Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek DA PA dan Hubungannya dengan Posisi SERP

Domain Authority dan Page Authority atau kerap disingkat sebagai DA PA saja menjadi istilah yang selalu disebut-sebut bloger. Mereka yang sudah pada taraf memiliki domain pribadi baik hasil ubah suai dari blogspot maupun langsung self host, kerap cek DA PA dan mengamati perkembangannya.

DA PA hampir dianggap sebagai rumusan singkat bagi baik atau tidaknya sebuah blog. DA yang tinggi, kemudian disusul dengan angka PA yang biasanya lebih tinggi, selalu dianggap kalau blog itu memiliki kunjungan yang deras. Padahal jawabannya bisa ya dan tidak. Sangat relatif.

cek da pa di moz

 

Apa itu DA PA?

Lalu apa sebenarnya pengertian DA PA itu sendiri? Mengapa ia jadi perbincangan yang cukup serius bagi para bloger. Bahkan ketika DA PA mengalami penurunan massal, bloger pun resah.

DA alias Domain Authority adalah skor pemeringkat sebuah domain di mesin pencari yang dikembangkan oleh MOZ. Skornya dimulai dari 1 sebagai yang paling rendah hingga 100 sebagai yang paling tinggi. Penghitungan skor ini didapat dari berbagai faktor, dan yang paling utama berasal dari jumlah backlink yang menuju ke domain utama.

PA juga sama dengan DA, namun perbedaannya terletak pada penghitungan skornya. Kalau PA didapatkan dari jumlah backlink yang mengarah ke halaman tertentu. Karena domainnya sama, maka idealnya skor DA dan PA ini tidak terpaut cukup jauh.

Skor ini didapatkan dari matrikulasi yang dikembangkan oleh MOZ berdasarkan dinamika yang terjadi pada mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud tentu bukan hanya Google. Namun tampaknya MOZ lebih cenderung merujuk matrikulasinya kepada perkembangan algoritma yang dilakukan oleh Google.

Sehingga perhitungan ini kadang-kadang berubah juga berdasarkan perubahan yang terjadi di Google. Jadi singkatnya algoritma yang dipakai MOZ untuk melakukan pemeringkatan tadi tergantung juga dengan algoritma yang diterapkan oleh Google.

Tentang MOZ

Buat yang masih bingung, MOZ ini bukanlah siapa-siapanya Google, loh. MOZ ya MOZ, Google ya Google. Ibaratnya ada perlombaan lari di olimpiade, maka MOZ ibarat pihak yang membuat stopwatch. Tentu pembuat stopwatch akan mendasarkan diri pada aturan-aturan yang dipakai oleh perlombaan lari tersebut.

MOZ adalah perusahaan jasa perangkat lunak yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat. MOZ didirikan oleh ibu dan anak, Gillian Muessig dan Rand Fishkin, sejak tahun 2004 dengan nama awal SEOmoz. Hingga saat ini nilai valuasi MOZ sudah mencapai puluhan juta dollar.

MOZ menciptakan perangkat lunak, dalam hal ini adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan analisis dan menyiapkan kampanye agar pihak lain mendapat keuntungan di mesin pencari, terutama Google. Dari sinilah MOZ mendapatkan keuntungan.

Buat yang berlangganan MOZ Pro, tentu hal ini tak perlu dijelaskan lagi kalau dengan tool yang disediakan mereka, seseorang bisa mendapatkan hasil analisis domain yang dimilikinya atau bahkan domain kompetitor di mesin pencari. MOZ bakal menunjukkan kata kunci apa saja yang dibidik oleh domain tersebut dan dari mana saja backlink itu berasal.

DA dan PA diatas adalah salah dua produk dari MOZ. DA dan PA ini bisa dicek secara gratis, namun hanya bisa sepuluh kali pengecekan dalam kurun waktu dua hari. Backlink yang ditunjukkan juga tidak semuanya. Anda harus menjadi pengguna MOZ Pro untuk mendapatkan fiturnya secara lengkap. Tarifnya mulai dari $99 per bulan.

