Surga Kopi Tersembunyi di Belantara Jakarta

Indonesia menghasilkan 630.000 ton kopi setiap tahunnya. Data yang diambil dari Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) tersebut juga menyebutkan kalau 70% dari jumlah tersebut diekspor.

Tingginya ekspor kopi itu disebabkan serapan pasar lokal yang belum masif. Kedai-kedai kopi belum menciptakan efek berantai yang memicu agar pasokan kopi tidak ke luar negeri.




Bergeliat Karena Kopi Kekinian


Semakin kesini, tren berubah. Muncul tren kopi kekinian yang memicu masifnya kebutuhan kopi di pasar lokal. Kopi yang dicampur dengan aneka ragam perasa minuman lain itu menjadikan pasar semakin bergeliat.

Kopi kekinian ini membuat mereka yang kurang suka dengan kopi akhirnya mencicipi. Sebab rasa kopinya tertimbun dengan aroma karamel gula merah, matcha, coklat, vanila, dan semacamnya.

Meski begitu kedai kopi semacam ini tetap menyuguhkan kopi original seperti biasanya. Segelas kopi yang didapat dari penggilingan biji kopi baru dan diseduh dengan air panas lewat berbagai teknik penyajian.

Harga Kopi Kekinian


Soal harga tentu saja agak membuat kaget buat Anda yang terbiasa dengan kopi sachet-an. Sebab dalam satu kali sajian, harga yang dibayarkan bisa 10 kali lipat dari 'kopi gunting' tersebut.

Sekadar perbandingan, harga secangkir kopi di berbagai belahan dunia lain juga bervariasi. Menurut berbagai referensi, harga kopi di Moskow $4.31 per gelas, Zurich $4.98, Beijing $4.42, Istanbul $1.41, Kairo $1.36, Shanghai $4,60, Mumbai $1.06, Dubai $5.70, Sao Paulo $1.50, dan Johannesburg $1.49.

Silakan hitung harga tersebut dengan kurs rupiah pada hari ini. Bakal didapatkan harga termurah di angka Rp15.000,00. Itupun baru kopi murni. Kalau ditambah dengan racikan perasa lain seperti kopi kekinian diatas, maka bakal terjadi kenaikan hingga 50%.

Tips Agar Tak Terjebak Harga


Buat yang khawatir dijebak dengan harga yang tak ramah di kantong, Anda sudah semestinya menyiapkan diri. Ya, tentu saja siap-siap menebalkan kantong dengan rupiah segunung.

Kalau tak punya segunung dan hanya cukup buat mentraktir satu orang tersayang, maka yang mesti disiapkan adalah mengetahui harga yang ditawarkan oleh kedai kopi tersebut.

Saya memiliki tips agar Anda tidak merasa dijebak dengan harga yang ditawarkan kedai kopi kekinian. Tips yang pertama adalah mengetahui media sosial masing-masing kedai kopi tersebut. Biasanya selain memberitahukan menunya, juga diselipkan harga yang dibanderol.

Tips pertama itu cukup merepotkan. Sebab Anda mesti mencari satu-persatu akun media sosial dari kedai kopi tersebut. Oleh karenanya, saya punya tips kedua yang lebih ringkas. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Traveloka.

Ada Traveloka Eats yang Sedang Hits


Anda sudah ketinggalan zaman kalau mengetahui Traveloka hanya aplikasi pesan tiket dan hotel semata. Sebab setelah merilis Traveloka Xperience, startup unicorn di bidang pariwisata ini juga telah merilis Traveloka Eats.

Traveloka Eats merupakan salah satu fitur di aplikasi Traveloka yang memudahkan para pelancong untuk mencari tempat makan. Ada ribuan tempat makan yang terdaftar disini. Anda bisa menemukannya di berbagai kota di Indonesia.

Hanya dengan membuka aplikasinya, ribuan daftar makanan itu tersedia di tangan Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan lokasi dan mencari jenis makanan yang diinginkan.

Daftar itu akan muncul manakala Traveloka Eats ada di kota tersebut. Semua makanan yang dicari akan muncul lengkap dengan nama tempat makan, alamatnya, dan tentu saja daftar harganya.


Surga Ngopi di Treats dari Traveloka Eats


Dibalik fitur Traveloka Eats ada menu spesial yang membuatnya wajib dicoba. Yakni menu Treats. Menu ini merupakan kejutan tersembunyi dari Traveloka yang bermanfaat buat menekan budget makan Anda.

