya pakai motor matic untuk mobilitas sehari hari, motornya sering panas dan mogok, saya akan share infonya ke adik saya, terima kasih.
BalasHapusKalo matic mogok biasanya masalah di kelistrikan. coba cek arusnya.
HapusIya, memang menggunakan oli memang masalah cocok-cocokkan. Bisa diandaikan mencari jodoh. Kendaraan saya sampai sekarang masih belum dapat oli yang cocok. Sekalinya cocok, dompet saya yang tidak cocok. Tapi oli pertamina direkomendasikan bengkel-bengkel resmi di Indonesia. Jadi sudah dijamin bagus, harga juga terjangkau.
BalasHapusBoleh saya bantu mengenai viskositas. Istilah gampangnya ini bisa disamakan dengan keenceran. Kalau pakai oli angka viskositas makin kecil maka makin ringan kerja mesin kendaraan. Etapi harap cek spesifikasi kendaraan terlebih dahulu. Di sana tertulis viskositas dan berapa derajat suhu minimal & maksimal yang dipakai pada kendaraan. Kalau mobil-mobil baru biasanya viskositasnya makin tinggi. Tapi berkat teknologi oli makin canggih, mobil lama juga bisa pakai oli encer dengan syarat mesin dalam kondisi prima. Sudah dicoba pada mercy mini. Tarikan mesin ringan, suara makin halus.
Viskositas sebetulnya bukan hanya soal encer atau kental. Tapi ketahanan sebuah cairan terhadap gerakan. Sebab untuk menahan laju viskositas juga bisa diredam dengan gel. Di bengkel kerap disebut stemplet.
HapusSayangnya mesin lama gak semuanya prima sih. Kalo mercy mah gak usah ditanya awetnya. Buatan Jerman gitu loh.
Saya pake matic mas..
BalasHapusDulu suami rajin banget memperhatikan kebutuhan motornya. Tapi kemudian pernah sampai harus benerin motor sampe berjuta gara-gara lupa ganti oli. Serem kan mas.. perkara sepele, tapi jadinya pengeluaran jadi besar..
saya pakai motor bebek. tapi baca ternyata banyak macam oli, saya jd bingung mana yg pas untuk motor bebek saya. motor saya 4 tak atau 2 tak ajah gak paham. wkwkw. apa kata suami deh pokoknya kudu enduro
HapusMemang seseram itu kalo salah oli apalagi sampe lupa ganti oli. Bisa turun mesin dan mesti keluar duit gede.
HapusLah iya . Aku marahin donk suami..
HapusMentang-mentang dia lebih sering pake mobil, jadi motor yang aku pake malah dilupain kapan harus ganti oli..
Dulu pas masih pake motor tak, saya masih disiplin tuh ganti oli. Eh begitu udah demam motor matic, saya jadi abai dan lupa terus. Kekeke. Kalo motor tak kan tangki olinya kelihatan. Kalo motor matic itu ya bingung sendiri saya. Hahaha. Padahal, motor matic pun perlu disiplin dan telaten yaaa ganti olinya. Kece nih enduro.
BalasHapusMotor matic malah kudu lebih telaten, soalnya rewel.
HapusBetulan oli lama dicampur baru gitu ya pas belum tahu? 😬. Kalau saya cuma kepikiran setiap ke bengekel, itu oli masih banyak gitu kok sudah dibuang saja kan sayang banget 😅
BalasHapusSaya tidak mudeng masalah oli, karena biasanya kalau ganti oli itu apa yang ditawari abang bengkel iya aja 😬
Iya, euy. Dan penyesalannya masih terasa sampai sekarang. haha
HapusKeunggulan pelumas pertamina sudah diakui dunia untuk menjaga mesin kendaraan tetap prima.
BalasHapusEnduro memang oli motor terbaik, mas.
Hapussaya selalu bingung mas kalo pilih oli. karena saya biasa pake motor utk jarak jauh PP sekitar 60km. oli enduri yg cocok yg mana ya?
BalasHapusMotor matic, motor biasa, atau malah motor sport?
HapusGanti oli ini urusan sepele namun sering kita lalai. Harus tag kalender kayaknya hehe
BalasHapusWajib banget bang biar gak kelupaan.
HapusOli memang barang yang sepertinya sepele tapi sungguh fatal jika tidak diperhatikan. Dengan pemakaian oli yang sembarangan bisa mengakibatkan kerusakan ringan pada mesin, seperti suara mesin menjadi kasar, bahkan bisa ada endapan seperti kerak. Itu aku rasakan di motor ku yang bukan matic.