Cek DA PA

Cara cek Domain Authority dan Page Authority cukup mudah. Anda hanya perlu ke laman MOZ untuk cek DA PA dan memasukkan domain secara lengkap berikut https di kolom yang tersedia.

cek da pa
Pada kolom root domain itu, silakan isikan domain Anda. Kemudian klik saja tombol Analyze untuk meminta MOZ mengecek domain tersebut. Silakan tunggu beberapa saat sampai muncul angka-angka yang diharapkan.

Ketika MOZ selesai mengecek domain tersebut, dibawahnya akan muncul skor DA PA dengan skala 1 hingga 100. Juga ada jumlah sumber backlink serta inbound backlink. Inbound ini adalah sumber backlink yang sama yang mengarah pada domian yang sedang dicek.

Pada bagian bawahnya lagi ada daftar inbound links yang berisi URL, anchor text, PA, DA, linking domain, dan spam score. Spam score merupakan skor dari sebuah domain yang memiliki sumber backlink yang dianggap buruk oleh MOZ. Nanti kapan-kapan kita cerita soal spam score ini.

Bagian cek DA PA di MOZ ini memang paling sering dikunjungi oleh bloger. Utamanya karena ingin melihat pencapaian skor yang telah dilakukan dari langkah-langkahnya dalam menanam backlink.

DA yang tinggi memang berarti cukup banyak, terutama untuk soal monetisasi content placement. DA yang tinggi memiliki arti banyak job, tarif content placement naik, dan lain sebagainya. Tapi apakah berpengaruh bagi jumlah kunjungan dan posisi blog itu di mata Google?

Salah Paham tentang DA dan PA

Pernah ada celetukan begini, "Loh padahal DA-nya kecil, tapi kok ada di halaman pertama Google?"

Sering mendengarnya, 'kan? Nah, itulah salah satu kesalahpahaman yang pertama dan paling umum. Padahal secara logika saja, MOZ bukanlah Google. Kalau mau mendapatkan posisi di halaman pertama Google, ya tentu saja mesti mengikuti aturan-aturan Google.

Skor DA dari MOZ menghitung total backlink dari sebuah domain. Di Google juga ada anjuran agar blog mendapat banyak backlink yang relevan agar blognya bisa mendapatkan 'perhatian' yang positif dari Google. Tapi tentu faktor sebuah blog berada di halaman pertama bukan hanya backlink yang menjadi perhitungan utama dari MOZ itu.

Jadi kalau mau skor DA-nya tinggi, silakan cari backlink sebanyak mungkin sesuai cara dari MOZ. Namun kalau mau mendapatkan halaman pertama, ya silakan ikuti seluruh faktor SEO yang dimau oleh Google. Ya, semua faktor, bukan hanya backlink saja.

Dari sini semoga bisa dipahami bahwa DA kecil bisa mengalahkan DA besar di SERP Google Search bukanlah hal yang aneh. Karena MOZ dan Google yang hubungannya seperti lomba lari diatas. Semuanya tergantung kemampuan pelari, jalur yang dibuat, dan aturan yang diterapkan oleh panitia. Kalau stopwatch yang dipakai bisa merek apa saja, bukan hanya MOZ.

Ya, bukan hanya MOZ. Di Ahrefs ada Domain Rating (DR), Ubersuggest memakai Domain Score (DS), dan Alexa memiliki Alexa Rank. Cuma karena DA menjadi skor yang dipakai oleh agency dan pengiklan yang memberi job para bloger, jadinya itulah yang dipakai dan sering dicek.

Jadi, DA PA sering dicek itu buat apa? Kalau mau mengejar job sih tidak masalah. Tapi kalau melihat performa blog secara keseluruhan, sebaiknya yang sering dikunjungi adalah Google Search Console.