Percaya enggak kalau Treats ini bisa menekan biaya dine-out Anda? Kalau belum percaya, silakan dicoba untuk menemukan surga tersembunyi, mutiara terpendam atau hidden gems, atau apapun lah Anda menyebutnya, buat Anda yang betul-betul pecinta ngopi.

Anda akan mengetahui harga yang ditawarkan dari masing-masing kedai kopi. Disamping itu, untuk periode tertentu, Treats memberikan penawaran spesial bagi pembeli yang membeli kopi melalui Traveloka Eats.

Saya memakai Treats by Traveloka Eats untuk menemukan kedai kopi pilihan yang merupakan hidden gems tadi. Silakan simak daftar dibawah ini. Saya mengurutkan lewat popularitasnya di aplikasi berdasarkan partner Treats yang terdaftar.

Midori Coffee



Kedai kopi ini terletak di Jalan K.H. Wahid Hasyim 106 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Ya, tempat makan ini sesuai namanya, yaitu memiliki nuansa Jepang. Nama lengkapnya pun Midori Japanese.

Treats yang ditawarkan kedai kopi ini berupa 25% off 5 Cups Coconut Milk Coffe. Jadi cocok buat Anda yang datangnya rombongan. Anda hanya perlu membayar Rp78.750,00 alih-alih harus merogoh kocek sebesar Rp105.000,00.

Stumpy Coffee



Kedai kopi ini terletak di Jalan Blora 32, Dukuh Atas, Menteng, Jakarta Pusat. Penawaran dari kedai kopi ini ada pada menu Heritage Stumpy.

Heritage Stumpy merupakan es kopi dengan paduan karamel yang nikmat. Nuansa panas yang ada di Jakarta niscaya luruh dengan dingin, gurih, dan manisnya es kopi ini.

Treats menawarkan gratis 1 cup untuk pembelian 3 cup. Cocok buat Anda dan teman-teman yang sama-sama suka kopi berkaramel. Atau cocok juga buat Anda yang kebetulan sedang double date, mungkin?

Votrro Coffee & Bar



Kedai kopi yang terletak di Jalan Muara Karang Raya 56, Jakarta Utara ini menyediakan gratis black coffee untuk pembelian secangkir black coffee juga.

Untuk mendapatkan secangkir kopi gratis lagi, Anda bisa memesan Spaghetti Carbonara. Buat Anda yang mencari makanan halal, sayangnya spaghetti ini mesti dihindari. Atau Anda bisa memesannya tanpa potongan bacon.

The Gade Coffee & Gold



Nama Gold di kafe ini bukan isapan jempol. Sebab di kedai kopi yang beralamat di Jalan Wijaya IX, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini pernah menawarkan Treats berupa tabungan emas. Sayangnya Treats tersebut telah berakhir.

Anda masih bisa menikmati tawaran menarik dari kedai kopi milik PT. Pegadaian ini dengan membeli kopi susu seharga Rp30.000,00 dengan bonus tiga buah Van Lenning Donut.

Sleepless Owls



Ada tiga Treats yang tersedia di kedai kopi yang beralamat di Jalan Tebet Utara Dalam 27, Jakarta Selatan ini. Ada yang beli makanan gratis kopi, dan ada juga yang beli kopi gratis makanan. Terakhir tawarannya salad gratis buah.

Jadi kita mengulas dua tawaran saja ya. Yang pertama Anda bisa mendapatkan dua kopi gratis dengan memesan Grilled Salmon & Fat Owls. Kemudian satu lagi apabila Anda memesan tiga kopi baik dingin ataupun panas maka gratis satu cheese stick.

Sebetulnya masih banyak lagi kedai kopi tersembunyi yang merupakan surga bagi para pecinta kopi di Jakarta. Anda bisa melakukan eksplorasi sendiri di Traveloka Eats.

Pergunakan juga menu Treats di Traveloka Eats agar Anda bisa mendapatkan tawaran menarik yang tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda.

Cara Menggunakan Treats di Traveloka Eats


Untuk menggunakan menu Treats by Tarveloka Eats ini, Anda mesti memiliki aplikasi Traveloka terlebih dahulu. Buat pemilik ponsel Android bisa mengunduhnya di Play Store, dan pemilik perangkat iOS bisa mendapatkannya di App Store.