BalasHapusSetelah membaca penjelasan yang sangat logis dari mas doel, jadi tertarik untuk pakai oli enduro yang khusus matic. pas bulan depan abis batas service gratis yang diberikan oleh dealer.
Yuk ganti ke oli Enduro khusus matic, mas. Biar motor kembali tokcer.
HapusMemang oli enduro ini sangat cocok untuk jenis motor matic. Selain itu harganya pun sangat bersahabat dengan dompet. Yang pasti patut diandalkan
BalasHapusEnduro Matic-G memang dibuat khusus buat motor matic, jadi ya pasti cocok.
HapusSenang kalau ketemu oli yang cocok, karena seperti hati, oli pun cocok-cocokan.
BalasHapusEh....
Semangat berkendara dan selalu safety riding ya Mas. Jangan lupa, rutin ganti oli.
Betul, mbak. Siap, selalu safety riding diutamakan.
HapusWahh saya baru tau klo usia motor juga menjadi pertimbangan dlm memilih oli. Saya selama ini cuma tinggal bawa ke bengkel aja.. makasih ilmunya Bang
BalasHapusKalo ke bengkel juga tergantung maunya konsumen, jadi tetep konsumen yang mesti memilih oli apa yang paling cocok buat motornya.
HapusOli yang baik untuk motor yang baik, apalagi Pertamina murni merupakan perusahaan bangsa sendiri,.minimal kita sebagai anak bangsa yang menggunakannya rutin.
BalasHapusBetul. Cintailah produk dalam negeri, mas.
Hapuseh motor kita sama.
BalasHapusKalau urusan oli saya serahkan aja ke suami, saya sih tahunya tinggal pakai aja. Pokoknya kalau ada yang terasa kurang enak, tinggal bilang ke suami, dia nanti yang urusin.
Tapi sebenarnya harus tahu soal ginian juga ya.
Bener kudu tahu soal memilih oli buat motor, mbak.
HapusDari sekian banyak produk oli, pelumas Pertamina, memang tidak diragukan lagi.
BalasHapusOlinya mantap, kendaraanpun jadi lancar dan kondisinya tetap terawat.
Sudah teruji di motor saya, mbak. Manuvernya tokcer lagi.
HapusUrusan oli emang cocok-cocokan sih ya, sama kaya doi, hehehe. Tapi produk enduro inikan milik pertamina yang tentu saja idealnya punya kualitas bagus.
BalasHapusBetul, mirip jodoh.
HapusSaya rutin ganti oli motor tiap 2000-an kilometer. Kalau oli sudah gak layak pakai, atau terlambat diganti, mesin bisa rusak dan itu biaya perbaikannya mahal. Nah, oli motor dari Pertamina Lubricants ini layak untuk dicoba ya
BalasHapusKalau oli telat diganti, harus turun mesin. Dan itu selain lama juga mahal.
HapusAlhamdulillah sudah coba pakai Enduro saya Bang, ternyata cocok untuk motor saya. Saya pakainya Enduro 4T Racing. Keren banget deh pokoknya
HapusSelama ini selalu nyuruh pinaka5 untuk ganti oli motor karena gak gak ngerti. Habis ini boleh lah coba ke bengkel sendiri dan milih sendiri olinya. Bookmark artikel ini ah.
BalasHapusSebagai konsumen mesti mengerti sedikit, mbak. Apalagi motor sendiri tentu buat kenyamanan sendiri.
HapusMemilih oli motor itu boleh ganti2 gak sih mas? Atau berlaku hukum kayak susu formula anak.. kalau mau ganti, upgrade ke yg lebih mahal..
BalasHapusKalau bisa jangan ganti-ganti. Misal sebulan oli A, terus bulan depan oli B, bulan depan lagi oli C. Itu gak boleh. Karena mesin katanya harus menyesuaikan lagi dengan formula oli yang dipakai. Kalau ganti-gantinya terlalu berdekatan, bisa-bisa mesinnya jadi gak bagus.
HapusSaya juga pakai motor matic karena enak dan simpel. Kalo soal oli mesin aku ga pakai satu merk, hampir semuanya aku pernah pakai, dari Shell, Top one, Enduro, Castrol dll.😂
BalasHapusWah jangan ganti-ganti, mas . Gak bagus. Pake Enduro aja.