52 komentar untuk "Cara Cek DA PA dan Hubungannya dengan Posisi SERP"

  1. Sebagai blogger newbie, saya masih banyak tidak memahami banyak istilah ke-blogger-an. Pernah saya ditanya kenapa tidak mencari uang lewat blog? Dengan saya menjawab ga ada waktu lagian tulisan saya ga akan populer. Tetapi selama bekerja dari rumah, kata-kata itu mulai menjadi bumerang. Oleh karenanya sekarang lagi belajar jd the real blogger. Mohon bimbingannya mas Doel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar aja Pak Merdianto

      Hapus
    2. Gak boleh Pak Doel, beliau harus dibimbing hingga bisa wkwkwkwk... Peace aah

      Hapus
    3. ahaha dibimbing dong sama mas hendra biar tambah tokcer ngeblognya sering juara lomba hehe

      Hapus
  2. Emmm jadi begitu. Saya tahu MOZ ini karena kemaren submit u/ join buzzer di suatu perusahaan dan for nya minta masukkan DA sesuai perhitungan MOZ dan dalam dunia blogging saya pun masih remang² hehe. Makasih bang Selalu mencerahkan😊

    BalasHapus
  3. Wkwkwk, aku tadi kebetulan nyari ttg DA PA, nemu artikel ini lhoi
    Pas di grup, ehh ada link ini, mantep nih page 1

    BalasHapus
  4. Baca judulnya langsung mak tratap,kebetulan pas banget sama saya sering ngecek DA PA setiap kesempatan. Beberapa waktu yang lalupun saya sempet bertanya-tanya, kenapa kok banyak artikel yang bisa masuk pageone tapi DA masih segitu-gitu aja, akhirnya ketemu dengan tulisan di artikel ini, Terima kasih bang doel, saya selalu suka perumpamaan dan bahasanya yang mudah di pahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang gak ada hubungannya sih antara skor DA sama page one. Kalau bisa dibilang sih, hubungannya gak langsung.

      Hapus
  5. Habis baca ini kemudian kepercayaan diriku naik sedikit, karena DA ku kecil. Seringkali jadi ngga pede banget mau ikut lomba pasti ga dapat page one Google. Eh ternyata ngga juga sih yaa. Tergantung SERPnya. Alhamdulillah terimakasih kak sharingnya. Aku save ini link hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jangan minder di SERP kalo punya DA kecil.

      Hapus
  6. Sebagai blogger baru, saya belum paham betul arti istilah DA PA. Setelah membaca artikel dari bang Doel dah ada pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga blogger baru mbak, baru empat tahun.

      Hapus
  7. Noted, Domain Rating istilahnya Ahrefs, Alexa Rank sebutan dari si Alexa dan Ubbersuggest bilangnya Domain Score. Nahh kita tunggu Doel Authority ajadehhh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Doel Authority nanti dikasih 100 semua, biar kebagian job semua hehe

      Hapus
  8. Urusan Da ini ternyata karena backlink ya. Setahunan da naik 1 angka aja padahal rajin ikut bw. Ya iyalah ternyata beda banget jalan yang harus ditempuh buat menaikan da hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya backlink yang berkualitas, mbak.

      Hapus
  9. Bang Doel.. da pa ku kok jauh kali ya bedanya. Da masih 8. Pa nya 32 mas. Aaah tertinggal banget nih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kayaknya sebaran artikel yang muncul di Google belum merata.

      Hapus
  10. Baru punya blog TLD. Belum seminggu juga. Iseng cek DA masih 1. Perlu banyak belajar lagi. Makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya dimulai dari angka 1, kecuali di SPBU, hehe
      Yuk rajin tanam backlink, biar cepet naik.

      Hapus
  11. Informasinya lengkap, langsung tandai ini. Secara saya ngeblog masih sekadar ngisi waktu.. Semoga nanti bisa kayak temen-temen yang udah aktif, suatu hari nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama, mbak. Ngeblog cuma sambilan aja. Cuma ya dibawa asyik aja, sambil belajar.

      Hapus
  12. Dulu pernah bertanya pertanyaan yang sama, wah DA kecil bisa juga ya page one. memang ternyata gak ada hubungannya sama sekali wkwkw. Semakin belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungannya sih ada, cuma gak deket2 banget. hehe

      Hapus
  13. DA dulunya saya kira berhubungan dengan rajin tidaknya kita update blog. Ternyata tidak ya...DA teman saya yg ga pernah update blog lebih tinggi dibanding teman saya yg rajin. Ternyata ini kaitannya dengan kualitas back linknya.. Hmm...rumit...hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo rajin update biasanya lebih ke Alexa yang ramping.