Cara menemukan menu Treats pada aplikasi Traveloka, bisa dilihat pada inforgrafis berikut ini:



1. Lakukan eksplorasi


Kunjungi Treats di Traveloka Eats dan temukan tempat makan yang Anda maksud. Pertama kali pastikan Anda memasukkan lokasi. Saat ini Treats baru tersedia di wilayah Jabodetabek.

2. Simpan tempat makan yang ditemukan


Setelah eksplorasi selesai dan Anda tertarik dengan salah satu tawaran dari tempat makan yang ada, jangan lupa disimpan.

3. Tunjukkan halaman tersebut dan tekan GET DEALS


Saat tiba di tempat makan yang dituju, tunjukkan halaman yang disimpan tersebut. Ingat ya, lakukan ini sebelum memesan. Kemudian pengelola tempat makan tersebut akan menekan Get Deals untuk mengaktivasi tawaran Treats.

Bisa juga dengan melakukan pemindaian kode QR untuk menyelesaikan transaksi.

4. Bayar


Jangan lupa Anda mesti memiliki saldo Uangku yang cukup. Bisa juga dibayar lewat Traveloka Paylater, maupun transfer bank. Lakukan pengisian tagihan ini sebelum Anda bertransaksi di tempat makan, supaya ketika GET DEALS tagihannya langsung berhasil.


Nah, itu dia cara menggunakan Treats di Traveloka Eats untuk bisa menikmati kopi nikmat di seantero Jakarta. Kalau berkenan silakan ceritakan #PengalamanMengenyangkan Anda di kolom komentar ya.

43 comments for "Surga Kopi Tersembunyi di Belantara Jakarta"

  1. Semoga nanti Treats by traveloka eats ini juga ada di kota-kota lain. Fiturnya sangat bermanfaat untuk dapat tempat makan rekomendasi dan bisa dapat diskon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga begitu. Mupeng sama diskon dari Treats-nya.

      Delete
  2. Bang Doel, kopi di gade itu lumayan juga loh rasanya. Apakah bonus 3 donat ada di Medan juga?
    Wah aku jadi penasaran. Cocok buat menyendiri eh me time sebentar pas lagi suntuk.

    Buka Traveloka eats ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya masih belum sampe Medan promonya, mbak. Soalnya 'kan ini Partner Traets yang ngadain. Sementara Treats saat artikel ini ditulis baru sampai Jabodetabek.

      Delete
  3. wah emang lagi zamannya ya coffee shop tuh, dimana-mana lagi hits bangeet. saya pun jadi suka juga haha. asyik nih dapat rekomen tempat kopi enak, makasih bang doel

    ReplyDelete
  4. Wah traveloka treats n eats dimnaa mana, makin mudah aja mau makan n minum. Sesuaikan kantong tentunya
    Tq tq tq for info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mesti sesuai budget biar gak tekor hehe

      Delete
  5. Mo ngopi juga bisa pake traveloka ya... Juara ini aplikasi memang. Patut dicoba bagi para pecinta kuliner biar bisa dapet promonya.

    ReplyDelete
  6. komprehensif banget rekomendasinya
    jadi tahu ada sebanyak itu tempat kopi kekinian di Jakarta
    tahunya kalau ga janji jiwa ya kopi kenangan doang selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah mesti dicobain kopi selain itu, mas. Pake Traveloka Eats ya biar lebih gampang nyarinya.

      Delete
  7. Sayangnya, menu treats belum ada di Semarang ya. Kalau ada kan nongkrong bisa lebih seru lagi. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera ada di Semarang ya. Sayang banget kota sekeren Semarang belum ada Treats by Traveloka Eats.

      Delete
  8. Mantul tipsnya nih Bang Doel...daripada kaget pas bayar bill abis minum kopinya, lbh baik booking promo melalui menu Traveloka Eats di aplikasi Traveloka ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, daripada kaget kak abis bayar tagihan kantong malah jebol. Mending bayar pake Traveloka Eats.