Hapusbaca ginian jadi serasa jaman sekolah dulu :D bahas kekentalan oli, memang penting dan kita harus menentukan sendiri sesuai kebutuhan
BalasHapusYa, motor kita, kita yang tentukan.
HapusMenjaga oli motor agar tetap sehat, cara yang saya lakukan yaitu dengan mengganti oli secara berkala setiap 3 bulan sekali. Tapi tergantung jarak pemakaian sih. Kalau misal sering dipakai buat keluar kota, biasanya belum sampai 3 bulan saya ganti. Pernah waktu itu karena kehabisan oli, sampe turun mesin dan keluar biaya banyak
BalasHapusSaya mesti sebulan sekali ganti oli, mas Amir. Soalnya lumayan rutin penggunaannya.
Hapuswah mantap bang ulasanya mengenai oli motor terbaik enduro ini. oli motor ini memang sangat ramah dengan motor kita
BalasHapusHarus cari oli yang tepat buat motor sendiri, Mas Maschun.
HapusKalau saya sich ganti olinya tiap 4 bulan atau 4000km, tergantung mana yang lebih dulu tercapai
BalasHapusSaya di kisaran angka 3.000 KM. Kalo udah 4.000 KM lebih mesinnya udah kerasa gak enak. Maklum motor tua.
HapusMasalah per oli an ini sebenarnya urusan suami, saya sih nggak pernah tahu apa saja yang dilakukan di bengkel hehe. Tapi abis ini bakalan saya kasih tahu artikel ini, penjelasannya lengkap kap banget terimakasih
BalasHapusHayuk ikut ngurusin juga biar sedikit paham.
HapusKomprehensif banget pembahasan oli enduronya
BalasHapusjadi ingat minggu kemarin motorku turun mesin, sebabnya panas karena mungkin olinya kurang pas
habis ini aku mau pake enduro sajalah
Mantul bang Pri, pilih Enduro yang cocok buat motor Abang.
HapusDulu pas masih zamannya motor 2 tak, masih disiplin ya ganti oli samping. Sekarang pas udah musim motor matic suka lupaaaaa smw. Hehehehe
BalasHapusKalo urusan manual, kayaknya semuanya mesti diurus. Padahal meski otomatis, motor matic juga tetep harus manual kalo ganti oli. Ingetnya semua otomatis ya hehe
Hapus3 bulan sekali itu maksimal ya dari motor itu harus diganti olinya, kebetulan aku tuh ya mengandalkan suami aja mas buat ganti-ganti oli kayak gitu hehe
BalasHapusTergantung jarak tempuh sebetulnya, mbak. Kalo udah melampaui 2500 km, mestinya udah waktunya ganti oli sih. Dan hal ini perlu diketahui juga biar suaminya tahu kapan mesti diganti olinya.
HapusNah masalahnya bang beberapa bengkel resmi tidak menyediakan oli2 pertamina di gerai mereka..jadi agak kerepotan kalau mau ganti oli..kecuali memang sudah disiapkan dari rumah ya
BalasHapusBetul, yang Enduro Matic-G ini juga agak susah. Mesti beli dulu di SPBU. Makanya saya membiasakan buat mengganti oli sendiri.
HapusBuat yang di wilayahnya ada Enduro Express lebih enak lagi buat ganti oli Enduro.
Sebagai perempuan jujur kurang paham soal per oli an. Kirain sama saja ternyata Enduro rekomen ya? Biasa sih aku serahkan aja ke suami, hehe...
BalasHapusRata-rata perempuan memang gitu, mbak. Motor istri saya aja ya tetep saya yang ke bengkel kalo ada apa-apa hehe
HapusKalau masa kredit udah habis lalu motornya dijual tuh rasanya kayak sia-sia ga sih perjuangan selama ini? Hehehehe.. tapi kata orang2 memang lebih baik motor di atas 5 tahun itu dijual, terlebih matic. Punya suami saya pun udah lebih deh dari 5 tahun tapi ya tetap berat untuk melepas. Banyak kenangan katanya, saksi bisu banyak hal. 🤣
BalasHapusBetul, mbak. Sayang banget sih kalo dijual. Sebab perjuangan buat nyicilnya itu yang bikin sedih kalo mesti dilempar ke orang lain.
HapusYang suka jual biasanya udah bisa mengatur perasaan macam begini hehehe
Kayaknya kl oli motor, Enduro megang banget ya, pentingggg banget bikin alarm reminder biar inget kapan waktunya ganti oli. Sipp
BalasHapusYuk, mbak pakai Enduro aja kalo ganti oli.
