Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Sirih untuk Masalah Rongga Mulut

Masalah rongga mulut telah dialami oleh banyak orang. Bau mulut, gusi bengkak, karang gigi, dan banyaknya bakteri menjadi komponen penyebab dari orang kurang percaya diri ini. Namun hal itu semua ternyata bisa diatasi dengan manfaat daun sirih.

manfaat daun sirih

Daun Sirih

Daun sirih berasal dari tanaman sirih yang merupakan sejenis tumbuhan rambat. Ia tidak bisa berdiri tegak dan hanya bisa merambat pada pagar maupun tanaman dan pohon lain. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dengan nama latin Piper betle. Daunnya berbentuk hati dengan warna hijau tua.

Sebagian orang tua zaman dulu mengenal istilah nginang, yakni mencampurkan gambir (Uncaria), pinang (Areca catechu), tembakau (Nicotiana tabacum), dan kapur, kemudian membungkusnya dengan daun sirih. Seluruh bahan tersebut kemudian dikunyah.

Nginang ini dituduh sebagai salah satu penyebab dari kanker mulut. Karena aktivitas tersebut menimbulkan pembentukan sel-sel yang memicu munculnya tumor. Selain itu pelakunya juga bisa menderita pengerutan gusi sehingga membuat gigi tanggal.

Meski begitu daun sirih sendiri bukanlah tersangkanya. Tembakau dan kapur dalam nginang itu menjadi tertuduh utama dari beberapa penyakit yang dialami oleh orang tua zaman dulu yang masih suka nginang. Sebab sudah sejak lama daun sirih telah diketahui manfaatnya.

manfaat daun sirih

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih mengandung fitonutrien antara lain eugenol, metil eugenol, eucalyptol, stearat acid, dan sebagainya. Buat yang belum mengetahuinya, fitonutrien atau disebut juga fitokimia merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Daun ini juga memiliki aroma yang khas karena mengandung minyak esensial yaitu fenol dan terpen.

Yang perlu Anda ketahui dari daun sirih adalah sifat kandungannya yang bisa mengganggu kesuburan reproduksi. Sehingga ketika ada masalah pada daerah intim kewanitaan, berhati-hatilah dalam menggunakan daun ini.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih buat rongga mulut sudah dituturkan secara turun-temurun. Hanya dengan mengunyah beberapa lembar daunnya saja, seseorang sudah menjaga kesehatan rongga mulutnya secara baik.

Menurut Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada tahun 2011, daun sirih berguna untuk mencegah bau mulut, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Cara mengambil khasiatnya cukup dengan mengunyah beberapa lembar daun saja.

Batang dan daun sirih juga bermanfaat dalam pengobatan gangguan pencernaan, sembelit, batuk, dan asma. Sedangkan kandungan minyak esensial yang berasal dari daunnya bermanfaat sebagai antiseptik.

Berbagai penelitian lain juga telah membuktikan bahwa daun sirih memiliki sifat anti bakteri, anti gigi berlubang, anti jamur, anti larva, anti alergi, anti diabetes, dan anti inflamasi.

Modernisasi Daun Sirih

Sayangnya potensi dari manfaat daun sirih yang melimpah tadi kurang optimal apabila penggunaannya yang tidak higienis. Sebab Anda tentu tidak tahu ada bakteri apa yang hinggap di daun sirih yang bakal dikunyah.

Oleh karena itu untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih, Anda tidak harus mengunyahnya setiap hari. Sebab ya itu tadi, alih-alih mendapatkan rongga mulut yang bersih dan bebas penyakit, justru masalahnya pindah ke perut.

Untuk itulah saat ini telah banyak beredar pasta gigi yang sudah mengandung daun sirih. Produk semacam ini tentu lebih baik buat Anda yang mendambakan manfaat daun sirih namun tidak memiliki tanamannya atau bahkan khawatir dengan kehigienisannya.

Salah satu produk pasta gigi yang mengandung manfaat daun sirih adalah Pepsodent Action Herbal. Pasta gigi ini juga mengandung garam yang dipercaya meredakan peradangan, serta jeruk nipis untuk menambah khasiat dari pasta gigi tersebut.

1 comment for "Manfaat Daun Sirih untuk Masalah Rongga Mulut"

  1. Asal jangan kumur dengan mis resik v aja, kan sama2 pakai bahan daun sirih hahahaha

    ReplyDelete