      Delete
  9. Adanya Treats dari Traveloka Eat ini bisa jadi salah satu solusi nih buat para pecinta kuliner, apalagi kalau yang hobinya coba-coba nih, kalau pake ini kan bisa nyoba berbagai jenis menu minuman, termasuk kopi, dengan harga yang miring karena banyak diskonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, yuk dicoba Treats by Traveloka Eats-nya

      Delete
  10. Traveloka Eats emang cocok banget nih biar kita gak kejebak harga. Apalagi pilihan di traveloka eats itu banyak banget, jadi gak bingung deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihannya banyak banget, tinggal disesuaikan sama selera lidah dan kantong aja.

      Delete
  11. pengalaman mengenyangkan apa ya bang? saya jarang keluar rumah. apalagi kulineran. hehe. tapi aku suka kopi loh. cucok nih pakai traveloka buat cari kopi yang enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman nyari kuliner kak. Coba keluar ya biar punya pengalaman yang mengenyangkan hehe

      Delete
  12. Hmmm, di Salatiga belum ada nih traveloka eats. Padahal bisa hemat kalau pakai ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saladua juga belum, mas Ari. Treats by Traveloka Eats masih seputaran Jabodetabek aja.

      Delete
  13. Review kedai kopi yang di Jaktim bang Dul. Biar enak kalau mau ngopi, dekat dengan kontrakan.
    Maklum musim hujan, nongkrong ke cafe yg Deket pakai fitur Traveloka eats.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mas, nanti kapan-kapan kalo mampir ke Jaktim ya... biasanya saya suka ngider di wilayah Jalan Pemuda.

      Delete
  14. bikin ngopi makin gampang nih. cocok untuk para blogger. hehe..makasih bang doel artikelnya

    ReplyDelete
  15. Saya belum pernah lho ngopi di kedai kopi kekinian. Pertama, emang nggak begitu suka minum kopi. Kedua harganya mahal hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu, kak. Pake Treats by Traveloka Eats biar dapet diskon juga.

      Delete
  16. Fitur Traveloka makin memanjakan pelanggannya ya. Selama ini keluarga kami paling sering gunakan untuk tiket pesawat dan keretaapi saja, ternyata ada fitur lain yang bikin segalanya mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveloka semakin banyak fiturnya, kak. Setelah Xperience kini ada Traveloka Eats dengan Treats-nya.

      Delete
  17. Aku suka wanginya kopi, kue dan ice cream suka rasa kopi. Tapi kopi sesungguhnya, aku masih belajar nih membedakan, ini dan itu. Hehe...Asyik juga kalau ada kopi kekinian yang bisa dicari dengan Treats...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru bisa membedakan dua aja, kak. Kalo arabica asem, yang robusta pahit. Udah gitu doang bisanya hehe

      Delete
  18. perpaduan jenis merk coffe nya bikin saya ngiler namun sayangnya saya gak bisa minum kopi takutnya susah tidur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minumnya waktu pagi dong, biar cerah sepanjang hari. Efeknya cuma enam jam kok. Jadi setelah minum kopi pagi, malamnya tak bakalan keganggu karena kafein.

      Delete
  19. Kedai kopi kekinian memang sedang menjamur di mana-mana ya, Bang. Bahkan di kota kecilpun ada. Kadang bingung mau pilih kedai yang mana, takutnya nanti pas beli harganya mahal, kalau kabur sebelum pesan kan gengsi juga. Untunglah sekarang ada Traveloka Eats ya, jadi bisa survei dulu sebelum ke lokasi, mana dapat diskon lagi

    ReplyDelete
  20. Toss...aplikasi traveloka ini membantu banget terutama promonya bang... lumayankan dapat cash back atau ga buy one get one di traveloka treatsnya

    ReplyDelete
  21. Always Traveloka Eats yang selalu terdepan soal makan dan minuman. Terkadang ada sesuatu yang kita tidak tau tapi traveloka sudah tau

    ReplyDelete
  22. Kopi the gade enaaak. Tempatnya juga asik. Trus pas cek di traveloka treatsnya bisa buka tabungan emas dong. Ya ampun unik banget

    ReplyDelete
  23. Minum kopi dapat mendatangkan inspirasi dan keakraban. Namun sayang sekali karena sebagian orang gak bisa minum kopi 😁

    ReplyDelete
  24. Kalo ke jakarta harus coba nih traveloka eats buat cari tempat nongkrong seru. Lumayan kan kalo bisa dapet diskon hehe

    ReplyDelete
  25. Lagi rame postingan traveloka eats ini nih...

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.