      Hapus
  14. Saya beberapa kali coba, hasilnya kurang bagus hihi
    Kl ttg da dan pa saya blm mampu beri yg terbaik haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencoba apa nih, kak? Tanem backlink atau bagaimana?

      Hapus
  15. Terus terang kepalaku mulai berasa bang Doel. Dan setelah ini aq menunggu artikel tentang SS ny ya. Karena SS ku naik 😭.

    BalasHapus
  16. Ternyata kalau mau digali lebih dalam lagi, menjadi blogger yang benar-benar sukses mengelola blog, butuh tools yang banyak ya. Untuk mendukung blog tersebut menjadi "bernilai tinggi".

    Salah satunya MOZ buat ngecek DA/PA. Lalu ada lagi Alexa. Lalu ada lagi cara nerapin SEO yang tepat kayak Pak Doel yang jago banget SEO-nya. Dan masih banyak lagi tools yang lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Hendra. Tapi kadang-kadang tool juga menjebak. Sebab ya begitu, mereka itu produk pihak ketiga, sementara kita lebih banyak berurusan sama Google.

      Hapus
  17. Apa masih worth it buat naikin rank saat ini? https://afrizatul.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung tujuannya. Terus rank dimana? Kalo rank di Google jelas worth banget.

      Hapus
  18. sangat mencerahkan,, berarti yaa kalau mau joss di keduanya, ikuti syarat2 yang diberikan oleh keduanya, moz dan google..

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya mengikuti aturan Google aja, mas. Itu udah cukup.

      Hapus
  19. Sekarang jadi masuk akal, DA saya kecil, tapi bisa bersaing di page one. Sedangkan DA/PA itu lebih bergantung pada total backlink ya, Bang.

    BalasHapus
  20. Selalu ramai dengan DA/PA. Bagi mastah ini tentu menjadi salah satu yang dikejarnya. Para newbie kudu belajar nih. Hehe

    BalasHapus
  21. DA tinggi tapi bloggernya ngga nulis yang SEO friendly ya gak bisa muncul pejwan. Etapi DA bisa tinggi nih ya, meski jarang diisi. :)

    Ada juga yang trafficnya gede, tapi DA masih di bawah dan juga sebaliknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DA tinggi jarang posting bisa banget. Traffic gede DA masih kecil ya banyak.
      Yang jarang ditemui sih DA gede, traffic gede, tp gak ada aktivitas di postingan.

      Hapus
  22. PA ku besarannya 4xDA.

    Kalau saya masih berusaha untuk konsisten nulis aja, jadi nggak begitu mempermasalahkan nilai DA

    BalasHapus
  23. wahahhahaha bener ini byk yg salahkaprah, jadi inget kmren ada yg rame di twitter dan bilang DA nya turun, jadi trafficnya turun, ambyaarrrrrr dahhhhh bukkk ekekekekek

    BalasHapus
  24. Oo ada caranya ngecek da pa ya.. sip deh ntar aku coba, makasih sudah share aku asal check aja biasanya

    BalasHapus
  25. DA PA ku sempet anjlok karena jarang aktif di blog ini, terlalu asik di blog baru hiihih :D

    BalasHapus
  26. Bulan ini sedih liat DA di Moz, tapi kesedihan berkurang banyak setelah cek google search consoule. hehehe...Makasih sharingnya,Kak. Sangat informatif 😊

    BalasHapus
  27. semenjak mengenal DA PA saat dapat job ternyata memang terjadi sangat signifikan apalagi saya suka dapat job jika DA PA tinggi sesuai persyaratan

    BalasHapus
  28. Mau tanya apa spam score itu mempengaruhi ranking google?
    Sebelum kena SS 17 blogku sering muncul di pencarian, tapi setelah kena ss jadi 17 malah jarang muncul artikelnya.
    Traffik juga turun, metrix GSC turun drastis kayak gunung.
    Udah disavow link tapi nggak ngefek gimana cara pulihinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spam score bukan produk Google. Banyak blog dengan SS tinggi tetap ada di page one.
      Penurunan traffic bisa disebabkan karena Google update algoritma, dan blog sampean terimbas.
      Iya, udah bener untuk menghapus backlink buruk pakai disavow, tapi efeknya lama. Sabar aja.

      Hapus