HapusApa-apa memang kuncinya di perawatan ya Kak. Bahkan motor matic tua pun aman. Padahal dulu kukira, oli motor sama aja lho. Ternyata beda untuk motor matic maupun motor biasa...
BalasHapusIya, sebelumnya juga saya kira sama aja. Ternyata oli motor itu beda-beda. Bahaya juga kalo salah ngasih oli ke motor hehe
HapusAlhamdulillah, kesadaran masyarakat kita untuk merawat motor dengan mengganti oli mesin dengan jenis dan waktu yang tepat sangat membantu memperpanjang usia kerja motor Mas.
BalasHapusAlhamdulillah, mas. Ikhtiar buat memperpanjang umur motor, karena tabungannya tak cukup kalo harus beli motor baru... hikss
HapusPonakan cowokku harus baca artikel ini nih, soalnya doi hobi utak utik motor maticnya.
BalasHapusNah, silakan diforward mbak.. (y)
HapusKata bapak aku, klo pake oli tuh.. Jangan ganti2 merek nak, pake satu ya satu aja seterusnya...
BalasHapusKlo bang doel gtu juga enggak?
Btw, aku pake enduro jugaa
Ciee samaan
Ya mesti ganti dong, sesuaikan dengan kondisi motor. Masa motornya matic masih pakai oli buat motor manual? Motor baru sama motor lama juga mesti dibedakan dong...
HapusWah nanti coba dehbkasih rekomen oli ini ke suami. Buat motor maticnya bukan depan ganti oli hehe
BalasHapusRiskan juga mengganti oli sendirian ya bang. Tapi asal punya peralatan lengkap sih ok aja. Seperti kompresor agar oli lamanya benar-benar tuntas.
BalasHapusEnduro emang oli terbaik untuk motor. Siip dah
Kebetulan ada kompresor ukuran kecil. Jadi sisa-sisa olinya bisa bersih juga.
Hapushahaha kalau kemampuan saya belum meningkat nih, sampai sekarang masih tetap sama untuk urusan motor, yaitu mengelapnya sampai bersih dan kinclong.
BalasHapusBelum tertarik buat mempelajari soal mesin, karena belum merasa butuh
Saya juga belum terlalu mengerti, mbak. Tapi ya tahulah dimana lubang buat isi bensin dan dimana lubang buat ganti oli hihi
HapusSaya juga pake Enduro lho.. So far motor tua saya masih handal karena perawatan rutin, didukung pula oleh pelumas Enduro ini.
BalasHapusMantul mbak, motor tua emang kudu dirawat telaten plus olinya kudu enduro
Hapusaku pake motor jupiter mx, bagus apa tidak ya kak untu pake oli ini. takut salah pilih yg menjadi beban si motor nantinya
BalasHapus(BeHangat.Com)
Bagus kak, pakenya Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W - 30
HapusYang saya tanyakan, kenapa ya tiap kali ganti oli 3 bulan sekali itu olinya jadi hitam pekat ketika di tap/dikeluarkan. Padahal ketika dimasukkan masih jernih..hehe..gak paham tentang motor soalnya
BalasHapusSimpelnya, olinya gosong, mbak. Tiap kali kena gesekan sama mesin, bahan sintetik oli jadi rusak. Itu kenapa meski masih ada di mesin, oli yang udah sekian waktu wajib diganti.
HapusYuni jarang ngurusin servis motor. Semua yuni limpahkan pada adik atau Bapak. Paling juga yuni tau-taunya sih, kalau motornya matic, olinya pake yang khusus matic. Kayak Pertamina. Kan punya enduro matic. Gitu-gitu aja sih. Hehehe
BalasHapusSaya dulu juga mengira kalau oli itu sama kayak bensin. Kalau udah habis bisa diisi lagi.
BalasHapusOli-oli bekas yg biasanya dimasukkan ayahku ke botol air mineral bekas aq kira juga bisa dibuat lagi. Gak taunya itu udah gak Bisa.
Maklum gak pernah pegang permesinan jadi kurang paham
Iya, saya dulu juga ngira gitu. Oli lama bisa dipakai lagi.
HapusMaaf min..mau tanya kalau motor hanis ganti seher dan ring seher standar.baiknya pake oli yang viskositas berapa ya?
BalasHapusthanks om buat tipsnya. bisa jadi acuan nih kalo lagi milih federal oil buat motorku hehehe
BalasHapus